Berkenalan dengan MbaKrib

8 komentar
Konten [Tampil]

Assalamualaikum wr wb.

Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah mengunjungi blogku. Semoga nyaman berpetualang di blog ini serta mendapat manfaat ya dari kunjungannya.

Seperti nama pagesnya, Tentang Mbakrib, di laman ini saya akan bercerita tentang saya dan MbaKrib, biar kita makin kenal dan akrab. Supaya pengunjung juga kenal dengan sosok dibalik MbaKrib ini. 

Profil Singkat

Perkenalkan, saya Febrina Aulia pemiliknya MbaKrib. Bisa dipanggil Febrina, Febri atau Lia. Bebas sih, karena dari kecil panggilan saya emang banyak. Saya seorang guru TIK di sebuah madrasah di kota Padang, Sumatera Barat. Aslinya dari Bukittinggi, kota kecil nan cantik yang berjarak sekitar 92 km dari Padang. Saya orang Minang, bukan orang Padang. Entah kenapa kalau di luar Sumbar, rata-rata orang pasti bilangnya "Oh, orang Padang ya?" Padahal maksudnya orang Minang. Kayaknya Padang emang lebih familiar karena merupakan ibu kotanya Sumatera Barat.

Saat ini saya jadi anak kos di Padang, namun sering pulang kampung. Kan jaraknya dekat, cuma 2 jam perjalanan. Bagi yang mau jalan-jalan ke Sumatera Barat wajib banget datang ke Bukittinggi. Tau kan Jam Gadang? Nah, itu letaknya di Bukittinggi. Selain Jam Gadang, ada banyaak banget tempat wisata yang bisa dikunjungi saat ke Bukittinggi. Dijamin ga nyesel deeh.

Febrina pemilik MbaKrib


Kenapa Namanya MbaKrib?

Hal pertama yang biasanya bikin penasaran adalah kenapa namanya MbaKrib. MbaKrib adalah panggilan salah seorang teman saat kuliah dulu. Ga ada angin, ga ada ujan tiba-tiba aja dia manggil MbaKrib. Asal katanya dari "Mbak" dan "Kribo". Ga tau kenapa dia iseng manggil saya Mbak padahal saya Minang asli. Dari sinilah ide untuk menjadikan MbaKrib sebagai nama blog berasal.

Saat membuat blog, memilih nama blog adalah salah satu hal yang paling sulit. Nama blog ga boleh sembarangan karena nama adalah identitas blognya. Kadang, kita punya nama yang bagus tapi namanya ga bisa dipake karena udah ada orang lain menggunakan nama sama. Untuk itulah nama blog harus unik, biar ga ada yang nyamain. Panggilan yang awalnya iseng ini saya jadikan nama blog karena katanya unik, pelafalannya ga ribet serta mudah diingat.

Cerita di Balik Logo dan Header

Logo dan makna MbaKrib
Nama MbaKrib juga harus sesuai dong dengan logo blognya. Dari awal, saya memang ingin logo ini berupa gambar perempuan dengan rambut keriting yang menggambarkan MbaKrib. Sehingga ketika user melihat logonya, akan langsung teringat dengan blog saya. Kan ga nyambung kalo namanya MbaKrib tapi logonya perempuan rambut lurus. Logo menggunakan warna dominan oranye agar pembaca bersemangat saat mengunjungi blog dan semoga tulisan di blog bisa memberikan semangat pada para pembacanya
 
Header mbakrib dan maknanya

Untuk header saya pilih menggunakan warna dasar putih agar sejalan dengan tampilan template blog yang menggunakan background putih. Warna putih juga memberikan kesan bersih dan nyaman dipandang. Sebagai penganut desain simple saya mendesain header dengan sederhana, hanya memuat judul dan tagline blog serta dipercantik dengan tambahan grafis bunga.
Tulisan Cerita MbaKrib menggunakan style calligraphy agar terlihat lebih indah dan tulisan tagline menggunakan style office agar mudah dibaca. Gambar bunga yang ada disisi kiri menggambarkan harapan saya tentang blog ini. Semoga tulisan saya bisa membantu orang lain, bermanfaat bagi semua yang membaca blog ini. Bunga yang bermacam jenis menggambarkan pembaca blog yang berasal dari latar belakang dan keadaan yang berbeda.

Blognya Tentang Apa?

Setelah menimbang, saya memutuskan lifestyle sebagai niche blog ini. Lifestyle niche ini disebut juga dengan niche gado-gado karena tidak mengkhususkan temanya pada topik tertentu saja.  Semua hal bisa dibahas. Tentu saja ini akan memberi keleluasaan untuk menulis banyak hal dari berbagai tema. Sama seperti pikiran saya yang suka lompat-lompat dan mencoba banyak hal, saya suka berbagi banyak hal yang ada dalam pikiran atau berbagi cerita tentang suatu kejadian yang membuat saya memahami dan mengerti hal baru. Menuliskan tentang pengalaman, pendapat serta kejadian sehari-hari yang dialami agar bisa berbagi kepada orang lain. Tulisan di blog juga nantinya membantu saya dalam mengingat kembali hal-hal yang terjadi di masa lalu dan apa yang dilakukan saat itu.

Tagline yang akan menyertai judul blog ini adalah Febrina’s Personal Blog. Tagline ini menegaskan bahwa blog MbaKrib adalah rumah saya, jadi saya bebas menuliskan dan berbagi banyak hal yang saya inginkan. Tentunya hal yang bermanfaat serta tidak melanggar norma-norma yang ada. 

MbaKrib Cerita Apa Aja? 

Seperti yang sudah dibahas di atas, MbaKrib akan bercerita tentang banyak hal. Nah, untuk kerapian blog akan ada beberapa kategori yaitu:
  1. Tulisan MbaKrib. Kategori ini akan berisi tulisan tentang pemikiran, pendapat dan ide yang ada di kepala. Daripada dipikirin terus, lebih baik dituangkan dalam bentuk tulisan, kan? 
  2. Cerita MbaKrib. Kategori ini berisi tulisan tentang hal-hal yang dialami dan berkesan bagi MbaKrib. 
  3. MbaKrib Jalan-Jalan. Udah bisa ditebak lah ya isinya apa, yaitu tentang pengalaman jalan-jalan ke berbagai tempat.

Saat ini, kategorinya hanya itu. Tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan kategori ke depannya. Manusia selalu penuh dengan ide kan?

Sebagai blogger baru, sekarang aku tergabung dengan Komunitas Blogger Bengkel Diri. Untuk karya menulis saat ini baru sebatas membuat modul pembelajaran untuk siswa. Karya kepenulisan profesional belum ada, maklum baru belajar. Namun suatu hari saya berharap bisa ikut proyek menulis antologi. 

Nah, sekian untuk perkenalannya. Selamat berkelana, menelusuri ruang-ruang pikiran MbaKrib. Mari menjadi teman

8 komentar

  1. Pemilihan nama yang unik untuk judul blognya dan mudah diingat juga๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  2. Kereen mbakrib, semoga blog nya bermanfaat buat kita2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... support terus ya. Jangan lupa liat artikel yang lain :)

      Hapus
  3. sukses blognya mamage sayaang.. ๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
  4. ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

    BalasHapus

Posting Komentar