CeritaMbaKrib

9 Cara Meningkatkan Pageview Blog

6 komentar


9 Cara Meningkatkan Pageview Blog

Tadi malam, saya mengikuti webinar tentang meningkatkan pageview blog. Sebagai seorang anak baru di dunia blogging, saya tidak terlalu paham tentang pageview sehingga saat melihat pengunjung blog hanya puluhan orang saya rada sedih. Gimana ya cara meningkatkan pageview? Dan semuanya terjawab tadi malam.

Mengikuti webinar ini adalah salah satu tugas yang diberikan Coach kami, Mba Marita yang dikemas dengan judul Holiday Task. Dikira liburan bakal leyeh-leyeh manja? Tentu tidak, Marimar. Malas sedikit saja, siap-siap di kick dari kelas Blogspedia. Minggu ini coach berbaik hati meniadakan kelas agar kami bisa liburan. Namun, harus ada oleh-oleh liburannya. Kami disarankan untuk mengikuti kelas Marathon Coaching yang diselenggarakan Growthing.id  dari tanggal 25-27 Oktober. Setelah itu tuliskan kembali resume kelas di blog masing-masing. Berarti akan ada 3 postingan baru hasil resume kelas. Ditambah 1 postingan khusus dalam memperingati Hari Blogger Nasional

4 tulisan dalam 1 minggu tentu saja membuat penglihatan saya kabur dan kepala saya berkunang-kunang. Maklum, saya paling banyak menulis 2 artikel seminggu. Tapi sebagai siswa yang berkeinginan lulus dengan baik, saya mengerjakan tugas dari Coach dengan senang hati dan riang gembira. Beneran lo Mba Marita :). Nah berikut resume dari webinar Growthing.id yang disampaikan oleh Mba Rini Novita Sari dan Mas Bahrul Ilmi.

Apa itu Pageview

Pageview merupakan salah satu hal yang penting dalam blogging. Pageview menunjukkan jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog kita. Artinya semakin tinggi angka pageview maka semakin bagus untuk blog. Pageview dan konten blog berjalan seiring selangkah. Kalau kamu mau pageview tinggi, maka buatlah konten yang berkualitas dan bagus. Selain itu, keuntungan memiliki Pageview yang tinggi adalah:

  1. Bagi blogger yang mencari penghasilan dari Adsense memiliki pageview yang tinggi adalah sebuah keharusan agar banyak iklan yang bisa ditampilakn di blog.
  2. Meningkatkan conversion rate. Conversion rate  ini berguna misalkan kita memasang link afiliasi atau berjualan di blog. Pageview yang tinggi memperbesar kemungkinan banyak yang membeli produk kita dan meng-klik link afiliasi yang tampil di blog. 
  3. Meningkatkan Rate Card blogger. 
  4. Memperbesar peluang mendapat tawaran kerjasama. Biasanya untuk bekerja sama dengan agensi atau advertiser kita akan diminta menunjukkan beberapa parameter untuk menunjukkan kualitas blog dan salah satunya adalah pageview. Makin tinggi pageview blog, maka blog akan dipandang baik sehingga memperbesar peluang kerjasama.

Bagaimana Meningkatkan Pageview Blog

Setelah tau banyak keuntungan memiliki pageview makin tertarikkan buat meningkatkan pageview blog. Lalu bagaimana caranya? Sabar, nanti akan MbaKrib jelaskan satu persatu kok.

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memetakan pengunjung blog. Kita harus tau darimana pengunjung mengakses blog. Apakah dari hasil pencarian Mbah Google, dari link yang dibagikan di sosial media, backlink dari blog orang lain atau pengunjung setia yang langsung mengetikkan url blog saat mulai membuka browser. Setelah itu, kita bisa melakukan langkah-langkah berikut.

Jurus Meningkatkan Pageview Blog

Riset Keyword

Saat menulis artikel kita perlu melakukan riset agar informasi yang disampaikan benar dan dapat dipertanggungjawabkan. Artikel yang berkualitas tidak mungkin asal comot informasi kan? Agar artikel muncul di page 1 google, kita bisa juga googling artikel-artikel dengan pembahasan yang sama lalu pelajari isinya. Informasi apa yang bisa kita tambahkan agar artikel lebih baik dan lebih lengkap dari artikel yang sudah ada. Makin lengkap artikel, makin besar kesempatan mejeng di page 1 search engine.

Ga cuma isi artikel, tapi keyword juga harus diriset. Lihat volume pencarian keyword yang diinginkan, masuk dalam jajaran trending atau engga. Keyword trending ini bisa diketahui dengan menggunakan Google Keyword Planner, Keywordtool.io dan KeywordFinder.io

Tulis Artikel yang SEO dan Human Friendly

Sebelum posting artikel jangan lupa cek berbagai macam parameter SEO. Pastikan semua parameternya dipenuhi. Awalnya memang berat, tapi kalau disiplin bakal jadi kebiasaan kok. Artikel juga gitu. Sebelum posting, baca ulang lagi. Kata dan kalimatnya mudah dimengerti ga, tata bahasanya udah enak atau belum. Ingatlah artikel yang baik adalah inti dari konten blog kita.

Link Building

Seperti namanya yang ada kata-kata building, cara ini merupakan teknik agar website/blog lain memberikan tautan ke blog kita. Tentu saja ini akan meningkatkan pageview blog. Agar mendapat link building, bisa dilakukan dengan memperbanyak relasi dengan sesama blogger agar bisa saling memberikan backlink.

Membuat Artikel Viral

Cara gampang agar viral atau trending adalah follow the trend. Tulis artikel tentang hal-hal yang sedang viral. Ketika drakor World of The Married menyedot perhatian masyarakat Indonesia, buatlah artikel tentang drama tersebut. Dijamin bakalan banyak pengunjung. Atau ketika kata anj*y lagi naik daun dengan segala polemiknya bisa juga bisa jadikan bahan tulisan. Intinya kalau viral, tulis. Kita bisa melihat hal-hal yang sedang viral di Google Trends

Blogwalking

Menjalin silaturrahmi dapat melancarkan rejeki. Hal ini juga berlaku di kalangan blogger. Blogwalking atau saling berkunjung ke blog orang lain akan menambah referensi tentang konten blog, penulisan artikel dan banyak hal lainnya. Jangan hanya membaca saja, tinggalkan juga komentar di artikel tersebut untuk menjalin silaturrahmi dengan pemiliknya. Bergabung dengan komunitas blogger juga akan membantu dalam melakukan blogwalking karena biasanya setiap minggu ada agenda nulis bareng dan blogwalking.

Desain Blog Menarik dan Navigasi yang Jelas

Punya blog yang cantik dan menarik tentu idaman setiap blogger. Tak jarang kita sering gonta ganti teplate demi mendapat tampilan yang pas di hati. Selain menarik ingatlah untuk memilih template yang SEO friendly. Tampilan blog juga harus memudahkan pengunjung dalam mencari artikel serta nyaman melihat menghabiskan waktu di blog kita. Jangan tambahkan banyak printilan yang menarik tapi tidak terlalu penting.

"Setiap blog memiliki audiens tersendiri". -Bahrul Ilmi-

Optimasi Pagespeed

Cobalah kunjungi blog dan baca salah satu artikel yang ada. Apakah loadingnya lama? Jika ada gambar, apakah harus menunggu dulu sampai gambar tampil sempurna? Jika jawabannya ya, maka kita harus melakukan perbaikan agar pagespeed (kecepatan loading page) meningkat. Salah satu caranya jangan gunakan file gambar yang berukuran besar, maksimal 100 Kb saja. Ga mau kan pengunjung langsung close page karena lola.

Kulik Search Console

Search Console adalah salah satu tools yang digunakan untuk melihat performa blog. Kita akan melihat berapa banyak total tayangan, total klik, CTR rata-rata serta posisi rata-rata. Total tayang adalah jumlah halaman blog kita yang tampil di pencarian Google. Sedangkan total klik adalah banyak klik yang diperoleh dari halaman yang muncul di pencarian Google. Jika total tayang tinggi, namun total klik rendah maka lakukan optimasi artikel atau jadikan artikel sebagai backlink di blog lain.

CTR rata-rata adalah persentase total klik dibandingkan total tayang dan posisi rata-rata adalah rata-rata ranking artikel kita di Google. Dengan mengetahui hal ini, kita bisa melakukan analisis untuk optimasi pageview blog

Kulik Google Analytics

Google Analytics merupakan tools gratis dari Google untuk memantau pergerakan traffic blog kita. Tools ini juga membantu dalam memahami audiens. Pertanyaan seperti siapa audiens blog, artikel seperti apa yang disukai, kapan jam kunjungan paling ramai dan darimana saja asal audiens bisa dijawab oleh Google Analytics. Keren kan. Untuk itu, semangatlah dalam analisis data yang diberikan tools ini. Udah gratis, lengkap pula.

Itulah resume tentang webinar Meningkatkan Pageview Blog. Gimana teman-teman? Apakah sudah mendapat pencerahan agar pageview blog meningkat?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

6 komentar

  1. Penglihatan kabur dan berkunang2? Aku banget tuh, moga gak nambah minusnya aku :D Sukses terus ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha.. aku kira cuma aku sendiri yang kayak gitu mba :)

      Hapus
  2. dapet banget nih pencerahan dari mbakrib, lengkap sekali

    BalasHapus
  3. tulisannya bisa serinci gini, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku memang lebih gampang nulis resume atau hasil praktikum Mba. Tapi kalau dikasih tema kayak artikel viral atau soft selling kemaren, aku mikirnya lamaaaa banget

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email