CeritaMbaKrib

Merayakan Hari Ayah

16 komentar

merayakan hari ayah

Ada yang inget ga kalo sebentar lagi kita akan merayakan Hari Ayah? Tanggal berapa hayo?? Di Indonesia, hari ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Beda satu bulan dengan peringatan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember.

Ayah memiliki peran penting dalam keluarga, sama pentingnya dengan Ibu. Selama ini, banyak yang berpikiran peran ayah hanya dititikberatkan sebagai pencari nafkah keluarga. Selama kebutuhan keluarga tercukupi, maka peran ayah sudah terpenuhi. Padahal, peran ayah lebih besar dari itu. Ayah tidak hanya tulang punggung keluarga, namun sosok ayah harus benar-benar hadir dalam keluarga. Ikut terlibat dalam keluarga dan pengasuhan anak.

Namun, belakangan kesadaran akan pentingnya peran ayah dalam keluarga meningkat. Banyaknya kelas parenting serta berbagai akun pengasuhan di media sosial turut membantu edukasi pentingnya kehadiran sosok ayah dalam keluarga. Adanya keterlibatan ayah akan mneingkatkan kelekatan (bonding) antara ayah dan anak sehingga akan memberikan dampak positif bagi tumbuh kembang anak.

Sejarah Peringatan Hari Ayah

Dilansir dari Kemdikbud, Peringatan Hari Ayah dideklarasikan pada tanggal 12 November 2016. Peringatan ini diprakarsai oleh Paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada tahun 2014. Saat itu, PPIP merayakan Hari Ibu dengan mengadakan sayembara Menulis Surat Untuk Ibu. Acara disambut antusiasme dari banyak kalangan dan 70 surat terbaik kemudian dibukukan. 

Selesai acara, panitia dibuat terkejut dengan pertanyaan salah seorang peserta

Kapan diadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ayah? Kapan Peringatan Hari Ayah? Kami pasti ikut lagi..

Termotivasi dari pertanyaan tersebut, PPIP melakukan kajian mendalam tentang peringatan Hari Ayah di Indonesia dan pada tanggal 12 November menggelar Deklarasi Hari Ayah Nasional. Ketika itu, deklarasi digabungkan dengan peringatan Hari Kesehatan dengan mengambil tema Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya.

Deklarasi juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Deklarasi ini disertai dengan peluncuran buku "Kenangan untuk Ayah" yang berisi kumpulan tulisan Surat untuk Ayah yang diseleksi dari sayembara menulis. Acara deklarasi juga diikuti dengan mengirimkan buku serta piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (presiden Indonesia saat itu) dan 4 bupati di masing-masing penjuru Indonesia yaitu Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Perayaan Hari Ayah Dunia

Di Indonesia, peringatan Hari Ayah terhitung baru. Tidak jarang, banyak orang yang tidak mengetahui adanya Hari Ayah. Hari Ayah juga diperingati di berbagai belahan dunia. Di banyak negara, Hari Ayah diperingati di tanggal yang berbeda setiap tahunnya. Kok bisa? Karena negara-negara tersebut memperingati Hari Ayah pada hari Minggu di pekan ketiga bulan Juni. Berbeda lagi dengan beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin. Mereka memperingati Hari Ayah setiap tanggal 19 Maret.

Di Taiwan, Hari Ayah diperingati pada tanggal 8 Agustus dan Thailand merayakan Hari Ayah di tanggal 5 Desember. Peringatan Hari Ayah di Thailand bertepatan dengan ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej yang telah meninggal. Sebelumnya, tiap tanggal 5 Desember masyarakat Thailand merayakan hari ulang tahun sang Raja. Namun, saat raja meninggal di tahun 2016, tanggal 5 Desember dijadikan sebagai peringatan Hari Ayah.

 

kartu ucapan hari ayah
pinterest.com
 

Kegiatan untuk Merayakan Hari Ayah

Setiap peringatan pasti tidak lepas dengan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan. Nah, berikut rekomendasi kegiatan seru yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Ayah

1. Refleksi Diri

Memperingati suatu hal bertujuan untuk tetap mengingat peristiwa yang terjadi di masa lalu atau membangkitkan kembali nilai-nilai yang terkandung dalam peringatan tersebut. Di Hari Ayah ini, kita bisa melakukan refleksi diri untuk meningkatkan kualitas hubungan antara ayah dan anak.

Jika kamu adalah seorang anak, kamu bisa refleksi apakah kamu sudah menjadi anak yang berbakti? Sudahkah kamu memiliki hubungan yang baik dengan ayah? Apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas hubunganmu dengan ayah?

Dan untuk ayah refleksi dirinya juga tidak jauh berbeda. Apa saya sudah menjadi ayah yang baik bagi anak-anak? Apakah saya ikut terlibat aktif dalam pengasuhan anak? Apakah anak merasa nyaman bersama ayah? Dan hal-hal lain tentang hubungan ayah dan anak.

Refleksi ini penting dilakukan untuk melihat kembali bagaimana kualitas hubungan yang telah terjalin selama ini. Jika rasanya ada sesuatu yang salah, maka refleksi ini bisa menjadi langkah awal dalam memperbaiki hubungan ayah dan keluarga.

2. Membuat Kartu Ucapan

Siapa sih yang ga suka menerima kartu ucapan? Walaupun sederhana, kartu ucapan tetap istimewa dan mampu membuat penerimanya bahagia. Kamu bisa membuat kartu berisi ucapan terima kasih untuk ayah. Tunjukkan rasa syukur dan banggamu terhadap ayah.

3. Quality Time dengan Ayah

Siapa yang jarang menghabiskan waktu dengan ayah? Kalau kamu adalah salah satunya, ide menghabiskan waktu dengan ayah bisa menjadi pilihan untuk dicoba. Bisa dengan pergi mengunjungi tempat wisata, makan malam keluarga di luar atau sesederhana bermain dengan ayah dan melakukan hobi bersama.

Jangan fokus dengan tempat yang fancy atau kegiatan kerennya. Fokuslah untuk menjalin keakraban dengan ayah. Menghabiskan waktu bersama yang bisa membuat kalian semakin dekat.

 

makan bersama
pinterest.com

4. Memasak untuk Ayah

Membuat masakan spesial di hari spesial tentu akan terasa istimewa. Kamu bisa memasak makanan atau camilan kesukaan ayah. Kamu bisa juga mencoba memasak menu baru yang belum pernah dicoba. Pasti masakanmu menjadi lebih berkesan. 

5. Memberi Hadiah

Siapa sih yang tidak bahagia jika mendapat hadiah? Ayah juga begitu. Jika biasanya ayah sering memenuhi permintaan anak-anaknya, di Hari Ayah ini kamu bisa memberi hadiah untuk ayah. Hadiah bisa berupa sesuatu yang memang diidam-idamkan ayah, hasil karyamu sendiri atau sesuatu yang akan membuat ayah senang.

Jangan berpikiran hadiah yang paling bagus adalah hadiah yang mahal, tapi perhatikan ketulusanmu dalam memberi hadiah. Karena sesuatu yang berasal dari hati akan sampai juga ke dalam hati penerimanya.

6. Foto Bersama

Kecanggihan kamera ponsel menjadikan berfoto menjadi hal yang mudah dilakukan, kapanpun dan dimanapun. Tapi, berapa banyak fotomu dengan ayah? Jangan-jangan galeri ponselmu dipenuhi oleh foto dengan teman dan sahabat dibanding foto dengan keluarga. Nah, Hari Ayah ini bisa menjadi momen untuk foto bersama ayah dan keluarga. Tidak harus foto di studio, foto dengan ponsel pun akan tetap bermakna. Ingat, fokus dengan momennya. 

Anyone can be a father, but it takes someone special to be a dad, and that’s why I call you dad, because you are so special to me. You taught me the game and you taught me how to play it right.
-Wade Boggs-

Selamat merayakan Hari Ayah Nasional untuk seluruh ayah, papa, bapak, papi, abi di Indonesia.

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

16 komentar

  1. Waah bentar lagi hari ayah di Indonesia. Sangat setuju dengan pembukaan artikelnya bahwa tidak hanya ibu yang memiliki peran pengasuhan, tapi juga ayah memiliki peran yang sangat penting dalam pengasuhan untuk tumbuh kembang anak-anaknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Peran ayah penting banget dalam keluarga. Ayah ga cuma menafkahi aja, tapi juga mendidik keluarganya

      Hapus
  2. setelah diingat-ingat, aku belum pernah kasi hadiah yang spesial untuk ayah. Ah, jadi rinduuuu.

    BalasHapus
  3. Baru tahu klo ada hari ayah di Indonesia. Taunya di luar negeri aja yang ada hari ayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru ta Mba pas disuruh bikin tugas. hehehe...

      Hapus
  4. aku baru tau ada hari ayah.. jd mengharu biru.. inget bapak udah renta
    sekarang ini cuma bisa berkunjung sebulan sekali 😭😭😭😭😭😭😭😭😭

    setting waktu pulang kerumah bapak aaah...

    makasi mbaa dah mengingatkan..
    walau.. birrul wa lidain itu gak harus nunggu waktu2 khusus ya.. tp momen2 kek gini suka jd cermin aja.. suka lupa udah lama gak berkunjung 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Aku suka momen-momen kayak gini sebagai pengingat diri. Kita udah jadi anak yang berbakti ga ya untuk orang tua

      Hapus
  5. MasyaAllah apa aku yang kudet bahwa baru tau adanya hari ayah selain hari ibu😅🙄 baiklah kubuat to do list 12nov nanti reward buat ayah dan suamik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo mba, semangat ngasih reward untuk ayah dan suaminya

      Hapus
  6. Aku udah pernah dengar ada peringatan hari ayah di Indonesia, tapi aku tidak terlalu memperhatikan tanggal dan bulannya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga baru tau tanggalnya pas bikin tulisan ini mba

      Hapus
  7. Aku jujur baru tau hari ayah. Hahahaha ketinggalan banget ya.
    Ternyata di negara lain pun ada ya hari ayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Perayaan Hari ayah tergolong baru di Indonesia

      Hapus
  8. Makin byk ya perayaan hari2 khusus begini, tpi aku ga pernah ikut merayakan

    BalasHapus
  9. Aku baru tau hari ayah kemarin-kemarin si mba, awalnya cuma tau hari ibu aja hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email