CeritaMbaKrib

Catatan Kaki Kecil Zakia Widayanti

28 komentar

catatan kaki kecil zakia widayanti


Dalam tulisan kali ini aku akan bercerita tentang Zakia Widayanti, partner dalam menyelesaikan tugas ke-5 di Blogspedia Coaching. Saya kenal dengan Mba Zakia sejak kami bergabung dalam komunitas blogger Bengkel Diri. Tapi, belum pernah berbicara langsung, hanya kenal melalui blogwalking serta obrolan di grup. Dan tugas kali ini memberi kesempatan untuk kenal lebih dekat dengan Mba Zakia.

Berawal dari Lamaran

Hahaha... bukan lamaran nikah ya Tems, tapi "lamaran" untuk menjadi partner tugas. Cerita bermula dari pengumuman coach kami, Mba Marita Ningtyas tentang salah satu tugas. Kami diharuskan berpasangan dan membuat postingan profil sang partner. Saya galau dong, mau berpasangan dengan siapa. Mana konsekuensi tugasnya berat pula. Kami diharuskan membantu mengecek semua parameter SEO dan semua syarat tugas partner. Jika satu orang membuat kesalahan, maka kami berdua langsung di kick dari kelas. Serem ga tuh. Memang, Mba Marita lagi semangat-semangatnya mengurangi isi kelas. Meleng dikit auto kick. Seisi kelas memang penuh kehati-hatian mengerjakan tugas ini. Pastinya ga mau kan, gegara kesalahan kita partner juga ikut di-kick.

Pas lagi bingung mau ngajak siapa buat jadi partner, datanglah chat dari Mba Zakia, ngajak buat partneran. Langsung diterima dong ajakannya. Seneng banget kan ada yang ngajak partneran. Karena saya emang kepo, iseng lah nanya kenapa milih saya sebagai partner. Dan jawabannya "pas cek nama-nama temen sekelas buat diajak partneran, liat nama Mba. Trus aku pilih Mba karena tau di blogger Bengkel Diri, jadi aku pilih yang kira-kira aku udah tau sebelumnya". Simpel. Mungkin itulah yang dinamakan jodoh. Ga pake ribet, langsung setuju. 

Profil Singkat Zakia Widayanti

Saya dan Mba Zakia punya satu persamaan, sama-sama anak teknik. Mba Zakia lulusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota sementara saya lulusan Teknik Informatika dan Komputer. Jangan tanya todong saya dengan pertanyaan "Laptop yang bagus apa", "bisa hack sosmed ga", "ponsel merek A oke ga". Karena sesungguhnya saya ga punya toko laptop atau ponsel dan tidak berminat dalam urusan hack akun sosmed orang. Tapi kalau nanya spek laptop, bisalah dibantu dikit-dikit.

Saat ini, Mba Zakia berdomisili di Purbalingga dan lagi sibuk mengelola bisnis toko buku online serta mengelola blognya. Nah, bagi temen-temen yang mau beli buku, bisa banget nih ceki ceki ke instagramnya @_zetwe_.

Suka Menulis Sejak Kecil

Dunia tulis menulis udah ga asing lagi buat Mba Zakia. Dari kecil, beliau udah suka menulis dan bahkan buat buku sendiri. Bukunya ditulis dengan tulisan tangan, lalu dijilid. Covernya juga digambar sendiri. Keren ga tuh. Dari kecil udah berkreasi sendiri. 

menulis sejak kecil
pinterest.com


Hobi menulis ini juga terus berlanjut di platform sosial media, Instagram. Menggunakan fitur Ig story, Mba Zakia sering membuat postingan random talk yang membahas berbagai macam hal seperti menuliskan uneg-uneg atau kisah teman-temannya. Namun, akhirnya tulisan-tulisan tersebut berpindah ke blog karena lebih leluasa.

Blogging Berawal dari Tugas Kuliah

Perkenalan Mba Zakia dengan dunia blogging juga sama dengan saya yaitu, berawal dari tugas kuliah. Dosen meminta membuat blog untuk mendokumentasikan semua tugas-tugas perkuliahan serta tulisan-tulisan yang berhubungan dengan materi kuliah. Kuliah selesai, blog pun mati suri.  Banyak banget ternyata kesamaan kami. Atau apakah dosen saat itu memang suka jika mahasiswa memiliki blog?

Setelah blognya bertahun-tahun mati suri hingga jadi sarang laba-laba, di tahun 2019 Mba Zakia mulai nulis lagi di blog serta fokus mengatur blog agar tampilannya lebih nyaman dan mudah dibaca. Berbagai macam perintilan blog yang dulu dipasang karena unyu, mulai dihapus satu persatu karena bikin ribet dan terlalu heboh.

Sebagai blogger Mba Zakia juga ikut di beberapa komunitas blogger. Menjadi anggota komunitas membuka wawasan Mba Zakia tentang dunia blogging yang ternyata luas. Ilmu baru dari komunitas sangat membantu dalam perbaikan blognya. Teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang juga turut memperkaya networking-nya.

Blog Kaki Kecil

Nama blog Mba Zakia adalah Kaki Kecil. Lucu banget ya namanya. Nama blog ini berawal dari rasa minder Mba Zakia karena kakinya kecil, imut gitu. Ada yang bilang ukuran kakinya sama kayak ukuran kaki anak kelas 6 SD. Sedih dong dikomentarin gitu. 

Suatu ketika, pengalaman nonton film dinosaurus menghilangkan rasa mindernya dengan kaki kecilnya. Di film itu, ada seekor dinosaurus yang punya julukan si kaki kecil. Walaupun punya kekurangan, Dino ini gak minder dan banyak melakukan hal-hal luar biasa bersama teman-temannya. Nah, Mba Zakia juga berharap bisa seperti Dino yang walaupun punya kekurangan tapi tetap bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat salah satunya melalui tulisan di blog.

Seperti tulisan di atas, awalnya Mba Zakia nulis di instagram, namun sekarang berpindah ke blog. Hal ini dipicu oleh komentar teman di instagram kalau Mba Zakia nulis panjang banget. Katanya Instagram itu untuk share foto, bukan tulisan panjang. Akhirnya diputuskan menggunakan blog sebagai wadah untuk menulis. 

Kalau di blog, nulis panjang-panjang ga bakal ada yang protes

Sudah Menerbitkan Beberapa Buku Antologi

Menulis adalah hobinya, jadi ga heran kalau Mba Zakia sudah punya beberapa karya di bidang tulis menulis. Apa aja sih karyanya?

  1. Mengejar Mimpi ke-109 (Antologi Cerpen : Karyapedia Tahun 2017)
  2. Mengeja Rasa : 39 Kisah Memaknai Takdir (Antologi Cerpen - AyPublisher Tahun 2020)
  3. Nadir : Deretan Aksara Sang Penerima Takdir (Antologi Puisi - AyPublisher Tahun 2020)
  4. Mengeja Rasa (Antologi Quote - AyPublisher Tahun 2020)
Keren ya udah punya banyak karya. Semangat untuk terus berkarya ya Mba Zakia Widayanti

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

28 komentar

  1. Hwah alhamdulillah, karya antologinya sudah lumayan banyak juga. Produktif sekali

    BalasHapus
  2. Duh ketauan aku yang ngelamar duluan nih mba hehe
    Untungnya diterima ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... alhamdulillah "berjodoh" ya mba

      Hapus
  3. Mbak, aku baru baca profil nya MbaKrib di postingan mbak Zakia hihihi. Ini kita yg di grup bengkel diri tau kelas blogspedia coaching ini dari link yang di share mbak iva kan ya ? 😁 masya allah ya, banyak yg ketemu lagi di kelas ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Aku taunya kelas ini dari postingan Mba Iva. Semoga kita lulus ya Mba

      Hapus
  4. banyak teman yang satu grup di komunitas, ya.
    ternyata jodoh, sama-sama jurusan kuliahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Banyak banget kesamaan antara aku sama mba Zakia

      Hapus
  5. Ternyata teman-teman udah pada banyak berkarya, semoga bisa ketularan juga, amin ya Allah.

    BalasHapus
  6. Aku juga alumni BD, tapi baru level 1 mba hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Nisa. Selamat menjadi bagian keluarga besar Bengkel Diri

      Hapus
  7. jadi tambah semangat punya karya buku antologi juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mari semangat Mba. Semoga impiannya tercapai ya Mba

      Hapus
  8. bener-bener jodoh ini. banyak persamaannya.

    BalasHapus
  9. MasyaAllah mbak keren sekali, produktif dalam berkarya. keep inspiring ya mbak

    BalasHapus
  10. Wih ka Zakia udah punya bakat nulis ya.
    Salfok sama antologinya hee

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak blogger yang lahir dari tugas kuliah :).. semangat ngeblognya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus sungkem nih ama dosen yang nyuruh buat blog. Berkat dosennya, aku bisa kenal sama Mba santi yang keren ini..

      Hapus
  12. Mbak Zakia, kaki kecil itu imut dan banyak opsi sepatu cantik... Kalau kaki besar kaya kakiku, susah kalau lagi berburu diskonan sepatu cantik... Hehehe...

    Mbak Zakia, udah banyak antologinya 😍😍😍 kereen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mba... Banyak pilihan sepatunya kalau kaki imut

      Hapus
  13. Ngeliat karyanya jadi pengen berkarya juga

    BalasHapus
  14. buku antologynya banyak sekali, keren

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email