CeritaMbaKrib

Adab Blogging agar Kamu Menjadi Blogger Keren

20 komentar
Adab blogging yang harus diketahui

Sebagai blogger penting banget untuk mengetahui adab blogging. Sama seperti norma lainnya, adab ini tidak tertulis namun disepakati oleh para blogger. So, sebagai blogger pemula kita harus mengikuti norma yang ada.

Berbicara adab, akan berkaitan erat dengan akhlak serta etika yang ada. Setelah membahas Big Why menjadi blogger, materi selanjutnya di kelas Blogspedia Coaching Batch 1 adalah adab blogging. Tujuannya adalah agar para blogger pemula ini bisa menjadi blogger yang baik. Seperti segala sesuatu di dunia yang memiliki aturan, blogging juga ada aturannya agar tercipta suasana yang menyenangkan dan nyaman. Kalo ga ada aturan mungkin bisa ribut terus, ya ga?

Tentang Blogger

Blogger adalah orang yang menjalankan sebuah blog. Menjadi blogger adalah tentang berbagi dengan orang lain, dengan harapan apa yang kita tulis bisa bermanfaat bagi para pembaca. Saya ga mau jadi blogger yang asal tulis atau asal blognya rame namun ga ada faedahnya. Buat apa kan? Saya berharap adanya blog ini dan tulisan saya bisa membawa hal baik buat para pembaca. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberi manfaat bagi manusia lainnya. 

Adab Blogging: Menulis

Setiap blogger memiliki ciri khas dalam setiap tulisannya. Ciri khas ini dapat ditemui dalam pemilihan kata dan gaya bercerita. Agar tulisan dapat dipertanggungjawabkan, maka mencari referensi yang valid menjadi sebuah keharusan. Copy paste tulisan orang lain adalah hal yang diharamkan. Plagiat dilarang keras bagi seorang blogger. Siapa sih yang suka tulisannya diplagiat? Sudah susah payah membuat artikel yang mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran malah disalin oleh orang lain. Kan bikin emosi.

Jika ingin mengutip tulisan orang lain, maka sertakan sumber tulisannya. Mengutip juga bisa dilakukan dengan menggunakan teknik parafrasa, yaitu menuliskan kembali kata atau kalimat dari sumber menggunakan kata-kata sendiri. Walaupun menggunakan parafrasa, kita tetap harus mencantumkan sumber referensi. Jadilah blogger yang beradab dengan tidak melakukan plagiat.

adab-kbbi


Adab Blogging: Berkomunitas

Ikuti Aturan Komunitas

Seorang blogger biasanya akan bergabung dengan komunitas blogger. Nah, seperti komunitas lainnya setiap komunitas blogger tentu saja memiliki rules (aturan) yang berbeda. Kita harus menghormati dan menyesuaikan diri. Jika dirasa karakter komunitas tidak sesuai dengan kita, maka kita bisa mencari komunitas yang sesuai. Jangan karena kita merasa tidak cocok, lalu malah membuat rusuh karena ingin komunitas sesuai dengan kemauan kita. Ga bisa dong. Ingat pepatah, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung.

SKSD (Saling Kenal Saling Dekat)

Dalam komunitas, kita akan bertemu dengan banyak anggota dari berbagai latar belakang dan pengetahuan. Berbagi ilmu dan pengetahuan adalah hal yang biasa terjadi. Nah, sebagai anggota komunitas, jangan hanya jadi silent reader ya. Ikutlah berbaur dengan anggota lainnya agar saling mengenal 

Jangan Hanya Mau Diberi

Mari menjadi anggota komunitas yang baik. Jangan hanya mau menerima tapi ga mau berbagi. Semakin banyak kita berbagi, maka semakin banyak juga ilmu yang didapat. Jangan jadi blogger pelit ya Tems.

Adab Blogging: Blogwalking

Seorang blogger pasti sering berkunjung ke blog lain. Bisa untuk mencari informasi, mencari ide tulisan atau silaturrahmi. Nah, kegiatan mengunjungi blog ini dinamakan Blogwalking. Ada beberapa etika blogwalking yang harus diketahui, agar kita menjadi tamu yang baik dan disenangi tuan rumah. 

Jangan Asal Komen

Etika paling dasar adalah adab berkomentar. Mau tau ga apa komentar yang paling bikin sebel penulis blog? Yaitu kata-kata "Artikelnya bermanfaat sekali". Ini diklaim bikin sebel penulis. Kesannya kita ga baca tulisannya, ga tau isinya dan asal komen aja. Duh, pas awal-awal blogwalking dulu saya sering nih bikin komentar kayak gini (getok pala sendiri). Jangan komentar kayak gini ya Tems. Berkomentarlah sesuai dengan isi artikelnya.

Selain itu, usahakan komentar berbentuk kalimat (agak panjang). Ya.. minimal 5 kalimat lah. Soalnya, komentar yang pendek kayak "Makasih", "Aku setuju" bisa dianggap spam.

Jangan Tinggalkan Link Hidup

Pernah ga liat di kolom komentar blog isinya "Salam kenal. Silahkan kunjungi blog aku di www........" Nah, alamat link yang ditulis itu namanya link hidup, yaitu link yang bisa diakses agar orang lain mengunjungi alamat pada link. Kebiasaan ini udah ada dari jaman dahulu kala sih. Kalo dulu, tujuannya agar sesama blogger bisa saling berkunjung. Namun, sekarang algoritma google sudah semakin canggih dan meninggalkan link hidup akan berpengaruh buruk pada blog.

Terus, gimana caranya agar seseorang mengunjungi blog kita? Saat kita berkomentar, nama user blog  kita akan tampil. Nah, nama user itulah yang bisa diklik untuk menuju blog si pemilik komentar. Jadi, ga perlu ninggalin link hidup ya Tems.

Ingin Mengkritik? Japri Aja

Beberapa hari yang lalu saya menemukan tulisan menarik di sebuah blog (sebut saja blog A) dan mengomentari tulisannya. Saat itu, saya melihat seorang pria yang mengomentari beberapa typo pada tulisan tersebut dan komentarnya dibalas pemilik blog. Saya lanjut membaca beberapa artikel lainnya di blog A. Dan ketika saya berkomentar di tulisan yang lain, saya melihat lagi komentar dari pria yang sama masih membahas hal yang sama yaitu, typo pada tulisan sembari memberikan tips agar tidak typo. Saya sebagai pengunjung merasa kesal dengan komentar orang tersebut. Pikir saya "Apaan sih, komentarnya tentang typo melulu. Padahal saya ga merasa ada typo di tulisannya. Ini orang rese deh"

Saya yang bukan pemilik blog saja merasa kesal dengan komentar pria tersebut, apalagi pemilik blog. Jika ingin kritik, kritiklah dengan baik dan pastikan tidak menyinggung si empu tulisan. Apalagi jika bersikap sok tahu sampai menyulut perselisihan. Ga baik ya, Tems. Jika bukan hal yang penting ya sudah, fokus saja ke tulisannya. Atau jika kenal dekat dengan pemilik blog, silahkan japri. 

Balas Komentar

Sebagai pemilik blog, sudah pasti ada beberapa komentar di tulisan kita. Usahakan untuk membalas komentar tersebut. Saya merasa senang setiap kali ada yang mengomentari postingan. Artinya, ada yang membaca tulisan saya.  Sehingga saya berusaha untuk selalu membalas komentar tersebut agar orang yang meninggalkan komentar tahu kalau saya membaca komentarnya

Adab pada Haters

Wow haters. Ini nih yang bikin ngeri-ngeri sedap ketika baca kolom komentar. Sebenarnya bukan haters juga sih, ini lebih kepada orang yang kontra atau ga setuju dengan tulisan kita. Ada yang pernah dikomentari oleh orang yang berbeda pendapat? Apa yang kamu lakukan?

mengontrol emosi saat marah
freepik.com

Hal paling penting saat menerima komentar kontra adalah kontrol emosi. Emang sih, kita langsung kesal atau tersulut emosi pas baca komentarnya. Tapi, jangan langsung dibalas. Tenang dulu. Ambil nafas yang dalam.. tahaaaan... keluarkan. Yaak, ulangi lagi sampai merasa tenang. Setelah tenang, baca kembali komentarnya dengan kepala dingin dan balaslah dengan baik.

Jangan membuat keputusan ketika sedang marah, dan jangan membuat janji ketika sedang bahagia

Jika komentarnya memiliki hal yang positif (misalkan disertai dengan saran membangun), jadikan itu sebagai bahan untuk instrospeksi diri agar kita menjadi lebih baik kedepannya. Jangan down, tetap semangat. Berbeda pendapat adalah hal yang wajar. Tidak mungkin kan semua orang setuju dengan kita.

Panjang juga ternyata tulisan tentang adab blogging. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi teman-teman semua ya. Menurut teman-teman, apa adab paling penting dalam blogging?


Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

20 komentar

  1. Sama mbak. Aku juga ngerasa risih kalo lagi baca artikel orang lain. Ada yang datang bagai pahlawan ngasih komentar berupa kritikan. Gemes ihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang sama ma aku ternyata. Aku juga gemes mba. Kalo kesalahannya ga fatal ya biarin aja. Typo 1 2 kata kan wajar ya

      Hapus
  2. Dulu pas awal bw aku pernah ngritik loh.. oleh karna aku kesal banget udah 4 kali lebih nulis komentar setelah di publish komentarnya selalu hilang, mana dia ada kode captchanya dulu terus masuknya wajib pakai facebook gak bisa yg lain. Susah banget mau komentar tapi ya gimana karna ini grup bw nya wajib komen ya tetep harus komen deh. Tapi sekarang udah tobat sih wkwkwk.. banyakin stok sabar aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjuangan banget nulis komentarnya ya mba.
      Setelah baca materi adab blog, aku langsung instrospeksi diri mba. Banyak salah ternyata 😂

      Hapus
  3. Tentang meninggalkan komen yang gak sesuai konten dan link hidup, rasanya pengen aku blok. Pernah ada tuh nawarin apa gitu dikomentar artikel blog, langsung aku hapus aja si.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. mending dihapus aja ya, daripada bikin kesel

      Hapus
  4. Ya ya ya dulu aku juga sering ninggalin komen begitu hahaha... Namanya juga baru yak, namun skrg Makin lama Makin banyak bw Makin nambah ilmu Makin tau, tapi aku masih sering bngt ninggalin komen begini "nice sharing mb" tapi ini emang sharingnya bermanfaat bgt loh uni 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Aku dulu juga gitu. sering bannget nuis "nice sharing mba". Kayaknya blogger pemula pernah melakukan hal ini

      Hapus
  5. Hehe jujur soal coment awal2 emang begitu, yang makasih ilmunya dll.. tapi dilain sisi bisa aja 'asal baca' atau emang bener bemanfaat. semakin kesini lagi biasain banyak baca biar bisa nulis blog bagus. salah satunya ya rajin baca blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin blogwalking juga membantu banget menemukan ide tulisan ya Mba

      Hapus
  6. Aku dibilang masih new bie di blogger .. Hehehe .. Ketika ikut BW, rasanya mendapat banyak ilmu baru. Dari artikel ini salah satunya. Aku menyimak tulisan yang di dalamnya ada kalimat "blogspedia coaching batch 1", dari pertama kali aku ikut BW,. Aku jadi penasaran dgn blogspedia coaching. Hehehe. Menulis komentar "makasih udah share, sangat bermanfaat sekali, dan bla bla bla yang sejenisnya". Rasanya itu teguran banget buat aku, aku waktu di awal2 ikut BW, lumayan sering berkomentar begitu. Bukan karena tidak membaca tulisannya, tapi karena bingung mau komen apa? Hehehe .. Menurutku adab paling penting dalam blogging : Tetap menggunakan bahasa yang baik dalam menulis dan tidak jadi provokasi terjadinya perdebatan yang tidak sehat ketika berkomentar di postingan pengguna blogger lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya dulu juga gitu Mba. Dan kayaknya blogger pemula emang sering komen pake kalimat ini

      Hapus
  7. Alhamdulillah.. jadi makin tambah ilmu ni setiap hari..
    adab itu memang menjadi hal utama ya mba dalam setiap proses belajar..

    sebagai newbi.. sy belum bisa mba, nambahin kolom balas komentar.. mungkin bisa dibantu mba gimana caranya (langkah-langkah nya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blognya pake blogspot atau wordpress Mba? Mba bisa japri aku aja

      Hapus
  8. Bagian yang "jgn asal komen" itu ternyata kita sama yaa mag 😅
    Aku juga, kalau bingung mau komen apa, jadi ny komen sekedar ny aja 😔😔

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha.. iya mon. Sering nih dulu begini. Asal komen aja. Sekrang, tiap mau komen jadi mikir dulu

      Hapus
  9. Assalamualaikum. Salam kenal mba Feb. Saya juga baru terjun nih di dunia blogging. Seneng banget bisa nemu artikel ini. Ternyata mba ikutan blogspedia coaching bacht 1 nya mba Marita. Artikelnya sangat membantu. Makasih yah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mba Ratna. Semoga artikelnya bisa membantu ya mba. Rencananya bakal ada blogspedia batch 2 lo mba. Bisa cek infonya di web blogspedia

      Hapus
  10. Artikel adab ini buat aku berpikir tentang untuk sering blogwalking. Hal yang paling sulit untuk kulakukan sebagai blogger pemula adalah Blogwalking karena ga bisa luangin waktu banyak buat itu. Kadang juga bisa lupa sama siapa aja yang di blogwalking-in hehehe....

    Salam kenal ya Mba Krib :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba gabung dengan komunitas mba. Biasanya ada agenda blogwalking tiap minggu. Blogwalking memang harus "dipaksa" mba. Kalo ga, ga bakal jadi-jadi

      Salam kenal juga Mba Sinta :)

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email