Serba Serbi Skincare yang Mengandung Retinol

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Skincare yang mengandung retinol belakangan menjadi salah satu primadona dalam rutinitas perawatan wajah kita. Berbagai macam brand kosmetik saling berinovasi meluncurkan produk skincare yang mengandung retinol seperti toner dan serum. Sebenarnya apa sih retinol itu? Apa manfaatnya dan bagaimana cara menggunakannya? Simak pembahasannya berikut

Apa itu Retinol?

Retinol merupakan sebuah bahan aktif turunan vitamin A yang merupakan sumber anti oksidan. Retinol bekerja dengan meransang produksi kolagen sehingga dapat memperbaiki tekstur kulit dan mencegah penuaan dini. Penggunaan retinol mulai disarankan pada usia 30 tahun ke atas sebagai salah satu cara untuk mencegah penuaan dini. Namun, ada juga beberapa pendapat ahli yang menyarankan penggunaan retinol dimulai saat berusia 25 tahun. Hal ini dikarenakan saat memasuki usia 25, produksi kolagen pada kulit mulai menurun sehingga memerlukan retinol untuk meningkatkan produksi kolagen.

skincare yang mengandung retinol

Manfaat Retinol untuk Kulit

Retinol ini menjadi salah satu primadona dalam bahan aktif skincare karena memiliki segudang manfaat, antara lain:

  1. Meningkatkan produksi kolagen sehingga menjaga elastisitas dan kesehatan kulit
  2. Menunda munculnya tanda penuaan dini pada kulit
  3. Menyamarkan garis halus dan kerutan
  4. Mencerahkan kulit
  5. Mengurangi jerawat pada kulit. Retinol mampu membersihkan pori-pori dengan maksimal sehingga mengurangi dan membuat wajah bebas jerawat.
  6. Mempercepat proses perbaikan kulit
  7. Mengurangi hiperpigmentasi pada kulit akibat paparan sinar matahari

Cara Menggunakan Retinol

Retinol merupakan bahan aktif pada skincare. Perlu kehati-hatian dalam penggunaannya apalagi jika kamu memiliki kulit yang sensitif. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan retinol.

1. Gunakan pada Malam Hari

Produk perawatan yang mengandung retinol umumnya digunakan pada malam hari dikarenakan cara kerjanya. Saat menggunakan retinol, kulit kita menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Retinol mempercepat proses pergantian kulit dan mengelupaskan sel kulit mati sehingga kulit luar menjadi lebih tipis. Kulit yang lebih tipis akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga lebih mudah terbakar. 

Selain itu, penggunaan retinol pada malam hari juga akan memaksimalkan proses regenerasi kulit

2. Gunakan Sunscreen 

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai menggunakan retinol adalah apakah kamu sudah konsisten menggunakan sunscreen? Kalau kamu masih malas menggunakan sunscreen, belum rutin atau menggunakan sunscreen tidak sesuai aturan (ingat, aturan dua jari saat menggunakan sunscreen) sebaiknya jangan menggunakan retinol dulu ya. Konsisten dan rutin dulu menggunakan sunscreen, baru setelah itu kamu bisa menggunakan retinol.

Pada bahasan di atas, kita sudah mengetahui bahwa penggunaan retinol membuat kulit lebih sensitif sehingga penggunaan sunscreen secara rutin menjadi hal yang wajib. Jika kamu skip menggunakan sunscreen, maka kulitmu akan terpapar sinar matahari dan menjadi lebih rentan rusak. 

3. Mulai dari Dosis Rendah

Retinol merupakan bahan aktif yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Terlebih jika digunakan pada konsentrasi tinggi atau jika digunakan pada kulit sensitif. Karena itu sebaiknya gunakan retinol dengan hati-hati dan mulai dari dosis rendah.

Bagi para pemula atau bagi kamu yang pertama kali menggunakan retinol, mulailah gunakan dari dosis rendah. Jangan mudah tergiur untuk langsung menggunakan dosis tinggi karena bisa saja kulitmu kaget dan malah menjadi masalah. Bagi pemula disarankan menggunakan skincare dengan kandungan retinol 0.01% - 0.05%. Jika kamu sudah terbiasa dan kulitmu bereaksi dengan baik maka kamu bisa naik level menggunakan skincare yang mengandung retinol 0.05% - 0.1%. Dan bagi yang sudah expert menggunakan retinol, kamu bisa menggunakan dengan dosis 1% - 2%.

Jika skincare yang mengandung retinol memiliki berbagai macam produk seperti toner dan serum, maka mulailah dari toner terlebih dahulu. Jangan terburu-buru untuk level up ya Tems. Takes your time. Berikan kulitmu waktu yang cukup untuk mengenal dan beradaptasi dengan retinol agar hasilnya juga lebih maksimal.

cara menggunakan retinol

4. Jangan Gunakan Setiap Hari

Pada awal penggunaan, gunakan retinol 2-3 kali seminggu ya Tems. Jangan langsung digunakan setiap hari. Jangan terburu-buru. Mulai dengan pelan-pelan dan perhatikan apakah kulitmu cocok menggunakan retinol atau tidak. Setelah beberapa waktu dan kamu yakin kulitmu sudah cocok dengan retinol, kamu bisa menggunakan produknya setiap hari. Tapi ingat, pastikan juga aturan pakai dari skincare-nya sendiri. Jika disarankan untuk digunakan 2 hingga 3 kali seminggu sebaiknya kamu patuhi.

5. Ingin Layering Skincare? Nanti Dulu

Saat ini menggunakan beberapa produk skincare dengan bahan aktif sekaligus alias layering skincare  banyak dilakukan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaat dari masing-masing bahan aktif. Untuk pemula, sebaiknya jangan lakukan layering retinol dengan bahan aktif lainnya dulu ya. Fokus saja gunakan retinol. Dan jika kamu ingin menggunakan skincare dengan bahan aktif lainnya, kamu bisa gunakan dengan metode selang seling setiap harinya. Misal Senin menggunakan retinol, Selasa Niacinamide, rabu Retinol, kamis Niacinamide, dan seterusnya. 

Metode selang seling jauh lebih aman digunakan oleh para pemula. Kamu bisa melakukan layering jika kamu merasa kulitmu sudah siap. Layering skincare juga bukan suatu keharusan kok. Gunakan cara yang membuat kamu dan kulitmu merasa nyaman.

Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Retinol

Serum dan toner menjadi salah satu produk skincare atau perawatan kulit yang mengandung retinol. Dosis retinol di setiap produknya akan berbeda-beda tergantung dari racikan masing-masing brand kosmetik. Salah satu brand yang memiliki serum retinol adalah Scarlett Whitening.

Mungkin banyak dari kita mengenal Scarlett Whitening dari body lotion dan shower scrubnya yang super duper wangi. Aku pun begitu ^.^. Sampai sekarang Jolly dan Happy jadi favorit aku. Tapi, Scarlett juga punya banyak produk perwatan wajah seperti serum, pelembab, masker hingga face mist. Dan aku sudah mencoba banyak varian serumnya mulai dari Acne Serum, Glowtening Serum dan Vitamin C serum. Dan yang terbaru aku mencoba Retinol Serum dan Niacinamide Serumnya.

Skin Smoothing Retinol Serum

Jujur, pada awalnya aku agak sedikit takut menggunakan serum dengan bahan retinol. Aku sudah lama ingin coba menggunakan retinol karena kemampuannya untuk mencegah penuaan dini. Maklum, sudah hampir memasuki kepala 3. Namun, beberapa review tentang Retinol yang tidak cocok dikulit membuatku maju mundur saat akan mencoba menggunakan retinol. Takut ga cocok, takut purging, takut ini, takut itu banyak sekali.. 

Tapi, kalau takut terus kapan kita akan mencoba? Kalau ga pernah dicoba gimana kita tau serumnya bakal cocok di kulit atau engga. 

Dan, aku memberanikan  diri mencoba Skin Soothing Retinol Serum dari Scarlett Whitening. Serum-serum dari Scarlett Alhamdulillah ga ada yang fail di kulitku. Cocok semua. Jadi, aku berpikir Retinol serum dari Scarlett punya peluang yang besar untuk cocok dikulitku.

kandungan serum retinol scarlett

Tekstur serumnya lumayan kental dan gampang diratakan. Cukup gunakan 2 tetes untuk seluruh wajah. Setelah diratakan, kulit akan terasa lebih lembab dan segar karena ada kandungan Allantoin yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Tunggu hingga kering di wajah dan kamu bisa lanjut menggunakan skincare untuk night routine.

Untuk pemakaian awal, aku hanya menggunakan serumnya saja tanpa ditambah dengan moisturizer dan produk lainnya agar aku lebih mudah mengetahui kecocokan serumnya di kulit. Dan, aku suka dengan hasilnya.

Saat pertama kali menggunakan serum, di wajahku lagi muncul jerawat hormonal. Aku tetap nekat pakai karena Retinol juga bagus digunakan untuk mengatasi jerawat. And, it works. Selasa malam aku pake Retinol serum. Dan paginya, jerawat yang mulai membesar jadi kempes doong. Ga jadi membesar. Besoknya, aku menggunakan Niacinamide Serum dari Scarlett. Dan diselang seling selama seminggu. Dan jerawatnya udah makin kempes doong... Terharu ga tuh..

Biasanya saat berjerawat aku butuh 1 hingga 2 minggu agar kulitnya normal lagi. Tapi, prosesnya bisa lebih cepat berkat Retinol. Untuk efek mencegah penuaan belum terlihat ya karena aku baru menggunakan serum ini selama satu minggu. Jika dipake rutin selama sebulan atau minimal hingga produknya habis, perbedaanya akan bisa terlihat. Yang perlu diingat, hasil penggunaan skincare itu ga bisa terlihat secara instan ya Tems. Perlu ketelatenan dan konsistensi saat menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

retinol untuk kulit berjerawat

Niacinamide 5% + Beta Glucan & & Phyto ExtractSerum

Retinol serum hanya bisa digunakan 2 hingga 3 kali seminggu. Karena itu aku ingin mencob aserum lain dengan kandungan aktif selain Retinol untuk menjadi bagian dari skincare routine-ku. Dan, aku memilih Niacinamde Serum dari Scarlett untuk memaksimalkan kerja retinol.

Niacinamide merupakan salah satu bahan aktif pada kosmetik yang bisa membuat wajah cerah serta membantu menyamarkan hiperpegmentasi pada kulit. Kandungan Niacinamide pada skincare pun bermacam ragam, tergantung racikan dari masing-masing brand. Bagi para pemula dalam menggunakan Niacinamide seperti aku, maka kita butuk skincare yang kandungan Niacinamide-nya aman buat pemula alias beginner friendly.

Sejak awal kemunculannya, Niacinamide dan Retinol serum dari Scarlett Whitening ini selalu muncul berdua. Ternyata, setelah aku pelajari kandungannya, retinol dan Niacinamide ini saling menunjang satu sama lain. Retinol mempercepat regenerasi kulit dan Niacinamide menjaga skin barrier. Selain itu, retinol dan Niacinamide secara bersama dapat mencerahkan kulit serta menjaga kulit dari pengaruh buruk sinar UV. Oke banget kan…

Foto before after yang aku sematkan di atas adalah hasil penggunaan Retinol serum dan Niacinamide Serum secara bergantian. Selasa malam menggunakan Retinol, Rabunya menggunakan Niacinamide, Kamis pake Retinol lagi, dan di selang seling terus hingga hari Jumat. Penggunaannya bener-bener nampol dan berefek di wajahku.

Trus, kok wajahnya ga kelihatan lebih cerah? Ga kelihatan lebih awet muda juga? Saat artikel ini ditulis, aku baru menggunakan serumnya selama seminggu. Jadi, untuk efek mencerahkan dan mengatasi kerutannya belum akan terlihat. Wajah lebih cerah dan kerutan tersamarkan itu ga bisa didapatkan dalam waktu yang sesaat. Butuh waktu agar hasilnya terlihat. Untuk wajahku, efek mencerahkan dan menyamarkan kerutan mungkin akan terlihat setelah sebulan pemakaian atau setelah habis 1 botol serum. Jadi, harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang diinginka.

Jika kamu baru pertama kali menggunakan Retinol, aku sangat merekomendasikan kamu untuk nyobain Skin Smoothing Retinol Serum ini. Kandungan retinolnya sangat beginner friendly sehingga lebih aman untuk kulit. Harganya yang terjangkau juga lebih aman untuk dompetmu.  Untuk memastikan produk yang kamu terima adalah produk asli, maka Scarlett Whitening juga menyediakan web untuk mengecek keaslian produk yang kamu beli di toko offline


Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar