Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya di Kulit Cantikmu

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Sebagai pemilik kulit berjerawat, salah satu hal yang paling sering aku cari tahu adalah skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Jerawat yang hobinya tanpa diundang dan ga ngasih kabar ini lumayan bikin gemes dan badmood. Apalagi kalo munculnya di saat kita lagi ada acara atau event penting. Duh, kadang bikin minder juga.

skincare untuk muka berjerawat
Kulit yang berjerawat memang membutuhkan perawatn khusus. Selain skincare yang cocok, ketelatenan juga menentukan kesuksesan perawatn wajah

Kulit yang berjerawat memang membutuhkan perawatan yang telaten juga kesabaran yang besar. Memakai produk perawatan wajah berjerawat tidak berati masalah jerawatmu bisa hilang dalam semalam. Bahkan ada juga kemungkinan masalah jerawatmu akan memburuk karena produk yang digunakan ternyata ga cocok.

Skincare atau produk perawatan kulit itu sifatnya cocok-cocokan dengan wajah kita. Produk yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok saat kita gunakan. Karena itu, cara terbaik untuk mengetahui suatu produk skincare cocok atau enggak adalah dengan mencobanya sendiri. 

Perawatan Kulit Berjerawat

Skincare memiliki banyak variasi mulai dari pembersih wajah, toner, serum, pelembab, sunscreen, masker dan sebagainya. Bagi kamu yang masih awam dengan perawatan wajah banyaknya variasi ini mungkin akan membuatmu bingung. Produk mana dulu yang wajib dibeli?

Untuk merawat kulit wajah, pada dasarnya ada 4 tahapan dasar yang harus dilakukan bagi semua orang dengan segala tipe kulit wajahnya. Tahapan itu adalah membersihkan kulit, menggunakan toner, pelembab dan sunscreeen.

Membersihkan Wajah

Cleansing adalah tahapan untuk membersihkan kulit wajah dari segala macam kotoran, debu serta make up yang menempel. Membersihkan kulit ini harus dilakukan sebelum mulai menggunakan produk perawatan kulit dan di malam hari sebelum tidur.

Ada banyak banget jenis variasi produk untuk membersihkan wajah seperti facial wash, micellar water, cleansing balm dan sebagainya. Kamu bisa memilih produk yang sesuai dengan tipe kulit. Jika bingung, gunakan saja facial wash saat mencuci muka.

Terkadang, mencuci muka saja belum cukup untuk membersihkan kotoran wajah. Apalagi jika kita menggunakan make up seharian. Sehingga ada baiknya membersihkan wajah dengan cara double cleansing alias 2 kali tahapan.

Pada tahapan pertama, gunakan micellar water atau make up remover untuk membersihkan seluruh make up yang masih menempel di wajah. Selanjutnya cuci muka menggunakan facial wash.

Gunakan Toner

Setelah wajah bersih, maka tahap selanjutnya adalah menggunakan toner. Toner digunakan untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan skincare seperti serum atau pelembab.

Ada banyak banget pilihan toner yang bisa digunakan. Kamu bisa memilih toner yang diperuntukkan untuk kulit yang berjerawat. Toner yang diperuntukkan bagi kulit berjerawat biasanya memiliki kandungan Green Tea atau Tea Tree. 

Serum untuk Wajah Berjerawat

Saat wajah lagi berjerawat, kita mungkin agak sedikit takut saat menggunakan serum. Sebenarnya, serum aman kok digunakan untuk wajah yang berjerawat. Yang perlu diperhatikan adalah bahan yang terkandung di dalam serumnya. Apakah memang diperuntukkan untuk kulit berjerawat? Jika ya, maka kamu bisa menggunakan serum tersebut.

Cara paling mudah mengetahui serum tersebut bisa digunakan oleh kulit berjerawat atau tidak adalah mencari serum untuk Acne Care. Selain itu, serum yang mengandung retinol juga bisa digunakan untuk perawatan wajah yang berjerawat

Jaga Kelembaban Kulit dengan Moisturizer

Moisturizer atau pelembab adalah salah satu produk sincare yang wajib digunakan. Seperti namanya, moisturizer digunakan untuk menjaga kelembaban kulit.

Wajah yang berjerawat juga harus dirawat dengan pelembab loh. Jangan berpikir bahwa pelembab malah akan membuat jerawat semakin parah. Padahal, pelembab membantu menjaga kulitmu.

Kulit yang berjerawat tidak hanya karena disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih atau memang kondisi bawaan kulit. Tapi, kulit yang kering karena kekurangan hidrasi juga bisa memicu timbulnya jerawat.

Pelembab sebaiknya digunakan ketika wajah masih lembab. Jadi, setelah menggunakan toner atau setelah mencuci muka langsung oles pelembab di wajahmu. Jangan tunggu sampai kulitmu kering.

Mengoleskan pelembab pada saat wajah masih lembab akan membuat kulit terhidrasi lebih lama karena kandungan air di dalam kulit lebih terjaga.

Lantas bagaimana cara memilih pelembab untuk kulit berjerawat?

  1. Baca keterangan produk. Pastikan pada kemasan pelembab tertera keterangan untuk wajah berjerawat. Biasanya pelembab juga memiliki nama lain yaitu day cream.
  2. Baca kandungan bahan produk. Pelembab untuk kulit berjerawat memiliki bahan untuk merawat kulit berjerawat seperti salicilyc acid
  3. Pilih ukuran kecil. Jika pelembab yang ingin kamu beli memiliki beberapa ukuran, pilihlah ukuran kecil. Misalkan ga cocok setelah dipake, kita ga rugi banget

Lindungi Kulit dengan Sunscreen

Segala hal yang berharga itu harus dilindungi, termasuk kulitmu. Makanya menggunakan sunscreen adalah hal yang harus dilakukan sebelum memulai aktivitas. Terlebih lagi jika kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan.

Menggunakan sunscreen tidak hanya melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV saja. Tapi juga membantu menyamarkan noda hitam di kulit. Jadi, bagi kamu yang memiliki noda hitam akibat bekas jerawat, sunscreen bisa membantu menyamarkannya.

Skincare untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Langkah awal yang menentukan keberhasilan dalam usaha untuk menghilangkan jerawat adalah menemukan skincare yang tepat. Skincare yang tepat adalah setengah langkah keberhasilan dalam menghilangkan jerawat yang mengganggu.

Setengah keberhasilan lagi tergantung pada ketelatenan dan kesabaran kamu dalam menggunakan rangkaian skincare yang telah kamu pilih. Rutin dan teratur menggunakan skincare itu sebuah keharusan demi menghilangkan jerawat di kulit. Sebagus apapun skincare-nya, jika dipakai ga teratur, tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Karena itu, gunakanlah rangkaian skincare untuk menghilangkan jerawat yang bisa membuatmu happy. Happy karena kemasannya yang cantik, happy karena aroma produknya yang soft dan happy karena harganya yang ga menguras kantong. Seperti rangkaian acne care dari Scarlett Whitening

perawatan sehari hari untuk wajah berjerawat

Perawatan Wajah Berjerawat dari Scarlett

Scarlett Whitening memiliki rangkaian produk untuk perawatan wajah berjerawat. Produk ini antara lain facial wash, toner, serum, day cream dan night cream. 

Pertama kali aku mencoba rangkaian acne care Scarlett Whitening ini sekitar 2 minggu yang lalu. Saat itu, jerawat di wajah lagi banyak-banyaknya. 

Awalnya sempat ragu untuk mencoba langsung rangkaian acne care nya karena takut ga cocok. Tapi aku memberanikan diri demi menghilangkan jerawat yang mengganggu. 

Produk pertama yang aku coba adalah serumnya. Setelah 3 hari pemakaian dan tidak ada masalah, aku lanjutkan dengan day cream dan night creamnya. 2 hari kemudian aku mencoba facial wash dan tonernya. 

Produknya sengaja aku gunakan secara bertahap untuk melihat reaksi kulit. Kalau misalkan ada produk yang ga cocok, langsung bisa dihentikan pemakaiannya. Dan Alhamdulillah, aku cocok dengan rangkaian acne care dari Scarlett ini. 

Penggunaan Produk

Urutan pemakaian produk di pagi hari. Pertama, cuci muka menggunakan Brightening Facial Wash. Facial wash nya tidak berbusa. Kalau kamu biasa menggunakan sabun wajah dengan banyak busa mungkin akan merasa aneh di awal. Tapi ga masalah kok. Kemampuan membersihkannya bagus dan memberikan rasa lembab setelah digunakan. 

Selesai cuci muka, gunakan Acne Essence Toner. Tuang toner ke telapak tangan, lalu usapkan ke wajah sambil di tepuk pelan. Dilanjutkan dengan memakai Acne Day Cream. 

Day cream digunakan secukupnya aja. Lalu biarkan kering. Setelah itu lanjut gunakan sunscreen dan make up. 

Urutan pemakaian produk di malam hari. Bersihkan wajah menggunakan Brightening Facial Wash lalu lanjutkan dengan Acne Essence Toner. 

Setelah itu gunakan Acne serum. Pemakaian serum ga perlu banyak-banyak, cukup 3-4 tetes aja. Ratakan ke seluruh wajah sambil di pijat ringan atau ditepuk-tepuk. Lalu dilanjutkan dengan Acne Night Cream. 

Aku memakai serumnya memang hanya malam hari. Tapi, serum ini boleh banget kok di pake setiap pagi dan malam. 

Aku sudah memakai rangkaian acne care ini selama 10 hari. Dan, wajahku cocok dengan produknya. Jerawat yang kemarin muncul sekarang sudah hilang melipir dari wajah. Tinggal telaten aja makai acne care nya untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Aku memilih Scarlett karena ...

  1. Sudah terdaftar di BPOM. Jadi udah pasti aman digunakan dan ga mengandung bahan berbahaya seperti merkuri dan hydroquinone. 
  2. Produk tidak diujikan kepada hewan
  3. Keaslian produk terjamin. Kalau kamu ingin mengecek apakah produk Scarlett Whitening yang kamu beli asli atau engga kamu bisa cek di websitenya. Cukup masukkan kode yang tertera di bawah barcode kemasan, maka informasinya produk bisa segera diketahui. 
  4. Aroma produknya lembut sehingga nyaman digunakan. 
Kalau kamu ingin mencoba acne care dari Scarlett Whitening sebagai rangkaian skincare untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, kamu bisa membeli produknya secara online di sini. Semoga tulisan ini membantumu ya :)

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar