Daftar Bakpia Jogja yang Enak, Kamu Wajib Coba

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Berkunjung ke Jogja, wajib banget mencoba bakpia. Bakpia jogja yang enak sudah tentu akan dibawa sebagai oleh-oleh setelah pelesir ke Jogja.

Saat mengunjungi suatu kota, banyak hal yang bisa kita lakukan. Berkeliling menikmati suasana kota, mengunjungi tempat wisata hingga mencoba aneka kuliner khas dari daerah tersebut. Ga lengkap rasanya mengunjungi suatu daerah tanpa wisata kuliner. 

bakpia paling enak di jogja
instagram.com/bakpia.djava

Kota Jogja, merupakan salah satu kota destinasi wisata favorit di Indonesia. Suasana kota yang tenang, banyaknya museum yang bisa dikunjungi hingga banyaknya pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi membuat kita selalu ingin kembali ke Jogja. 

Bakpia Bukan Makanan Asli Jogja

Selain gudeg, bakpia adalah makanan yang identik dengan Jogja. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya bakpia bukanlah makanan asli Jogja? Dilansir dari laman Nakita, bakpia berasal dari Tiongkok. Bakpia muncul di Jogja sekitar tahun 1940 akibat pengaruh budaya Tiongkok.

Bakpia atau hopia ini merupakan salah satu kue pastry berbentuk bulat dengan berbagai varian isi di dalamnya. Awalnya, bakpia ini memiliki isian daging babi. Namun pada tahun 1940, Kwik Sun Kwok, seorang produsen bakpia mengganti isian bakpia dengan kacang hijau sehingga bisa dikonsumsi oleh umat muslim.

Saat ini bakpia varian isi bakpia semakin beragam, tidak hanya kacang hijau . Ketan hitam, keju, coklat adalah beberapa dari sekian banyak varian isi bakpia. Seiring dengan perkembangan tren makanan kekinian, varian seperti greentea dan tiramisu pun menjadi isian bakpia.

Dikutip dari Tirto, bakpia mulai dipasarkan oleh penduduk Jogja pada tahun 1980-an. Penduduk memasarkan bakpia buatannya di depan rumah masing-masing. Pada saat itu, yang menjadi nama unik untuk merek dagang adalah nomor rumah masing-masing pedagang seperti bakpia Pathuk 25, Bakpia Pathuk 27 dan lainnya.

Sentra produksi bakpia Jogja terletak di dua kawasan yaitu daerah Pathuk dan Glagahsari. Kedua daerah ini memiliki bakpia dengan cita rasa unik dan berbeda satu dengan yang lainnya.

Harga Bakpia Jogja

Bakpia di jogja biasanya dijual dalam per pack atau per kemasan. Kemasan ini beragam ukurannya, mulai dari isi 5/pack hingga 15/pack. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat kita gampang memilih dan menyesuaikan dengan keinginan.

Harga yang ditawarkan untuk sebuah bakpia juga cukup terjangkau. Untuk kemasan dengan isi 15 bakia, dijual dengan kisaran harga 35 ribu hingga 50ribu, tergantung dari varian rasa yang dipilih.  Jika dihitung, satu buah bakpia dijual dengan harga sekitar 2000 hingga 3000 per buah. 

Rekomendasi Bakpia Jogja yang Enak

Memperoleh bakpia di kota Jogja bukanlah hal yang sulit. Jika sedang berjalan-jalan di kawasan Malioboro, banyak pedagang yang menjajakan bakpia. Jika ingin langsung mengunjungi pabrik pembuatan bakpia, becak-becak di sekitaran Malioboro akan mengantarkanmu dengan senang hati.

Saat mengunjungi pabrik, kita bisa mencicipi bakpia yang ditawarkan. Jadi, kita bisa memilih varian isi bakpia yang disukai saat membeli. Kelebihan lainnya adalah kita bisa membeli bakpia fresh from the oven alias baru selesai dipanggang. Menyenangkan bukan?

Agar tidak bingung  berikut rekomendasi bakpia jogja yang enak

Bakpia Patuk 75

Bakpia Patuk 75 merupakan pelopor bakpia di kota Jogja. Bakpia Patuk 75 sudah ada sejak 1948 dan merupakan bakpia yang dibuat oleh Kwik Sun Kwok. Hingga saat ini, bakpia ini masih mempertahankan cara tradisional dalam pembuatan bakpia.

Bakpia Pathok 25

Bakpia satu ini merupakan salah satu merek bakpia legendaris di Jogja. Berdiri sejak tahun 1980, pusat produksi bakpia pathok 25 terletak di kawasan Danurejan, tidak jauh dari Malioboro.

Bakpia Djava

Bakpia Djava pernah memecahkan rekor MURI bakpia terbesar dan makan bakpia massal di tahun 2016. Gerai bakpia Djava pernah dikunjungi oleh Miss Universe 2013 yaitu Gabrielle Isler. Lokasi dari toko Bakpia Djava tertelatak di daerah Patuk, Jogja.

bakpia di jogja
instagram.com/bakpiaku

BakpiaKu

Jika saat ini kamu sedang berada di luar Jogja dan ingin makan bakpia, maka kamu bisa membeli Bakpiaku. Bakpia ini menyediakan pengiriman ke seluruh Indonesia. Varian rasa yang ditawarkan juga banyak seperti susu, greentea, coklat, cappucino, strawberry, kacang hijau, kumbu hitam dan durian.

Toko Bakpiaku terletak di daerah Pakualaman, Jogja.

Bakpia Kencana

Bakpia kencana jogja berlokasi di daerah Gamping, Sleman, Jogja.Pecinta keju pasti akan menyukai bakpia kencana jogja. Pasalnya, bakpia ini dikenal karena memiliki varian isi keju yang lezat. Selain keju, bakpia Kencana jogja juga menawarkan varian isi lainnya seperti coklat, durian, matcha dan ketela ungu.

Ketika mengunjungi toko bakpia kencana jogja, kita bisa melihat langsung ke dapurnya untuk mengamati proses pembuatan bakpia. Konsep ini dikenal dengan istilah open kitchen. 

Bakpia Kukus Tugu Jogja

Jika bakpia umumnya dipanggang, bakpia tugu Jogja dimasak dengan cara dikukus. Hasilnya adalah bakpia yang lembut seperti bolu kukus. Jika kamu tidak menyukai bakpia panggang, sepertinya bakpia kukus ini bisa jadi pihan tepat untukmu.

bakpia tugu jogja
bakpia kukus tugu jogja. Sumber: instagram/bakpiatugujogja

Bakpia kukus tugu jogja memiliki 6 store di daerah jogja serta banyak mitra resmi sehingga mudah ditemuka. Lokasi store resmi bakpia kukus tugu jogja antara lain terletak di daerah Kaliurang, Maguwoharjo, Stasiun Tugu, Stasiun Lempuyangan, Mall Malioboro dan di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA).

Sekarang udah ga bingung lagi kan menentukan tempat belanja bakpia jogja yang enak. Semoga artikel ini membantu ya:)

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar