CeritaMbaKrib

Hal Baik di 2020, Sebuah Refleksi

1 komentar

Hai Tems, beberapa jam lagi kita akan meninggalkan tahun 2020. Apa aja nih hal baik di 2020 ini? Tahun ini memang berat ya. Banyak hal-hal mengejutkan dan tak disangka terjadi di tahun ini. Sejak pandemi COVID menyerang, banyak hal berubah. Hidup jadi jungkir balik deh.

Selama lebih kurang 9 bulan kita bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan jadi khawatir saat keluar rumah. Banyak yang pendapatannya menurun bahkan terkena PHK. Tahun ini memang ga mudah ya. Tapi, lihat kita sekarang. Ternyata kita bisa bertahan sampai hari ini, walaupun berdarah-darah.

hal  baik di 2020

Kita dipaksa keluar dari zona nyaman dan beradaptasi dengan perubahan mendadak. Yang biasanya bekerja kantoran, sekarang banting setir jualan. Orang tua yang biasanya ketemu anak cuma pagi dan malam, sekarang bisa mendampingi putra putrinya seharian. Anak yang biasanya belajar dengan guru, sekarang didampingi oleh orang tuanya walaupun sering naik spaneng. Wajar lah ya bapak ibu. Ga biasa ngajarin anak sekarang menjadi guru dadakan. Mana pelajaran waktu sekolah udah lupa semua.

Tidakkah kita merasa bangga dan bersyukur dengan diri kita sendiri. At the end of the year, rasanya kita ingin memeluk diri sendiri sambil berkata 

Kamu hebat. Kita berhasil melewati ini semua. Kita berhasil bertahan sampai hari ini

Nah, untuk mengenang kisah di tahun yang spesial ini, MbaKrib ingin merangkum kembali hal-hal baik yang terjadi di tahun ini. Biasanya kan acara berita banyak tuh yang menyajikan kilas balik 2020. MbaKrib ga mau ketinggalan dong. 

Postingan ini juga sebagai pengingat, bahwa di masa-masa sulit pun tetap banyak hal baik yang terjadi pada kita. Hidup ga sesuram itu kok. Apa saja hal baik di 2020 ini yang terjadi pada MbaKrib? Ini rangkumannya.

1. Ikut Webinar Keren

Di awal-awal masa work from home, banyak orang yang merasa tidak produktif karena hilangnya rutinitas. Rasanya seharian habis hanya untuk rebahan dan hal-hal yang tidak bermanfaat. Padahal sih engga juga. Beberes rumah atau menyelesaikan beberapa target harian juga sudah termasuk produktif walaupun itu hanya hal kecil.

webinar keren
unsplash.com

Saat itu, bahkan hingga kini banyak selebgram dan figur publik yang mengadakan live IG hingga webinar. Dari yang bahasan ringan sampe sharing materi berat yang isinya "daging" semua. Kapan lagi kan kita bisa ikut sharing materi dari orang-orang keren yang kalau dalam keadaan normal, mungkin ga akan pernah kita temui karena jauhnya jarak yang memisahkan (cieee)

Bayangkan saja, seminar-seminar dengan pembicara keren itu seringnya diadakan di kota-kota besar sementara MbaKrib tinggal di Padang, Sumatera Barat. Kalau mau ikutan seminar selain biayanya besar, juga butuh waktu. Sementara saat pandemi banyak publik figur berlomba-lomba untuk saling berbagi secara gratis. Nikmat Tuhan manalagi yang Kau dustakan?

2. Lebih Produktif Menulis

Tahun ini tanpa direncanakan MbaKrib belajar banyak hal tentang menulis. Di awali dengan MbaKrib yang bergabung di komunitas Blogger Bengkel Diri di awal tahun. Lalu dilanjutkan dengan mengikuti pelatihan Satu Guru Satu Buku (SAGUSABU) di bulan Maret, MbaKrib mulai serius untuk terus menulis. 

Ilmu yang didapat saat SAGUSABU sedikit demi sedikit dipraktikkan saat menulis postingan blog agar bisa mnegikuti blogwalking setiap minggu. Dari komunitas Blogger Bengkel Diri lah MbaKrib mengetahui info tentang Blogspedia Coaching. Dan konsisten mengikuti kelas sampai sekarang.

produktif menulis blog
Photo by Glenn Carstens-Peters on Unsplash

Ga pernah menyangka, saat di awal tahun rata-rata cuma bisa menulis 200-300 kata per postingan. Sekarang sudah terbiasa menulis dengan rata-rata 800 kata. Ga mudah memang. Kalau ga "dipaksa" di kelas Blogspedia, mungkin kemampuan menulis Mbakrib masih gitu-gitu aja.

Saat sering mengisi blog jugalah MbaKrib sadar bahwa menulis bisa menjadi salah satu wadah melepaskan stres. Saat menulis, rasanya ada kesenangan dan kepuasan tersendiri. Di tahun ini berhasil menulis 45 postingan. di 2 blog 21 postingan di blog ini (dalam waktu 3 bulan) dan 24 lagi di blog wordpress MbaKrib

3. Punya Blog TLD

Sejak mulai serius menulis di blog, punya blog TLD adalah salah satu impian. Dan tak disangka, impian itu dapat dicapai tahun ini. Tepat tanggal 12 November, blog ini memiliki domain sendiri. Dari yang awalnya memiliki domain mbakrib.blogspot.com, sekarang resmi menjadi mbakrib.com. 

Selain punya domain dotcom sendiri, MbaKrib juga bisa ganti template dan otak atik codingannya. Masih dikit banget sih ilmunya, tapi seiring berjalannya waktu semoga kemampuan ngatur template nya makin meningkat. Ga menutup kemungkinan juga suatu hari nanti bisa buat template blog sendiri yang SEO friendly.

4. Ambil Bagian dalam Event Nasional

Ga pernah menyangka bahwa suatu hari MbaKrib akan bisa ambil bagian di salah satu event Nasional. Dulu mah, cuma bisa lihat acaranya dari tivi doang. Dan ternyata tahun ini diberi kesempatan menjadi relawan di MTQ Nasional 2020

Tahun ini Sumatera Barat menjadi tuan rumah MTQ Nasional. Walaupun berlangsung di tengah pandemi, acara ini bisa berlangsung dengan baik dan lancar. Protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. Bahkan banyak venue yang tidak menerima penonton, hanya bisa dimasukki oleh peserta dan tim ofiicial saja. Pengalaman ini menjadi salah satu pengalaman berkesan di tahun 202

5. Menemukan Penyebab Jerawat

Siapa disini yang berharap punya kulit glowing dan cantik? Pasti semua orang pengen kulitnya sehat dan mulus. Banyak yang berharap selama berkegiatan di rumah aja, bisa melakukan perawatan kulit dengan lebih baik termasuk MbaKrib. 

Tapi apa daya. Udah nyoba banyak rekomendasi skincare hingga mengganti pola makan dan rajin olahraga, jerawat masih jadi pengunjung setia di wajah ini. Kesel banget kan. Paling wajahnya mulus sebentar, lalu kemudian jerawatan lagi. Udah nyoba juga mikirin apa yang menjadi penyebab jerawat tapi masih ga nemu.

menemukan penyebab jerawat
Photo by karelys Ruiz on Unsplash

Hingga suatu hari tiba-tiba MbaKrib menemukan ilham tentang penyebab jerawat ini. Dan masalahnya adalah pola tidur. Waktu itu karena sibuk urusan sekolah, jadi sering begadang. Wajah yang awalnya udah mulai mulus, mulai berjerawat. Ketika semua kerjaan selesai dan tidur jam 10 eh, wajahnya mulus sendiri. Jerawat yang gede-gede itu hilang sendiri padahal ga diapa-apain.

Masih ga percaya, diulang lagi dong kebiasaan begadang. Mau tes nih, penyebabnya beneran begadang ato engga. Dan hasilnya jerawat muncul lagi. Lalu tidur diatu supaya cukup 8 jam sehari dan jerawat pelan-pelan ilang sendiri. Ulalaaa... ternyata MbaKrib ga boleh begadang. 

Bagi MbaKrib, 2020 ini sangat spesial. Di tahun ini kita semua berjuang untuk bertahan dan tetap waras dalam menyikapi segala hal yang terjadi dan tidak pernah direncanakan. Selain banyak kesulitan dan adaptasi, banyak hal baik di 2020 ini. Nah Tems, apa saja hal baik di 2020 yang kamu alami? Tulisa di kolom komentar ya 

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

1 komentar

  1. Semoga tahun depan lebih baik dari tahun sekarang, dan semua kehidupan kembali normal seperti tahun tahun sebelumnya.. selamat tahun baru 2021..

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email