CeritaMbaKrib

Utak Atik Tampilan Blog

2 komentar

Hai Tems. Hari pertama di 2021 ini MbaKrib utak atik tampilan blog biar lebih rapi dan menarik lagi. Supaya kamu semakin nyaman dan betah saat menjelajah blog ini. Selain artikel yang berkualitas, memilik tampilan blog yang nyaman di mata juga adalah sebuah keharusan. Kamu tau ga apa yang berubah dari tampilan blog ini?  

utak atik tampilan blog

Latar Belakang

Ide utak atik ini berawal dari ketidaksengajaan. Saat ini, Blogspedia mengadakan ODOP (One Day One Post) dari tanggal 28 Desember -2 Januari besok. Jadi, selama 6 hari berturut-turut hari kita harus posting sebuah artikel di blog. Biar lebih gampang dan ga mandeg selama nulis MbaKrib buat content plan dulu. 4 hari tugas ODOP berjalan lancar. Walaupun ada artikel yang tidak sesuai rencana tapi semuanya berhasil diselesaikan sebelum tenggat waktu habis.

Tapi, hal yang berbeda terjadi hari ini. MbaKrib ga tau mau nulis apa. Mentok aja. Lihat content plan pun ga membantu karena rencananya hari ini mau nulis tema tentang Resolusi 2021. Ga ada bahan. MbaKrib juga ga pernah bikin resolusi tiap awal tahun. Ini yang namanya nyari perkara. Udah tau ga pernah bikin resolusi, malah bikin content plan tentang resolusi. Hadeeeh...

Selagi bingung mikirin ide artikel, Mbakrib memperbaiki beberapa artikel yang belum sempurna. 2 artikel yaitu Rupa-rupa rapid test dan Mencari Penginapan yang Tepat belum ada gambar karena waktu itu ngejar selesaikan artikelnya dulu. Jadilah nyari-nyari gambar yang bagus untuk artikelnya.

Namanya utak atik desain pasti menyenangkan dan bikin lupa waktu ya. Pas liat tampilan blog jadi pengen dibenerin juga. Tambah lagi beberapa hari yang lalu dicolek Mba Marita supaya tampilan blognya diperbaiki.  Jadilah hari ini utak atik blog

Header Baru

Sejak ganti template menggunakan fiksioner, MbaKrib merasa kurang sreg dengan header blog yang udah ada. Rasanya terlalu kosong karena header menggunakan background putih dan ga banyak tulisan. Rasanya kurang heboh aja. Pengen ganti, tapi belum ada bayangan mau diganti seperti apa. 

Sampailah tadi utak atik desain header di aplikasi desain favorit sejuta umat yaitu canva. Setelah beberapa jam, akhirnya selesai juga desain yang baru. 

header blog yang baru

Desain header baru menggunakan warna latar dusty purple yang kalem, mirip dengan karakter tulisan blog yang juga kalem. Headernya juga lumayan simpel. Ada nama blog, title blog serta gambar perempuan berambut keriting yang menjadi identitas MbaKrib. 

Pada perubahan ini MbaKrib ganti title blog yang awalnya Cerita MbaKrib diubah menjadi Ruang Bercerita dan Berbagi. Title ini disesuaikan dengan tujuan awal pembuatan blog yaitu sebagai sarana berbagi dengan orang lain

Perubahan Tampilan Menu

Warna latar menu juga diubah menjadi dusty purple menyesuaikan dengan warna header. Biar matching. Sewaktu blogwalking, banyak banget tampilan blog teman-teman lain yang cantik dan rapi. Kan jadi pengen juga. Akhirnya memberanikan diri untuk utak atik sendiri.

tampilan menu baru

Font pada menu juga diubah. Jika sebelumnya menggunakan font default, sekarang MbaKrib memilih menggunakan font Roboto. Font ini hurufnya jelas dan gampang dibaca serta ramah di mata. Warna pada menu juga diubah menjadi putih agar mudah dibaca.

Image pada menu yang menuju ke halam utama pun mengalami perubahan. Jika sebelumnya image sama dengan header, maka kali ini MbaKrib buat image yang berbeda. Masih menggunakan warna purple, image pada menu hanya berisi tulisan Cerita MbaKrib. Tujuannya agar lebih user friendly. pembaca bisa mengerti jika image tersebut adalah link menuju ke tampilan halaman utama.

Utak atik desain blog ini bikin nagih. Serius loh. Kalau ga inget harus nulis artikel baru lagi, mungkin sekarang MbaKrib masih utak atik desain. Masih ada beberapa tampilan lagi yang ingin diperbaiki. Tapi untuk sekarang cukup sampai di sini dulu. MbaKrib harus ngejar setoran artikel nih.

Tems, bagaimana pendapatmu tentang tampilan blog yang baru ini. Kamu suka ga? Nyaman ga dilihat? Kasih masukan dong supaya tampilan blognya bisa lebih baik lagi. MbaKrib tunggu komentarnya :)

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

2 komentar

  1. Ah, saya belum berhasil ganti template pake fiksioner. Nanti mau dicoba di blog saya yang lain. Kali aja berhasil, biar bisa samaan dengan blog Cerita MbaKrib.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo dicoba mba. Ga susah lo ganti template

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email