Mencari Penginapan yang Tepat Agar Liburanmu Happy Maksimal

2 komentar
Konten [Tampil]

Kalo liburan, mencari penginapan yang tepat pasti jadi salah satu pertimbangan. Mau nginap dimana? Penginapan biasa atau hotel bintang lima? Fasilitasnya lengkap atau cukup yang nyaman untuk tidur saja? 

Masalah penginapan ini cukup tricky ya. Ga mungkin dong planning liburan udah oke tapi lupa ngurus penginapan. Mau tidur dimana kan. Dan kebanyakan orang pasti pengennya penginapan yang bagus tapi harganya murah. Bener kan? Ayo ngaku..

Mencari Penginapan yang Tepat
Photo by Edvin Johansson on Unsplash

Berhubung beberapa waktu lalu juga berburu penginapan, MbaKrib bakal sharing beberapa pertimbangan dalam memilih penginapan. Supaya liburan kamu bisa happy terus.

1. Tentukan Kebutuhan

Hal paling dasar dan paling penting yang harus kamu ingat adalah setiap orang punya kebutuhan dan preferensi yang berbeda. Jadi kamu harus tau dulu butuh penginapan yang seperti apa. Jangan sekedar ikut-ikutan atau hanya karena ingin saja. Ini nanti akan membuat kamu ribet dan susah sendiri saat liburan

Ada yang butuh penginapan nyaman dengan fasilitas lengkap seperti kolam renang, wahana bermain anak, restoran yang oke karena niatnya memang untuk staycation. Ada juga yang butuh penginapan secukupnya, asal tempatnya bersih dan nyaman. Karena penginapan memang hanya sebagai tempat untuk tidur saja. 

Kamu harus sesuaikan tipe penginapan yang kamu butuhkan berdasarkan gaya liburan kamu. Jika inginnya staycation, maka pilih penginapan yang lengkap. Jika kamu akan berkeliling kota seharian, maka penginapan yang bisa membuatmu istirahat dengan nyaman adalah hal yang utama.

Selain tipe penginapan, lokasi penginapan harus jadi salah satu pertimbangan. Lokasinya deket ga dari tengah kota atau tempat wisata yang kamu tuju. Aksesnya gampang ga. Jangan sampai kamu ingin jalan-jalan keliling kota, tapi penginapanmu malah ada di pinggir kota. Ga ada akses angkutan umum pula. Ini akan membuat kamu mengeluarkan biaya yang besar untuk transportasi.

Tipe penginapan yang dipilih akan sangat mempengaruhi budget liburanmu. Jadi kamu harus cermat dalam menentukan kebutuhan ya. 

2. Sesuaikan Budget

Kalau liburan, kita pasti udah nyiapin budget jauh-jauh hari ya. Lengkap dengan itung-itungan biaya tiket, akomodasi, jajan dan belanja selama liburan. Kecuali kamu Nia Ramadhani atau Raffi Ahmad ya. Mungkin kalo pengen liburan tinggal cuss beli tiket dan packing, ga perlu repot nyiapin budgetnya. Hihihi...

menghitung budget liburan
Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Setelah tahu kamu butuhnya penginapan yang seperti apa, kamu bisa mulai bergerilya mencari penginapannya. Bisa lewat jalur rekomendasi teman atau saudara yang pernah menginap disana, atau berkeliling di situs Online Travel Agent (OTA). Saat ini banyak sekali OTA yang menyediakan fasilitas untuk mencari penginapan. 

Instagram dan TikTok juga bisa jadi pilihan untuk mencari rekomendasi penginapan loh. Tinggal ketik kata kunci di kolom pencarian lalu penginapan dengan berbagai macam rupa dan harga bisa kamu lihat. 

Setelah menemukan penginapan yang pas, sesuaikan harga yang ditawarkan dengan budget yang dimiliki. Hati-hati jangan sampai over budget ya. Jangan sampai karena penginapannya bagus, di ulas selebgram dan lagi hype kamu langsung kalap booking tanpa mempertimbangkan budget yang ada. Ingat, liburan itu agar kita happy. Jangan sampai balik liburan malah nangis karena duit abis atau tagihan membengkak yang bikin meringis.

3. Perhatikan Ulasan Pengunjung

Jika kamu mencari penginapan melalui situs di internet, maka bagian ulasan atau komentar adalah bagian yang haru, wajib, kudu kamu baca. Jangan sampai abai dengan bagian ini. Ulasan dari pengunjung akan memberikan kamu gambaran layanan seperti paa yang akan kamu terima saat menginap disana.

Ketika kemren MbaKrib milih penginapan, ulasan ini adalah salah satu pertimbangan penting sebelum menekan tombol booking. Ada yang harganya murah, tapi ternyata tidak bersih. Ada yang fasilitasnya oke, tapi ga di tengah kota. Berbagai macam deh, ulasan pengunjung.

Jangan sampai tergiur harga murah, lalu kamu abai membaca ulasan. Kamu perlu ingat bahwa dalam memilih penginapan, fasilitas yang akan kamu dapatkan akan setara dengan harga yang harus dibayar. Kalau ada penginapan kelewat murah, baca dulu deh ulasannya. Begitu juga dengan penginapan mahal. Apakah biaya yang kamu keluarkan setara dengan fasilitas yang akan didapatkan?

4. Manfaatkan Promo

Salah satu kiat agar liburanmu hemat adalah manfaatkan promo yang ada. Biasanya, saat musim liburan ada banyak promo yang bisa dipilih. Promo dari OTA, promo dari penginapannya atau promo dari Bank. Bahkan ada juga OTA yang mengadakan flash sale di jam-jam tertentu. Untuk itu, kamu harus update dengan informasi terbaru dari OTA. Kalau perlu, follow akun sosial medianya.

Membaca bagian promo ini jangan sampai kelupaan ya. Kan nyesek ketika selesai bayar, eeh ternyata ada kode promo untuk penginapannya. Sakit tak berdarah namanya. 

MbaKrib Mencari Penginapan

Saat mencari penginapan kemaren, MbaKrib dan temen sudah bergerilya ke semua situs OTA dan aplikasi booking penginapan. Tapi belum ada yang cocok. Adaa aja kurangnya. Setelah beberapa kali mencari, akhirnya temen MbaKrib coba buka situs AirBnB. Ini salah satu situs untuk mencari penginapan juga.

Pas dilihat-lihat, kok banyak yang menarik ya. Ada yang bisa sewa satu rumah, ada yang penginapan disertai dapur. Pokoknya macem-macem lah. Di situs ini, kamu akan menemukan penginapan yang disediakan oleh orang lain. Bukan hotel ya. Karena itu, fasilitasnya bisa macem-macem dan berbeda-beda.

Akhirnya ketemulah salah satu penginapan yang bikin jatuh hati. Penginapannya berlokasi di Tera Residence Apartemen, Bandung. Ini letaknya dekat banget dengan Jalan Merdeka dan juga dekat ke Jalan Braga serta Taman Balaikota Bandung.

view dari penginapan

Di apartemen ini fasilitasnya lengkap. Ada mesin cuci, dapur, peralatan masak dan makan lumayan lengkap, microwave setrika serta hair dryer. Lengkap deh pokoknya. Serasa di rumah sendiri. Hehehe... Kan lumayan banget penginapan ada dapurnya. Bisalah untuk masak mie instan atau bikin nasi goreng.

Yang paling suka itu karena ada setrika dan mesin cuci. Jadi ga perlu bawa baju banyak-banyak. Baju yang kotor bisa langsung dicuci dan setrika. Gampang kan. Hemat pula ga perlu bayar laundry.  

Pemandangan dari apartemennya juga bagus. Plus ditambah deket dengan rel kereta api. Jadi kamu bisa sering mendengan suara kereta api lewat. Jadi berasa kayak di kartun-kartun Jepang deh tiap denger suara kereta apinya. 

penginapan di sebelah rel kereta

AirBnB ini cocok banget untuk kamu yang ingin menginap lama dan perginya rame-rame. Tapi, kalau pergi sendiri atau berdua tetap oke kok. Pilih aja penginapan yang sesuai dengan yang kamu mau. 

Mencari penginapan yang tepat memang gampang-gampang susah. Intinya kamu harus mau ubek-ubek internet dan jeli dalam membaca semua informasi atau ulasan. Sampai di sini, udah tau dong kamu mau cari penginapan yang seperti apa? Ceritain dong penginapan yang tepat menurut kamu gimana sih?

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

2 komentar

  1. liburan pakai promo ajib banget deh,
    tambah bahagia hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dapa promo itu memang membahagiakan ya mba

      Hapus

Posting Komentar