CeritaMbaKrib

Belajar NgeBlog untuk Newbie di Blogspedia Coaching

10 komentar

Hai Tems, kali ini MbaKrib mau cerita tentang kelas belajar ngeblog untuk newbie. Nama kelasnya Blogspedia Coaching. Bagi kamu yang masih awam banget tentang dunia blog, bisa banget belajar disini. Dijamin ga bakal nyesel deh. 

Apa Itu Blogspedia Coaching

Belajar Ngeblog untuk newbie
Awal mengenal Blogspedia adalah saat salah satu teman di komunitas Blogger Bengkel Diri membagikan pengumuman pendaftaran kelas blogging. MbaKrib kepo dong kelasnya tentang apa. Langsung deh liat informasi kelasnya di web Blogspedia. Ternyata materinya padat banget. Banyak materi yang bikin tertarik ikut kelas ini antara lain membuat artikel yang SEO freindly, costum domain blog serta ganti template blog. Udah dari lama MbaKrib pengen punya blog dengan domain dotcom, tapi ga tau caranya gimana.

Setelah baca silabus kelas, jadi pengen ikutan dong. Tapi masih ragu takut ga sanggup ikut kelasnya sampe akhir. Waktu itu kelas diadakan mulai dari bulan Oktober 2020 hingga Januari 2021, dimana untuk seorang guru bulan-bulan itu adalah bulan paling sibuk di semester ganjil. Sempat menimbang-nimbang selama 2 hari MbaKrib memantapkan diri untuk ikut belajar di kelas Blogspedia Coaching

Pas mengisi form pendaftaran, masih ada keraguan. Mba Marita Ningtyas selaku coach tunggal kelas ini telah menyampaikan syarat mengikuti kelas dengan panjang lebar dan detail. Dari mulai harus siap begadang hingga beli domain untuk blog. 

Tapi MbaKrib ga mau galau terlalu lama. Kesempatan meas ini terlalu sayang untuk dilewatkan. Kapan lagi ada kelas yang mau ngajarin seorang blogger newbie dari pengetahuan dasar hingga penulisan artikel SEO. Belum lagi kelas hanya dibuka untuk 20 orang. 

Setelah menunggu beberapa hari, Alhamdulillah MbaKrib menjadi salah satu yang beruntung untuk mengikuti Blogspedia Coaching ini bersama 49 peserta lainnya. Coach Marita baik hati banget menambah jumlah peserta yang awalnya 20 menjadi 50 orang. 

Saat pengumuman ini MbaKrib bertekad harus bisa menyelesaikan pelatihan sampai akhir. Ga boleh menyerah di tengah jalan.

Lika Liku Coaching

Tems, pernah ga sih ikut kelas yang pesertanya di DO saat pertemuan pertama? Di Blogspedia ini benar-benar terjadi. Ada 2 orang yang di DO karena hingga pertemuan pertama masih belum bergabung di Classroom kelas.  Serem ga tuh. Alhasil kami peserta yang lain langsung deg-degan dan keringat dingin. Takut ketendang dari kelas.

Blogspedia Coaching menggunakan platform WhatsApp Group dan Google Classroom selama pembelajaran. Grup untuk penjelasan materi dan tanya jawab sementara Classroom digunakan untuk sharing materi serta pengerjaan tugas. Kamu ga pernah make Classroom? Tenaaang, ntar diajarin kok cara pakenya.

Belajar via WhatsApp

Ada satu karakter penting yang harus dimiliki semua peserta pelatihan yaitu Tidak Boleh Mengeluh. Mengeluh adalah hal terlarang di kelas ini. Dari awal Coach sudah menekankan tentang larangan ini. Kalau ga bisa tanya. Kalau belum ngerti juga tanya. Coach Marita serta teman sekelas dengan senang hati akan membantu.

Tapi jangan dikit-dikit nanya juga. Sebelum bertanya, pastikan kamu sudah baca materi dan udah simak pembahasan dan tanya jawab di grup. Kan ga seru kalau forum kelas isinya pertanyaan yang berulang-ulang.

Selama mengikuti kelas, rasanya benar-benar digembleng untuk menjadi blogger yang berkualitas. Materi yang disajikan pun ga main-main. Temen-temen kelas yang pernah ikut kelas blogging bilang kalau kelas Coaching ini materinya mahal. Kalau berbayar harga kelasnya bakalan mahal banget. 

Beruntung banget kan bisa ikutan kelas ini. Makanya MbaKrib bener-bener serius belajarnya. Ga mau menyia-nyiakan kesempatan mahal kayak gini.

Tendangan Marimar

Setiap kali materi dibagikan akan dibarengi dengan tugas. Rata-rata tugasnya adalah menulis artikel. Namanya juga blogger ya, jadi harus bisa menulis artikel dengan berbagai macam format. Coach Marita ingin kami bisa menulis konten-konten yang berkualitas serta teliti saat membaca instruksi penugasan.

Saat review tugas, ada satu hal yang paling kami takuti dan hindari yaitu Tendangan Marimar. Tendangan ini akan meng-kick siapapun yang tidak disiplin dan tidak teliti dalam mengerjakan tugas. Sekali kamu terkena tendangan, kamu ga bisa lagi join kelasnya alias Dikeluarkan. Serem kaan.

Di beberapa tugas awal, ada yang dikeluarkan karena terlambat mengirimkan tugas. Ada juga yang di-kick karena artikel yang ditulis tidak sesuai dengan ketentuan. Coach Marita ga ada ampun untuk 2 hal ini.

Teliti sebelum ngumpul tugas

Makanya, setiap kali mau submit tugas, MbaKrib selalu cek berulang-ulang. Udah sesuai ketentuan atau engga. Semua syarat artikel SEO udah lengkap atau belum. Ga jarang juga menekan tombol submit dengan tangan yang gemeteran sembari berdoa agar tugas yang dikerjakan benar dan bisa diterima.

Sejak awal-awal tugas kami sudah "dipaksa" untuk nulis artikel dengan panjang minimal 800 kata. MbaKrib yang biasanya nulis 200-400 kata jadi panik dong. Gimana caranya bisa nulis 800 kata. 

Di awal-awal kelas dulu ga jarang juga hampir nangis ngerjain tugasnya. 

Bolak balik itung jumlah kata masih jauh dari 800. Sementara deadline pengumpulan tugas tinggal beberapa jam lagi. Udah bingung ga tau mau nulis apa lagi. Belum lagi nyari gambar dan ilustrasi yang sesuai. Udah hampir-hampir nangis deh ngerjain tugas di awal-awal. Akhirnya semua tugas berhasil dikerjakan setelah "memeras otak" lebih kenceng.

Berkat "paksaan" itulah sekarang nulis panjang bukan hal yang sulit lagi. Setelah ditempa selama 3 bulan, kami sudah terbiasa menulis artikel panjang. Bahkan untuk parameter SEO pun sudah otomatis dilengkapi saat menulis. Betul kata pepatah Minang "Lancar kaji dek diulang. Pasa jalan dek ditampuah"

Teman Sekelas yang Luar Biasa

MbaKrib ga pernah menyangka akan memiliki teman sekelas dari dari berbagai kalangan.  Di kelas ini mayoritas adalah perempuan dengan jumlah 47 orang. Sementara bapak-bapaknya ada 3 orang. Latar belakangnya beragam. Ada ibu-ibu yang punya anak balita, ibu-ibu yang anaknya sudah remaja, anak kuliahan, guru, programmer, istrinya programmer serta content writer. Gado-gado banget deh isi kelasnya.

teman kelas yang kompak

Yang paling menyenangkan dari kelas ini adalah semua pesertanya punya motivasi yang kuat untuk bisa mengikuti pelatihan sampai akhir. Terkadang tugas baru dibagikan eeh 3 jam kemudian udah ada yang selesai tugasnya. Yang lainnya juga ga mau kalah dong.

MbaKrib seringkali takjub dengan ibu-ibu yang punya bayi atau balita. Dengan segudang aktivitas dan kesibukannya masih bisa mengerjakan tugas tepat waktu dan sangat baik. MbaKrib malu dong kalau sampai telat ngerjain tugas. Masa masih single kalah dengan ibu-ibu yang tanggung jawabnya segudang. 

Jika ada kesulitan, seluruh warga kelas akan senang hati membantu. Ga usah malu bertanya deh. Ntar nyasar. Jangan juga minder jika kamu masih awam banget tentang dunia blog. Disini tempatnya kita sama-sama belajar. Ga bakal ada yang julid kok.

Bergabung jadi salah satu peserta Blogspedia Coaching adalah salah satu hal terbaik yang MbaKrib syukuri di tahun 2020 ini. Ga nyangka aja di awal tahun meniatkan untuk serius nulis di blog. Akhir tahun udah gabung dengan salah satu coaching paling keren di dunia blog.

Itulah cerita MbaKrib saat ikut kelas belajar ngeblog untuk newbie di Blogspedia Coaching. Kabar-kabarnya, bakal ada kelas Coaching Batch 2 nih Tems. Rajin-rajin aja cek infonya di web Blogspedia biar ga ketinggalan.


Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

10 komentar

  1. Aku pikir bapak-bapaknya cuma Pak Yonal sama Pak Martin wkk
    Aku juga sempat pengen nyerah, 800 kata kadang susah kalau lagi mentok. Belum cari gambarnya duuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. Iya mba. Ada 1 lagi pak bapaknya. Tapi udah dieliminiasi..

      Hapus
  2. Wah keren ya bisa ikut kelas nya Mba Marita, teman-teman di group juga ada yang cerita perihal di Kick gegara ga submit tuga wkwk... Disiplin banget.. Btw kok aku ga tau sih kalau dulu ada info tentang blogspedia di Bengkel diri, hmm dasar aku emak-emak banyakan skip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Kalo ga salah mba Iva yg share waktu itu. Ntar kalo kelas batch 2 dibuka, infonya aku share di grup ya mba..

      Hapus
  3. Hikz aku masih awam banget didunia blog ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gapapa mba. Kita belajar sama-sama. Aku juga masih baru banget ngeblognya

      Hapus
  4. Makin mantap nih ilmu bloggingnya. Kapan-kapan Febrina ngisi ya. Sharing untuk teman2 Kbbd. Semangat!

    BalasHapus
  5. waw menarik nih, mudah2an berjodoh dengan kelasnya, karena lagi cari2 pelatihan ngeblog juga sih yg dicoaching bener2, hehe, thx infonya mbakrib

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemaren baru aja tutup untuk batch 2 mba. Semoga ntar ada batch 3. Follow aja ig blogspedia mba, biar ga ketinggalan info kelasnya :)

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email