CeritaMbaKrib

Yuk Pasang Google Analytics di Blogmu

9 komentar
pasang google analytics di blogmu

Hai Tems. Setelah selesai utak atik blog, sekarang kita akan lanjut pasang Google Analytics di blog. Google Analytics ini adalah salah satu tools yang perlu dipasang di blog. Tools ini berguna untuk menampilkan statistik pengunjung blog. 

Kamu pasti udah tau dong kalo pageview berpengaruh besar terhadap ketenaran blog. Nah, Google Analytics ini berguna untuk mengetahui siapa saja pengunjung blogmu. Dari negara mana asalnya, jenis kelamin, cara yang dilalui pengunjung untuk sampai ke blog kita dan sebagainya. Data ini bisa kamu gunakan untuk mengoptimalkan blog agar sesuai dengan kebutuhan pengunjung.

Memasang Google Analytics

Sekarang kita akan lanjut ke bagian cara pemasangan Google Analytics. Kalau kamu mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, Google Analytics akan terpasang di blogmu. Yuk coba.

1. Buka alamat web Google Analytics.

Alamatnya adalah https://analytics.google.com/. Ketika web sudah terbuka klik tombol Start Measuring  atau Mulai Mengukur. Setelah itu, kamu harus login mneggunakan akun Google mu. Sebaiknya gunakan akun google yang sama dengan yang digunakan untuk blog. Biar kamu ga ribet dan ga lupa.

2. Buat Akun Google Analytics

Di tahap ini kamu akan diminta membuat akun Google Analytics. Nama akunnya bebas, sesuka kamu aja. Di sini MbaKrib menggunakan mbakrib sebagai nama akun. Centang saja opsi tentang data sharing google. Lalu klik Next

buat akun google analytics

3. Mengisi Data Tentang Blog

Di bagian ini kamu perlu mengisi beberapa data tentang blog seperti nama property, zona waktu serta mata uang negara. 

mengatur property setup

Setelah itu, dilanjutkan mengisi data tentang bisnis blog. Ada berbagai macam pilihan bisnis yang bisa disesuaikan dengan niche blogmu. MbaKrib memilih opsi Other karena blog ini isi postingannya macem-macem. 

Pada bagian How do you intend..... centang saja semua pilihan yang ada. Lalu klik tombol Create.

memilih jenis bisnis








4. Service of Agreement

Selesai mengisi data-data yang diperlukan tadi, akan muncul tampilan Agreement dari Google Analytics yang menjelaskan ketentuan penggunaan layanan serta pemrosesan data yang digunakan oleh Google. Ada 2 jenis Agreement yang akan muncul yaitu Google Analytics Term of Service Agreement dan Google Measurement Controller Data Protection Terms. Centang dan klik pada bagian I Accept.

Settingan Google Analytics nya selesai. Kamu akan melihat tampilan seperti berikut

Tampilan Google Analytics

Kita lanjutkan dengan proses mengatur data stream. Proses ini berguna agar Google bisa mnegumpulkan data pengunjung ke blog mu. Klik Setup Assisstant yang terletak di sebelah kiri lalu klik Web (seperti tampilan di atas). Lalu isi alamat blogmu dan stream name (seperti tampilan berikut). Lalu klik Create Stream

Setup data Stream

Tapi, prosesnya belum selesai nih Tems. Kita harus menghubungkan antara blog dengan Google Analytics nya memasang Tracking ID pada blog.

5. Konfigurasi Google Analytics pada Blog

Hal pertama yang harus diketahui sebelum konfigurasi Google Analytics pada blog adalah Source code yang akan ditambahkan pada blog kita. Tenaaang, jangan panik. Ga susah kok. Cukup copy paste saja kodenya pada bagian HTML blog. 

Kode ini bisa kamu lihat di Google Analytics pada bagian Data Stream  yang terletak di bagian kiri. Lalu klik alamat blogmu.

data stream

Akan muncul tampilan berikut. Lalu klik Global Site Tag (gtag.js) untuk mendapatkan source codenya.

measurement ID

Tampilan source code-nya seperti ini ya Tems. Untuk copy code-nya klik aja tombol copy seperti yang terlihat d kotak oranye. Sekali klik, semua script code nya langsung disalin.

source code google analytics

Setelah selesai menyalin kodenya, buka settingan Edit HTML pada blog. Lalu paste kodenya tepat dibawah tag <head>. Jangan sampai salah paste ya Tems.

Done. Yeay... Google Analyticsmu sudah terpasang. Selamat ya. Untuk memastikan sudah terpasang dengan benar, buka tab Google Analytics dan tab blogmu (bukan dashboard ya) di browser. Jika sudah benar, maka akan terlihat ada 1 orang pengunjung blog di Google Analytics mu.

Gimana? Ga susah kan pasang Google Analytics di blogmu. 

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

9 komentar

  1. Sudah mba, tapi kadang masih bingung sama fitur yang ada di GA hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mba. Aku juga masih ga terlalu ngerti gimana makenya. Hehehe...

      Hapus
  2. Aku belum pasang sih GA nya tapi lebih sering lihat Statistik yang dari dashboard aja wkwk
    Nanti ku pertimbangan buat pasang GA juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga sama mba. Walaupun udah pasang GA tapi masih jarang aku liat. Seringnya liat statistik di dashboard aja

      Hapus
  3. Luar biasa ada tutorial ya...nanti coba dipraktikkan..heheheh...walau Nulis nya Masih jarang2 tapi dengan ikut BW..Semoga semangat teman2 jadi nular

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku sekalian buat catatan pribadi mba. Mana tau besok-besok masang GA lagi, jadi udah ada contekannya.
      Ayo kita sama-sama semangat nulis mba

      Hapus
  4. Keren euy, InshaAllah pengen coba, yang penting aku konsisten nulis dl dan bagusin tulisan. pengen deh bisa buat ginian.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mba. Karena konten yang bagus adalah kunci blog yang bagus

      Hapus
  5. Alhamdulilah sudah. Ini tuntutan juga bagi blogger. Nice sharing. Tetap semangat

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email