CeritaMbaKrib

13 Hal Sederhana yang Bisa Kita Syukuri

15 komentar
Hal sederhana yang bisa kita syukuri

Hai Tems, bagaimana harimu? Saat menjalani hari, sudah berapa kali kita bersyukur? Seringnya kita merasa bahwa bersyukur itu dilakukan saat mendapatkan berita baik atau hal baik seperti dapat hadiah, naik jabatan, jadi juara kelas dan sebagainya. Padahal, banyak banget hal-hal sederhana yang bisa kita syukuri. Sayangnya, kita sering abai terhadap hal ini. 

Kali ini MbaKrib ingin ngajak kamu melihat kembali banyak hal-hal sederhana yang bisa kita syukuri.

1. Bangun dengan perasaan segar 

Saat membuka mata ketika bangun pagi dan kamu merasa segar berarti tubuhmu telah mendapatkan istirahat yang cukup dan siap untuk menjalani hari. Bangun pagi dengan segar membuat kita merasa senang dan bahagia. Semua hal rasanya akan berjalan dengan baik. Merasa segar saat bangun tidur adalah nikmat yang sering kita lupakan, padahal tidak selalu dapat dinikmati. Kamu pasti pernah bangun tidur tapi masih merasa capek dan lelah. Nah, mulai sekarang jangan lupa bersyukur tiap kali kamu bangun dengan segar.

2. Menikmati pagi dengan tenang, tidak terburu-buru

Berapa banyak dari kita yang bisa menikmati pagi dengan tenang? Kegiatan pagi hari identik dengan buru-buru. Buru-buru mandi, buru-buru beberes, buru-buru sarapan dan buru-buru pergi kerja atau sekolah. Pokoknya semua harus serba cepat. Ga ada waktu leha-leha di pagi hari, apalagi jika bangun telat.

Makanya bisa menikmati pagi hari dengan tenang adalah suatu kemewahan. Jika kamu bangun pagi dan kemudian bisa menikmati wanginya kopi, mencecap nikmatnya teh hangat dan menikmati sarapan dengan tenang, maka kamu adalah orang yang beruntung. Jangan lupa bersyukur ya.

3. Bisa merasakan hangatnya matahari

Biasanya, kita jarang bisa menikmati matahari pagi. Kita sudah sibuk belajar di kelas atau bekerja di kantor hingga tak sempat merasakan hangatnya mentari pagi. Bagi MbaKrib, merasakan hangatnya sinar matahari pagi adalah suatu hal yang harus disyukuri.

Rasanya seluruh sel-sel dalam tubuh bersorak gembira saat berjemur pagi. Merasakan sinar matahari pagi juga bisa meperbaiki mood kamu loh. Cobain deh.

4. Melihat langit biru

Beberapa tahun yang lalu, sebuah daerah di provinsi Riau mengalami kebakaran hutan selama beberapa hari. Kabut asapnya tebal banget dan sampai menutupi langit kota Padang. Saat itu, jarak pandang pun terbatas. Sampe lupa gimana indahnya langit biru. Dan sekarang, setiap kali menatap ke langit dan melihat langit biru rasa syukur hadir memenuhi hati. Bahagiaa banget. Ternyata, dapat melihat birunya langit adalah hal mewah. Belum tentu kita bisa melihat langit biru setiap saat. Bahkan terkadang, langit pun berwarna kelabu.

5. Tidak Terjebak Macet

terjebak macet

Terjebak macet adalah salah satu hal yang paling ga disukai. Ga ada satu orang pun yang suka terjebak macet. Apalagi jika sedang buru-buru. Kamu juga gitu kan. Jadi jika kamu bisa berangkat kerja atau pergi ke sekolah tanpa kena macet, bersyukurlah. 

6. Menyelesaikan To Do List

Saat mengawali hari, kita pasti udah membuat daftar hal-hal yang harus dilakukan di hari itu. Biasanya, ada yang membuat to do list atau cukup mengingat di dalam kepala.Kalau kamu punya banyak to do list yang harus dilakukan, menyelesaikan setiap to do list akan membuat kamu bahagia. Perasaan saat mencoret to do list itu ga bisa digambarkan deh. Rasanya bangga aja dengan diri sendiri bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik. To do list nya ga usah muluk-muluk atau harus hebat. Bisa saja to do list mu adalah minum air sesuai 2 liter sehari atau membersihkan lemari setelah sekian lama. 

7. Makan dengan Puas

Bagi MbaKrib, makan itu bukan sekedar kenyang. Tapi ada juga efek psikologis yang menyertai saat kita makan. Ketika makan dan kita bisa menikmati setiap suapan, rasanya puas banget. Kepuasan ini yang menjadikan kita kenyang lebih lama. Kita kan ga selalu dapat makanan enak yang bisa memuaskan kita. 

8. Dikelilingi oleh Orang yang Menyayangi Kita

Kalau poin ini pasti semua orang setuju. Dikelilingi dengan orang-orang yang peduli dan menyayangi kita adalah suatu hal yang harus disyukuri. Namun kadang, kita merasa hal ini bukan sesuatu yang spesial dan cenderung mengabaikannya. Makanya ada istilah don't take for granted orang-orang yang menyayangi kita. Jangan karena mereka selalu ada, kita jadi ga menghargai keberadaan mereka

9. Seseorang yang Tersenyum Padamu

Suatu hari, MbaKrib pernah ngerasa capek banget. Hari itu banyak kerjaan, tapi ga ada satu pun yang berjalan dengan lancar. Capek plus lapar, Mbakrib milih jajan siomay. Dan tau ga, ketika pengen beli siomay, bapak yang jualannya senyum gitu karena ada yang beli dagangannya. Dan senyumnya tulus banget. Gegara senyum bapak siomay, rasanya semua rasa capek hilang. Mood pun jadi lebih baik. Jadi, jangan abaikan orang yang senyum ke kamu ya. Kamu juga bisa tersenyum pada orang lain. Percayalah, kamu pasti jadi happy,

10. Merasa Aman Saat Keluar Rumah

Jika kamu bisa pergi kemanapun tanpa rasa khawatir dan takut, itu adalah hal yang harus disyukuri. Banyak orang yang merasa ga aman saat keluar rumah. Bisa jadi karena memang lingkungan sekitarnya yang tidak aman,  ada rasa trauma saat keluar rumah dan sebagainya. Terlebih lagi saat pandemi ini. Banyak orang yang merasa khawatir saat keluar rumah karena takut tertular virus COVID. 

11. Me Time dengan Tenang

me time menjaga kewarasan


Me time adalah salah satu hal yang penting untuk menjaga kewarasan. Setelah lelah melakukan banyak hal, menikmati waktu rehat sejenak dengan diri sendiri itu adalah hal yang patut disyukuri. Kamu bisa melakukan hal yang disukai seperti nonton drama, main games, baca buku kesukaan atau minum secangkir teh hangat tanpa ada gangguan. 

12. Pencernaan Lancar

Ada orang yang setiap hari bisa pup dengan teratur. Tapi ada juga nih yang mengalami sembelit dan susah banget bisa buang air dengan lancar. Makanya, bisa buang air dengan lancar adalah hal sederhana yang harus disyukuri. Artinya semua sistem pencernaan kita berfungsi dengan baik. Sampah-sampah hasil pencernaan yang dibuang dengan lancar akan membuat tubuh sehat. Coba aja 3 hari kamu ga bisa buang air besar, pasti rasanya tersiksa banget. 

Jadi, kalau pengen pup atau pee jangan ditahan-tahan ya. 

13. Tidur dengan Nyenyak

Pernahkah kamu mengalami insomnia? Rasanya ga enak banget ya. Tubuh kita lelah dan butuh tidur, tapi mata tetap aja ga ngantuk. Udah ganti posisi tidur, hadap kiri, hadap kanan tapi mata masih aja melek. Padahal udah hampir subuh. Kalau pernah insomnia, kamu pasti merasa bersyukur setiap kali bisa tidur dengan baik. Bisa tidur nyenyak dengan hati yang tenang dan perasaan yang nyaman itu sebuah hal yang patut disyukuri.

Kalo dihitung-hitung banyak banget hal yang bisa kita syukuri dalam hidup ini. Mulai dari hal sederhana hingga yang besar. Banyak bersyukur membuat kita lebih tenang dan bahagia. Jadi, jangan lupa bersyukur ya Tems.

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

15 komentar

  1. Masya Allah, kalau dipikir-pikir semua list itu rasanya saya rasakan setiap hari. Terima kasih Mbakkrib for reminding, mengingatkan kita untuk selalu bersyukur akan hal-hal yang sepertinya receh, namun sangat harus disyukuri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pak. Banyak hal-hal luar biasa yang sepertinya "kecil" karena sudah biasa kita alami tiap harinya.

      Hapus
  2. Kadang lupa bersyukur tentang hal sederhana ya mba, apalagi masalah pencernaan kayaknya kalau nggak lancar hari-hariku terganggu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga gini mba. Kalo pencernaan ga lancar bawaannya jadi ga nyaman

      Hapus
  3. Wah banyak hal-hal yang bisa disyukuri di sekitar kita. Tidur nyenyak adalah rezeki yang kadang belum tentu didapat.
    Aku paling suka ada makanan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tiap ada makanan bawaannya selalu happy ya mba 😀

      Hapus
  4. Rasanya bahagia banget ya kalau bisa menikmati itu semua. Makin tua, beberapa nikmat yang berkurang adalah tidur nyenyak, makan lahap. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidur nyenyak dan makan lahap. 2 nikmat yang sering kita rasakan namun sering lupa disyukuri

      Hapus
  5. Saat ini, nomer 5 yg berasa bangetb🤭
    Biasanya pagi bertemankan hiruk pikuk keramaian lalu lintas, kali ini masih dirumah dan dirumah sampe sore😃
    Ngantornya kadang2 aja, itu juga milih pas jam2 jalanan sepi.
    Jazakillah Mba Feb dah sharing...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelamaan wfh jadi kangen kemacetan pas ngantor ya mba..

      Hapus
  6. Ternyata kalau kita mau melihat lebih mindful dalam hidup kita, ada banyak hal sederhana yang bisa kita syukuri dalam hidup ya mbak. Nggak butuh hal-hal besar untuk selalu merasa cukup :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyaaak banget nikmat Allah yang kita rasakan tiap hari mba. Tapi kita aja yg terkadang suka lupa bersyukur 😢

      Hapus
  7. Yang paling kusyukuri justru itu nomor terakhir yaa... Padahal itu yang utama, bisa tidur dengan nyenyak, sekarang udah beranak 3 susah ya mau tidur nyenyak, jadi bersyukur banget bila bisa tidur bentar tapi nyenyak giti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo udah punya anak memang jadwal tidur jadi agak berantakan ya mba. Udah malem dan kita ngantuk, eh anaknya masih semangat 45 buat main

      Hapus
  8. Mindfulness ya mba, emg ngaruh bgt sih...
    Membuat kita lebih mudah bersyukur

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email