CeritaMbaKrib

Drakor My Unfamiliar Family; Seberapa Dalam Kamu Mengenal Keluargamu?

16 komentar

review drakor my unfamiliar family

Hai Tems, Kali ini MbaKrib akan membuat ulasan drama Korea Unfamiliar Family. Ada yang udah nonton dramanya? Drama ini tayang bulan Juni tahun lalu di TVN. Genrenya adalah drama keluarga yang menggambarkan kehidupan masing-masing anggota keluarga beserta rahasia-rahasia yang mereka simpan sendiri. Kira-kira gimana ya dramanya?

Ringkasan Cerita

Drama ini dibuka dengan sebuah kabar mengejutkan bahwa ayah mereka, Kim Sang Sik, menghilang. Sang ayah tak bisa dihubungi karena ponselnya mati. Tentu saja seluruh anggota keluarga menjadi panik karena tidak biasanya sang Ayah tidak bisa ditelpon.

Mereka pun menghubungi rekan-rekan kerja sang ayah. Kim Sang Sik berprofesi sebagai sopir truk dan hobi mendaki gunung bersama teman-temannya. Setelah melakukan pencarian kesana kemari serta menghubungi polisi, Kim Sang Sik ditemukan sedang dirawat di rumah sakit. Ia pingsan saat mendaki gunung. Dan yang paling mengejutkan adalah sang ayah mengalami amnesia. Ia hanya mengingat saat-saat ia berusia 20-an, ketika berpacaran dengan istrinya Lee Jin Sook.

Dimulai dari sini lah, sebuah konflik yang sudah lama coba disembunyikan oleh sang Ibu, Lee Jin Sook, terkuak. Kim Sang Sik yang berusaha keras untuk mendapatkan ingatannya kembali juga terkejut saat mendapati kenyataan bahwa sebenarnya ia ingin bunuh diri. Kaget ga tuh? Keluarga yang selama ini dikira adem ayem ternyata menyimpan bara api yang siap menghancurkan seluruh penghuninya. 

Hmm… udah berasa aura-aura konfliknya ga Tems?

Kami adalah keluarga. Tapi kami tidak tahu apa-apa tentang satu sama lain.

Kisah Tiga Saudara

cast my unfamiliar family

Kim Sang Sik dan Lee Jin Sook memiliki 3 orang anak, 2 perempuan dan 1 anak laki-laki. Mereka adalah Kim Eun Joo (diperankan oleh Choo Ja Hyun), Kim Eun Hee (diperankan oleh Han Ye Ri) dan si bungsu Kim Ji Woo (diperankan oleh Shin Jae Ha). Anak pertama sudah menikah dengan seorang dokter, si tengah bekerja di penerbitan buku dan si bungsu sedang magang di perusahaan media milik sahabat Kim Eun Hee.

Kita bisa bercermin tentang hubungan antar saudara dari mereka. Sebagai anak pertama, Kim Eun Joo merasa harus bertanggung jawab terhadap adik-adik dan keluarganya. Karena itu, ia banyak menghabiskan waktu untuk bekerja dan memberikan penghasilanny untuk keluraga. Eun Joo tidak terlalu dekat dengan adik-adiknya. Ia terbiasa jutek dan berwajah datar saat bersama. Padahal, tanpa mereka ketahui, Eun Joo berusaha keras mengatasi semua masalah yang ada. Ia tahu kesulitan yang dihadapi oleh adik-adiknya dan membantu tanpa mereka ketahui.

Sementara Eun Hee, sebagai anak kedua ia berperan sebagai penyeimbang dalam keluarga. Jika suasananya sedang tidak baik, Eun Hee akan berusaha agar keluarganya menjadi riang lagi. Jika ada yang sedih, ia akan berusaha menghibur. Benar-benar sebagai penyeimbang keluarga yang memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. Dan posisi sebagai anak tengah ini yang bikin dia jadi orang paling sibuk saat ada konflik dalam keluarga. 

Eun Hee menilai Eun Joo sosok egois dan bermulut pedas. Ia mengatakan semua hal yang ia inginkan. Sementara menurut Eun Joo, Eun Hee sangat emosional dan mudah sekali menilai sesuatu tanpa melihat yang sebenarnya terjadi. Inilah yang membuat mereka sering tidak akur.

Kenangan memang sangat egois. Kamu hanya memedulikan dirimu sendiri

Yang terakhir adalah si bungsu Kim Ji Woo. Meskipun sudah dewasa, Ji Woo masih sering bersikap manja. Ia juga sulit mendapat kepercayaan dari kedua kakaknya karena ia selalu dipandang sebagai anak kecil. Bahkan saat ada konflik pun, ia adalah orang yang terakhir tahu. Padahal Ji Woo lumayan kompeten lo dalam pekerjaanya. Apakah anak bungsu selalu merasa demikian? Seringkali dianggap sebelah mata karena selalu dianggap masih kecil?

Hal Terpenting Itu Bernama Komunikasi

Selama menonton drama ini, MbaKrib jadi disadarkan bahwa hal yang paling penting dalam keluarga adalah komunikasi. Bagaimana kita bisa bercerita dan saling mendengarkan agar bisa memahami satu sama lain. Tanpa kita sadari, perlahan kita bisa menjadi asing dalam keluarga sendiri. Keluarga, kadang tak lebih dari orang-orang yang tinggal dalam satu rumah dan memiliki pertalian darah. Padahal, keluarga lebih dari itu.

Konflik demi konflik yang terjadi pada keluarga Kim Sang Sik mungkin tidak akan menjadi parah jika sedari awal mereka bisa berkomunikasi dengan baik. Sang Ibu juga tidak perlu menyimpan luka bertahun-tahun lamanya jika saja ia berani bertanya tentang kecurigaanya, bukan hanya memendam dalam hati dan percaya bahwa kecurigaan itu adalah kebenarannya.

Aku tidak tahu karena kami keluarga. Aku tidak tahu karena kami dekat.

Seringkali, kita kerap menyembunyikan banyak hal dari keluarga hanya karena kita tidak ingin menyulitkan atau membebani keluarga sendiri. Namun, bukankah keluarga ada untk membantu kita dalam menghadapi masalah yang datang? Membantu kita mengurai benang0benang kusut pikiran yang kita sendiri bahkan tidak mengerti kenapa bisa menjadi sekusut itu. Keluarga menjadi tempat kita pulang, menjadi rumah tidak hanya bangunannya tapi juga rumah untuk hati kita. 

My Unfamiliar Family ini salah satu drama ringan yang MbaKrib rekomendasikan untuk kamu tonton. Tenang aja, drama ini ga akan buat kamu naik spaneng atau deg-degan tiap episodenya. Tapi, drama ini akam membuat kamu melakukan refleksi diri tentang hubungan kamu dan keluargamu. Benarkah kita saling mengenal satu sama lainnya?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

16 komentar

  1. Setelah selesai Penthouse 2 belum tahu mau nonton apa, sepertinya my unfamiliar family harus masuk list setelah baca review mbakrib ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nonton ini aja pak yonal. Supaya meregangkan saraf setelah spaneng nonton penthouse 😁😁

      Hapus
  2. Heuheu Pak Yonal samaan dengan saya. Setelah Penthouse 2, masih cari judu drakor yang lan. Untuk sementara saya nonton film Korea dulu, deh, sambil diseling Unfamiliar Family. Semoga bisa atur waktunya #gaya 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaa.. Banyak yang ngikutin penthouse ya. Kalau aku ga sanggup mba, takut darah tinggi 😂

      Hapus
  3. Ya ampuun pada ngikutin penthouse ya :D
    Ceritanya menarik mba, mungkin bisa jadi list tontonan drakor. Tapi harus siap-siap tisu nih, suka mellow kalau nonton drakor tentang keluarga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak campur aduk waktu nonton unfamiliar family ini mba. Sambil nonton sambil refleksi diri, karena kenyataannya ga jauh beda ama yg drama

      Hapus
  4. Belum pernah nonton sih.. Tapi kayaknya recommended banget buat ditonton bareng sekeluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok banget mba ditonton bareng2 sama keluarga

      Hapus
  5. Kemarin dah sempat lihat sinopsisnya di Viu, tapi belum tertarik karena sepertinya ada intrik-intrik juga. Takut jantungan kayak nonton penthouse.

    Tapi ternyata gak ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang bun, ini ga ada intriknya kok. Jadi ga bikin jantungan juga

      Hapus
  6. Sering liat berseliweran tapi belum pernah nonton hehe.
    Tapi aku suka sama pemain cowoknya hehe. Nanti aku tengok2 kalau tak ada tontonan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sama Kim Ji Soo atau Shin Jae Ha mba?? Aku jatuh hari sama karakternya Kim Ji Soo di drama ini, penyayang bgt dia tuh..

      Hapus
  7. Wuih klo tema2 family gini. Biasanya suka nguras emosi mbak. Hehe,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Kadang suka jadi refleksi diri juga. Makanya aku suka drama tema family, karena emang relate banget sama kehidupan kita

      Hapus
  8. Fav kalau tema2 family, trims mba ulasannya, kebtulan lagi males nonton apa2 kecuali nunggui Hospital Playlist tiap Kamis malam, hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hospital Playlist emang juara sih, seru banget nontonnya tanpa perlu menguras emosi.Tapi sayang, sekarang tayangnya cuma sekali seminggu

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email