CeritaMbaKrib

5 Novel yang Menginspirasi dan Mengubah Sudut Pandangmu

2 komentar
novel-yang-menginspirasi

Hai Tems. Hari ke-10 Ramadan kali ini MbaKrib mau berbagi tentang buku-buku yang menginspirasi. Wow... Lebih tepatnya adalah buku yang membekas dan mengubah pemikiran serta cara pandang MbaKrib terhadap suatu hal. Buku juga yang membantu melewati masa-masa penuh kelabilan dan pencarian jati diri saat remaja.

Sejak kecil, MbaKrib memang suka membaca. Ga tau juga kenapa bisa hobi baca, padahal orang tua juga tidak membiasakan baca buku dari kecil. Setiap kali dapat buku paket bahasa Indonesia, pasti semua ceritanya habis dibaca duluan. MbaKrib juga ingat dulu sering minta dibelikan majalah Bobo bekas yang sudah di bundel. Bobo yang baru lumayan mahal untuk saat itu, jadi solusinya beli bundelan Bobo bekas yang berisi gabungan dari beberapa majalah Bobo. Lebih hemat.

 Nah, berikut ini adalah buku-buku yang paling berkesan bagi MbaKrib

1. Chicken Soup Series

MbaKrib mulai baca buku-buku Chicken Soup saat SMA. Saat itu, kakak sepupu yang hobi baca punya buku ini. Karena covernya yang unik, tertariklah buat baca. Dan ternyata bukunya seru. Chicken Soup sepertinya jadi salah satu buku terjemahan yang MbaKrib baca. 

chicken soup yang menginspirasi
sumber: mizanstore

Buku ini berisi berbagai kisah yang dialami banyak orang. Setiap kisahnya unik dan memberikan pembaca suatu pemahaman dan sudut pandang baru. Seru rasanya membaca kehidupan orang-orang di luar sana serta hal-hal yang mereka lakukan. Hal kecil yang berarti bagi orang lain. 

2. Laskar Pelangi 

Novel karya Andrea Hirata ini, MbaKrib baca saat SMA. Waktu itu, MbaKrib membaca ulasan novelnya di koran Republika dan jatuh hati dengan ceritaya. 9 anak di Belitong yang belajar di sekolah yang hampir rubuh dengan 2 gurunya. Dan saat ada Book Fair di Padang, langsung belilah novel ini. Masih inget banget dulu beli yang cover pertama, cover bewarna merah muda dengan siluet anak-anak.

laskar pelangi original cover
sumber: mizanstore

Membaca novel ini seperti naik roller coaster. Bisa tertawa karena tingkah lucu Ikal dan teman-teman serta berurai air mata saat Lintang dengan berat hati harus putus sekolah. Campur aduklah perasaan saat baca novel ini.

Saat membaca novel ini, MbaKrib jadi sadar bahwa bisa bersekolah itu adalah hal yang istimewa. Betapa berharganya kesempatan untuk bisa bersekolah hingga Lintang rela bersepeda puluhan kilometer setiap harinya (Duh, nulis ini malah terharu). Novel ini juga yang menginspirasi MbaKrib untuk terus belajar dan punya mimpi untuk bisa sekolah di luar negeri. Dan agaknya, novel ini juga yang membuat MbaKrib ingin menjadi guru di daerah, ingin membantu anak-anak yang masih sulit akses pendidikannya

3. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi adalah novel yang hits banget saat MbaKrib SMA. Sampai-sampai banyak penulis novel yang memakai nama ala arab seperti Habibburrahman El Shirazy. Hal yang menarik dari novel ini bukanlah romansa Fahri dan Aisha, namun keteguhan Fahri saat kuliah di Mesir.

ayat ayat cinta
sumber: mizanstore

Kuliah di luar negeri, sementara bukan berasal dari keluarga yang kaya membuat Fahri harus putar otak untuk bertaham hidup. Banyak pekerjaan yang ia lakukan. Kehidupan Fahri juga yang membuat MbaKrib jadi tau bahwa kuliah di luar negeri ga mudah dan penuh perjuangan. Tapi, bukan berarti ga mungkin.

Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi lah yang memupuk mimpi dan keinginan MbaKrib untuk bisa sekolah ke luar negeri. Meskipun mimpi itu belum bisa diwujudkan hingga saat ini, namun nyala apinya tak pernah padam. Suatu hari nanti, Insya Allah

4. Harry Potter Series

Saat melihat kakak sepupu membaca novel Harry Potter, MbaKrib pernah membatin ga akan baca novelnya karena tebel banget. Dan berakhir jatuh cinta ama novel series ini. Harry Potter adalah satu-satunya nove series yang udah MbaKrib baca minimal 2 kali. Ga pernah bosan-bosan baca novel ini. Malah makin nagih. Berkat koleksi pustaka sekolah, MbaKrib bisa baca novel series ini.

harry potter
sumber: mizanstore

Cerita bagaimana ketabahan Harry saat tinggal bersama keluarga Dursley, persahabatannya dengan Ron dan Hermione, pelajaran-pelajaran sihirnya serta profesor-profesor keren di Hogwarts membuat MbaKrib bener-bener jatuh cinta dengan novel ini. salah satu novel terbaik di dunia.

Kisah tentang Snape yang setia melindungi Harry dengan caranya sampai akhir bener-bener bikin MbaKrib merasa bersalah karena sepanjang novel suka suudzon sama Snape. Kita memang ga tau seseorang itu seperti apa, makanya jangan mudah berburuk sangka.

5. Sheila; Luka hati Seorang Gadis Kecil

Sheila; Luka Hati Seorang Gadis Kecil adalah awal perkenalan MbaKrib dengan novel genre psikologi. Dan, ini juga adalah salah satu novel yang dimiliki oleh kakak sepupu. Kalau dipikir-pikir kakak sepupu inilah yang jadi gerbang perkenalan MbaKrib dengan novel-novel terjemahan.

novel sheila
sumber: tokopedia

Sheila berkisah tentang seorang gadis kecil dengan IQ tinggi tapi tak mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya. Sheila tak pernah menangis. Lika liku sang guru, Torey Hayden dalam membantu Sheila adalah menjadi fokus dari buku ini.

Dari novel ini, MbaKrib mengetahui bahwa seseorang berlaku "liar", aneh dan tertutup bukan karena keinginannya. Mungkin mereka pernah disakiti dan terluka di masa lalu hingga menjadi "liar" adalah satu-satunya cara untuk mempertahankan diri.

Membaca 5 novel ini, benar-benar membantu MbaKrib dalam melihat sudut pandang lain, melihat dunia yang lain serta melihat bagaimana perjuangan orang lain. Maka, novel ini masuk dalam jajaran novel yang menginspirasi MbaKrib. Kecuali Laskar Pelangi, semua novel MbaKrib baca dengan dipinjam.

Nah, apa novel yang paling mengisnpirasimu, Tems?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

2 komentar

  1. rata - rata udah dijadiin movie semua ya kak ceritanya! tapi ada 2 yang belum ku baca nih. ntar kalau ke gramed bakal beli ah! makasih info nya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Semoga infonya bermanfaat ya :)

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email