CeritaMbaKrib

5 Item Wajib Saat Bepergian di Era New Normal

2 komentar
item wajib bepergian new normal

Hai Tems. Hari ini MbaKRib mau bahas tentang item yang harus dibawa saat bepergian. Beberapa waktu lalu sempat hits kan bongkar isi tas seleb atau artis. Tujuannya pengen tau nih apa aja sih yang dibawa figur publik itu saat bepergian. Kalo diikir-pikir keponya netizen emang unik ya, sampe isi tas pun ingin tahu.

Biasanya, setiap orang punya barang wajib yang dibawa saat bepergian. Tentu saja barangnya beda-beda tiap orang. Kan kebutuhannya beda. Misalkan seperti minyak kayu putih. MbaKrib ga jaraang banget make minyak kayu putih, jadi ga bawa minyak saat bepergian. Beda sama temen yang memang harus selalu bawa minyak kayu putih kemana-mana.

Sejak pandemi COVID-19, barang yang dibawa semakin banyak. Menjaga higienitas semua hal di sekitar kita adalah hal wajib saat bepergian ke luar rumah. Nah, apa aja barang yang harus dibawa saat bepergian di era New Normal? Berikut daftarnya.

1. Masker Cadangan dan Pouch Penyimpanan

Bawa masker cadangan saat bepergian adalah sebuah keharusan. Masker cadangan ini bisa digunakan saat masker yang kamu pakai bermasalah, seperti maskernya rusak dan tali masker putus (bagi yang menggunakan masker sekali pakai) atau kamu memang sudah harus ganti masker.

Pengguna masker sekali pakai disarankan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali agar perlindungan kamu tetap maksimal. Kalau menggunakan masker kain, MbaKrib ganti paling lama setelah 6 jam pemakaian. Biar maskernya bersih terus.

Pouch penyimpanan masker berguna untuk menyimpan masker sementara. Misal, kamu pergi ke tempat makan. Saat makan, masker lebih baik disimpan dalam pouch daripada dibiarkan tergantung di leher dengan connector atau malah membuka masker sampai dagu. Itu ga baik ya Tems. Masker yang disimpan dalam pouch akan tetap menjaga kebersihan masker.

Selain itu, jika sudah saatnya mengganti masker, kamu bisa menyimpan masker bekas tersebut dalam pouch jika tidak menemukan tempat sampah. Jangan disimpan sembarangan dalam tas, it's a big NO apalagi jika kamu buang sembarangan. Tetap jaga kebersihan saat membuang masker ya Tems.

2. Hand Sanitizer

Seperti masker, hand sanitizer wajib dibawa saat bepergian ke luar rumah. Gunanya bukan hanya untuk mempercepat kamu saat masuk mall atau masuk tempat umum saja ya, tapi juga berguna untuk menjaga kebersihan area di sekitarmu. Misalkan saat kamu pergi makan atau duduk di suatu tempat. Ada baiknya saat baru duduk kamu membersihkan meja yang ada di hadapanmu terlebih dahulu. Kita ga tau kan apa yang terjadi dengan pengunjung yang menggunakan meja sebelum kita. Jangan sampai karena malas sesaat kamu malah kena virus Corona.

3. Tisu Basah

sumber: unsplash

Bagi MbaKrib, tisu basah adalah hal yang wajib dibawa saat bepergian walaupun bukan di masa pandemi. Yang paling berguna adalah saat menggunakan toilet umum. Secara pribadi, MbaKrib lebih suka jika toilet umum menggunakan toilet jongkok. Lebih higienis. Toilet duduk yang dipake bersama itu rasanya agaaak ga higienis dan beresiko menularkan penyakit. Kita ga tau kan siapa saja yang make toiletnya. Belum lagi jika ada yang jongkok di atas toilet duduknya, bisa double kotornya.

Jika menggunakan toilet duduk, wajib banget membersihkan dudukan toilet dengan tisu basah sebelum digunakan. Setelah itu siram dulu dengan air baru digunakan. Tapi kalo toiletnya berjenis toilet kering, setelah di lap dengan tisu basah, di lap lagi dengan tisu kering.

4. Mukena

Saat bepergian, kita sering kalai ga tau akan selama apa kita berada di luar. Niatnya sih pergi cuma 2 jam, eeh malah kebablasan sampe 5 jam saking semangatnya pas nongkrong. Karena itu, mukena adalah barang wajib yang harus ada di dalam tas. Menggunakan mukena sendiri, selain menghemat waktu karena tidak perlu antri meminjam muken saat salat juga lebih bersih dan higienis. Kamu bisa salat bebas deg-degan

5. Alat Makan

Membawa peralatan sendiri juga menjadi keharusan belakangan ini. Jangan berpikir kamu harus bawa piring dan gelas kemana-mana, tapi cukup bawa foldable lunch box dan tumblr serta set alat makan. Jangan khawatir harganya akan menguras kantong. Udah banyak kok yang jual peralatan makan dengan harga terjangkau. 

kotak makan lipat
sumber: bumijo

Selain menjaga kebersihan, membawa peralatan makan sendiri juga turut mengurangi penggunaan sampah plastik lo. Jika biasanya beli siomay yang dibungkus memerlukan 2 kantong plastik (1 untuk membungkus dan 1 kresek untuk membawa), dengan membawa alat makan sendiri kamu ga perlu pake kantong plastik. Cukup masukkan siomaynya ke dalam foldable lunch box yang kamu bawa.

Itulah item wajib saat bepergian di era New Normal ala MbaKrib. Mungkin di awal akan terasa ribet dan berat, tapi hanya perlu sedikit pembiasaan kok. Apa aja item yang wajib dibawa saat bepergian versi kamu?

6. Tas Belanja

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

2 komentar

  1. Masker sama hand sanzerzerzerzerzer harus dibawa sekali kalau saya mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejak corona menyerang bakal panik kalo lupa bawa masker dan hand sanitizernya

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email