CeritaMbaKrib

Sebuah Jeda untuk Jenuhmu

2 komentar
jeda untuk jenuh

 

Robot tidak akan bosan dan jenuh walaupun melakukan hal yang sama miliaran kali. Tapi, tidak dengan manusia

Jenuh. Biasanya kalimat ini berkonotasi negatif. Banyak dihindari hingga enggan diakui. Padahal, apa yang salah dari jenuh?

Melakukan aktivitas yang sama setiap harinya, monoton dan tidak adanya sesuatu yang baru kerap membuat kita jenuh. Apakah jenuh adalah hal yang wajar? Tentu saja. Kita kan manusia , bukan robot. Robot tidak akan bosan dan jenuh walaupun melakukan hal yang sama miliaran kali. Tapi, tidak dengan manusia. Kita butuh hal yang baru, hal yang berbeda dari yang biasanya dilakukan atau dialami. Karena itulah inovasi lahir.

Jenuh, adalah tanda dari tubuh dan pikiran bahwa kamu butuh jeda. Beristirahat sesaat dari hal-hal yang membuat kamu jenuh. Jangan memaksa diri untuk terus bertahan, kamu bisa stress kemudian. Gunakan waktu jeda untuk kembali me-recharge- energi dan pikiran.

MbaKrib juga pernah jenuh, apalagi saat mau nulis. Rasanya buntu aja, ga tau mau nulis apa. Ketika menulis sudah dirasa berat, ga happy dan menjadi tekanan, berarti saatnya untuk menjauh sejenak dari blog dan melakukan hal lain. 

It's Okay to Do Nothing

Saat jenuh, hal pertama yang aku lakukan adalah ga melakukan apa-apa alias bermalas-malasan. Menikmati keinginan diri yang ga lagi pengen ngapa-ngapain. Cuma rebahan, mainin hape atau scroll-scroll ig ga jelas. Dan itu membantu banget untuk merileks-kan otak atas semua beban yang ditanggung selama ini. Kita memberikan waktu rehat pada otak untuk mengurai banyak benang kusut yang telah tertimbun selama ini.

Mungkin ada yang mengira kalau malas-malasan hanya bikin ga produktif dan menyia-nyiakan waktu. Tapi, menurutku terkadang bermalas-malasan itu penting. Asal sesuai kadarnya dan ga dilakukan berlebihan. Otak kita juga butuh rehat, ga bisa dipaksa mikir dan kerja terus.

Biasanya, saat tidak melakukan apa-apa ini MbaKrib justru dapat inspirasi untuk nulis. Karena kita bisa melihat banyak hal dari sisi yang lain. Ga ada tekanan berat pada otak membuat banyak hal yang sebelumnya diabaikan jadi terlihat.

Saat butuh jeda, kamu juga bisa melakukan hobi seperti nonton film dan drama, masak, berkebun, bahkan beres-beres rumah. Percayalah, jika waktu jeda digunakan dengan baik kamu akan menemukan banyak ide dan inspirasi. Jangan ngakunya jeda tapi masih aja mikirin kerjaan. Bilangnya rehat tapi email kantor masih aja dibales satu-satu.

Jeda itu seperti koma dalam kalimat. Tanda koma harus ada agar kalimatnya tak kehilangan makna. Begitu juga jeda. Rehat sejenak agar otak, tubuh dan jiwa bisa bahagia.

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

2 komentar

  1. Betul Mba, terkadang untuk mengusir Kejenuhan itu sendiri adalah dengan tidak berbuat apa-apa. Tapi kalau saya pribadi sih ketika jenuh itu datang menyapa yang saya lakukan adalah menonton film-film lucu.

    sebelumnya salam kenal, dan ini adalah kunjungan perdana saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas..
      Nonton film-film lucu memang bisa jadi salah satu moodboster

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email