CeritaMbaKrib

Bahagia Saat Ramadan, Karena 7 Hal ini

Posting Komentar
bahagia ramadan

Hai Tems, ga terasa ya kita udah sampai di hari ke 13 bulan Ramadan. Rasanya baru beberapa hari yang lalu kita bersipa memasuki bulan Ramadan, dan ga terasa udah hampir setengah bulan Ramadan berlalu. Gimana kabar puasa dan target Ramadannya? Berjalan lancarkah?

Bulan ramadan, bagi MbaKrib adalah bulan yang spesial dan selalu istimewa. Vibe-nya memang beda dari hari-hari biasa. Lebih semarak dan lebih semangat. Ada 7 hal spesial yang membuat bulan Ramadan itu jadi bulan yang Membahagiakan.

1.Waktu kerja dan sekolah diperpendek. Agar lebih fokus beribadah saat Ramadan, banyak kantor dan sekolah yang memangkas waktu kerja dan belajar. Ada juga yang memilih untu memperlambat waktu masuk kerja. Jika biasanya jam 7 sudah harus masuk, di Ramadan ini jam masuk diperlambat hingga jam 8 pagi. Waktu bekerja dan sekolah yang dipangkas ini harus dimanfaatkan dengan baik untuk ibadah Tems. Jangan sampai waktu luang yang didapat hanya dipake untuk rebahan atau main hape terus. Ibadah ga Cuma tentang salat, puasa dan tadarus ajalo. Membantu orang tua, belajar hal baru, menjaga kebersihan ruangan juga adalah bentuk ibadah. Selama yang kamu kerjain adalah hal yang baik dan bermanfaat, maka Insya Allah akan dihitung sebagai ibadah. Yuk, jangan mageran.

2. Memperbanyak Salat. Ramadan adalah bulan dimana semua umat Muslim berlomba-lomba memperbanyak ibadahnya. Kita yang biasanya Cuma mengerjakan salat wajib 5 waktu saja, di Ramadan ini juga semangat melaksanakan salat sunat seperti rawatib, Dhuha, Tahajud dan Tarawih. Ramadan yang semarak dan lingkungan yang juga semangat memperbanyak ibadah selama Ramadan, membuat kita juga semangat untuk semakin rajin beribadah. Psst, kalo ada temen kamu yang kamu “pandang” jarang ibadah di hari lain, namun rajin ibadah saat Ramadan jangan di cie-cie in ya. Ntar mereka malah jadi malas ibadah. Tapi harus didukung, rajin-rajin ajak untuk ibadah bareng-bareng

3. Tadarus di Mana-Mana. Biasanya jarang-jarang ngaji, selama Ramadan jadi ngaji tiap hari karena teman-teman d kantor mengadakan acara Tadarus bersama. Selama Ramadan, mudah sekali kita temukan orang yang tadarus. Tadarus sambil nunggu antrian, tadarus saat nunggu waktu berbuka, tadarus saat santai. Karena itulah kita juga jadi semangat untuk tadarus dan khatam Al-Quran di bulan Ramadan ini.

4. Semua Orang Ingin Berbagi. “Takjil gratis, Buka puasa gratis” menjadi salah satu kemeriahan lainnya di Ramada. Biasanya program ini banyak dilaksanakan di masjid-masjid yang menyediakan makanan untuk berbuka. Favoritnya anak kos nih, untuk buka bersama di masjid. Jadi, ga pusing lagi mikirin menu buat buka. Ga cuma di masjid, banyak juga organisasi bahkan orang pribadi yang suka berbagi takjil dan makanan untuk berbuka. Dan istimewanya di Indonesia, yang membagikan takjil ga cuma umat muslim saja. Saudara-saudara kita yang non muslim juga suka membagikan makanan untuk buka puasa. Indah banget ya. Semarak Ramadan dirasakan oleh semua orang, ga hanya muslim saja.

Ramadan berbagi

5. Pasar Ramadhan yang Semarak. Ramadan ga bakal lengkap tanpa adanya Pasar Ramadan yang menjual aneka takjil dan makanan unuk buka puasa. Biasanya, pasar ini mulai rame setelah Ashar. Semua jenis makanan ada di sini, bahkan sampe makanan yang jarang ditemui. Aneka kolak, es campur, gorengan, lauk pauk. Semua ada. Jadi ga perlu bingung lagi kalau ga sempat masak buat buka. Cukup kunjungi pasar Ramadan dan belim makanan yang kamu mau.

6. Makin rajin ke Masjid. Yang rajin ke masjid saat Ramadan, ayo ngacung. MbaKrib juga ikut angkat tangan nih. MbaKrib akui, selama Ramadan hampir tiap hari ke masjid untuk salat tarawih (kecuali lagi halangan ya). Kalau hari biasa, jaraaaang banget. Biasanya ke masjid mah pas lagi pergi ke luar dan udah masuk waktu salat. Baru nyari masjid. Tapi, saat Ramadan rasanya sayang banget kalau melewatkan kesempatan Tarawih jamaah di masjid. Kan salat Tarawih hanya ada di Ramadan saja.

7. Hidup Lebih Teratur. Bagi MbaKrib, selama Ramadan hidup jadi lebih teratur. Makannya teratur, asupan makanan dijaga, istirahatnya juga teratur. Rasanya, Ramadan adalah waktu istimewa yang diberikan Allah SWT untuk kita. Jika selama ini kita sibuk dengan urusan dunia, Ramadan seperti waktu dimana kita berhenti sejenak dari semua ambisi dan keinginan duniawi. Jika selama ini kita abai dengan diri kita, makan ga teratur, jam tidur berantakan maka Ramadan adalah waktunya untuk memperbaiki ketidakteraturan tersebut. 

Indahnya Ramadan, membuat MbaKrib ingin Ramadan berlangsung sepanjang tahun. Banyak kebaikan, ketenangan dan nikmat ibadah di bulan ini. Karean itu, maksimalkan setiap hari di Ramadan yang kita lalui. Agar saat bulan ini pergi, segala kebaikan yang kita lakukan tetap menetap dalam diri

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email