CeritaMbaKrib

Yang Spesial Saat Lebaran

Posting Komentar
momen spesial lebaran
Photo by Bangkit Ristant on Unsplash

Hai Tems. Tema tulisan untuk hari ke -28 Ramadan kali ini adalah Momen Lebaran yang Paling Berkesan. Lebaran memang salah satu momen spesial dalam setahun. Setelah berpuasa sebulan penuh, Idul Fitri disambut dengan bahagia dan semarak. Karena spesial inilah, setiap orang punya cerita yang berbeda tentang lebarannya. Cerita mudik, beli baju baru, heboh persiapan lebaran, dan seribu satu cerita lainnya.

Nah, berikut momen lebaran yang paling berkesan bagi MbaKrib.

1. Pulang kampung. Lebaran ga lengkap tanpa pulang kampung atau mudik. Saat kecil, setiap lebaran kami selalu mudik ke kampung papa di kota Padang Panjang. Jarak Padang-Padang Panjang lebih kurang 90 km dan ditempuh dalam 2 jam perjalanan. Lumayan deket sih mudiknya. Biasanya, kami pulang kampung H-1 atau H-2 lebaran. Sesampai di kampung, rumah nenek udah rame banget karena papa 10 orang bersaudara. Kebayang kan gimana ramenya pas semua anak pulang dan bawa keluarga masing-masing. Tidur rame-rame di ruang keluarga adalah hal yang pasti dirasakan.

2. Dapat THR. Lebaran ketika kecil adalah masa-masa paling menyenangkan. Yang didapat adalah semua hal yang enak dan indah, termasuk THR. Bahagia banget sih tiap dikasih THR sama om dan tante, apalagi dikasih duit baru. Tiap dapat THR, disimpan dalam dompet trus ntar diitung dapat berapa. Langsung berasa jadi kaya deh.

3. Pergi ke pasar buat jajan bakso. Salah satu kebiasaan anak-anak di kampung papa ketika lebaran adalah pergi ke pasar buat jajan. Kalo anak laki-laki biasanya beli kembang api dan pistol-pistolan. Trus ntar dipamerin sam temen-temen sekalian liat pistol siapa yang paling keren. Kami yang perempuan ga mau kalah juga dong. Kami pergi ke pasar juga. Bukan buat beli pistol, tapi buat jajan bakso dan segala anek snack. Rasanya sudah jadi kesepakatan tak tertulis dengan sepupu yang lain kalau setiap lebaran wajib makan bakso.

4. Soto yang cuma ada pas lebaran. Kalo 3 momen di atas adalah momen berkesan sewaktu kecil, maka makan soto ini adalah momen berkesan setelah dewasa. Dalam kebiasaan masyarakat Bukittinggi, setiap lebaran ibu-ibu akan masak nasi beserta lauk pauk lengkapnya. Hampir mirip saat mengadakan acara syukuran atau pernikahan. Rupa-rupa lauk pauk ada seperti rendang, asam padeh dagiang, baluik goreng lado mudo, sayur pical, ayam goreng dan segala macamnya.

Karena MbaKRib dan mama ga mau masak yang ribet, kami memutuskan buat soto. Masaknya lebih cepat dan ga ribet. Soto ini jadi hidangan yang hanya dimasak saat lebaran saja. Makanya, soto jadi spesial ketika lebaran.

Itulah beberapa hal yang spesial saat lebaran. Apa momen spesial lebaran kamu?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email