CeritaMbaKrib

Menunggu Buka Puasa, Enaknya Ngapain Ya?

Posting Komentar

Hai Tems. Kali ini MbaKrib mau cerita tentang kegiatan saat menunggu buka puasa. Artikel kali ini merupakan tema hari ke-26 dari tantangan 30 Day Ramadan Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan. 

menunggu buka puasa
Photo by Simon Infanger on Unsplash

Nunggu buka puasa, identik dengan ngabuburit. Biasanya, kegiatan yang dilakukan ga jauh-jauh dari nyari makanan buat buka sekaligus takjilnya atau jalan-jalan santai keliling komplek. Sebenarnya ada banyak banget loh hal yang bisa kamu lakukan ketika menunggu buka puasa selain jajan takjil. Ga percaya? Baca tulisan ini sampai selesai ya.

1. Masak Buat Buka

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah masak buat buka. Biasanya, sekitar jam 5, MbaKrib mulai beranjak ke dapur untuk masak makanan. Masaknya sih yang gampang-gampang aja seperti bening bayam, cah kangkung, sop sayur, ikan goreng, telur balado, dan semacamnya. Intinya harus selalu ada sayur dalam menu buka, biar ga lemes saat puasa. Selain itu, konsumsi sayur dan buah juga mencukupi kebutuhan serat harian kita. 

2. Baca Buku

Beberapa hari belakangan, MbaKrib punya hobi baru nih buat nunggu buka yaitu baca buku di aplikasi iPusnas. Kamu udah tau iPusnas belum? Ipusnas adalah aplikasi baca buku digital milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Di aplikasi ini kamu bisa pinjam buku atau bacaan yang kamu mau. Cara daftarnya juga gampang kok, cukup login dengan akun Google atau Facebook aja. Trus pinjam deh buku yag kamu mau.

Koleksi iPusnas ini banyak banget. Dari buku lama sampai baru, novel Indonesia sampe novel luar negeri, semuanya ada. Belakangan ini MbaKrib malah suka nyari segala macam buku yang udah ada di wishlist dari lama. Dan hampir semua bukunya ada. Berasa mau pinjam semua. Lumayan banget kan untuk baca buku. Ga ada lagi tuh alasan ga bisa baca buku karena ga ada duit untuk beli buku. Jangan unduh buku bajakan juga ya. Kan udah ada aplikasi iPusnas. Jadi, kalau mau pinjam buku, di iPusnas aja. 

3. Nonton Drama

Kalau lagi ga mood baca dan malas masak, maka nonton drama korea adalah kegiatan yang yang dilakukan untuk nunggu buka. Bahkan, nonton drakor ini MbaKrib nobatkan sebagai kegiatan ngabuburit yang hemat tenaga dan hemat biaya. Cukup duduk atau rebahan, kamu bisa nonton drakor kesukaan dari layar laptop atau hape.

Saat ini, MbaKrib lagi nonton Extraordinary You dan 18 Again. Telat banget ya nontonnya. Tapi ga papa, bisa liat senyum Haru, cemberutnya Baek Kyung dan perhatiannya Ye Ji Hoon udah bikin mood jadi happy. Hihihi...

4. Olahrag

Kalau bosen ngabuburit di rumah dan kamu pengen lebih sehat, kamu bisa banget olahraga sambil nunggu buka puasa. Kamu bisa pilih olahraga yang ringan seperti jalan kaki, joging atau yoga. Jangan pilih olahraga berat ya, ntar tubuh kamu ga sanggup. Kalau MbaKrib olahraga sejauh ini adalah jalan kaki beli takjil di gang depan rumah. Ga apa-apa jaraknya deket, yang penting kan tubuh tetap bergerak (halaah.. alasan)

5. Baca Al-Qur'an

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

Bulan Ramadan adalah bulan dimana banyak pintu pahala dibuka selebar-lebarnya. Jangan hanya sibuk dengan nyari takjil dan cari makan aja. Waktu nunggu buka bisa banget kamu manfaatkan untuk baca Al-Quran. Apalagi kalau seharian kamu sibuk kerja dan ga sempat ngaji. Nah, di waktu ngabuburit inilah kamu bisa perbanyak baca Al-Quran. Bisa selesai satu juz sambil nunggu ngabuburit kan luar biasa banget.

6. Menulis

Di Ramadan ini MbaKrib mengikuti 2 tantangan menulis yaitu 30 Day Ramadan Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan serta Ramadan Writing Challenge yang diadakan Komunitas ODOP  di instagram. Jadi, tiap hari wajib banget nulis untuk memenuhi 2 tantangan tersebut. Biasanya, MbaKrib nulis di waktu pagi sampai siang. Namun belakangan, banyak hal yang harus dilakukan di pagi hari sehingga aktivitas nulisnya digeser ke sore hari. 

Ngabuburit sambil nulis lumayan seru lo. Apalagi bagian desain grafis untuk tulisannya. Bikin kamu semangat dan anti lemes saat nunggu buka. Penasaran aa aja yang udah MbaKrib tulis selama mengikuti tantangan? Silahkan berkeliling di blog ini dan kunjungi akun instagramnya ya :)

7. Rebahan

Dari 6 aktivitas di atas ga ada yang bikin kamu mood satupun? Hmm.. berarti kamu akan menghabiskan waktu ngabuburit dengan rebahan sambil main hape. Bener ga? Cukup tiduran, buka sosmed dan waktu akan terasa berjalan dengan sangat cepat. Apalagi jika seharian kamu sibuk banget dan melakukan banyak hal yang menguras energi. Rebahan bisa banget bantu kamu buat mengembalikan energi yang hilang. Biar lebih semangat saat tarawihnya.

Itulah 7 kegiatan yang MbaKrib lakukan saat menunggu buka puasa. Apa kegiatan ngabuburit favoritmu?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email