CeritaMbaKrib

Ingin Olahraga saat Puasa? Kamu Wajib Tahu 3 Hal Ini

Posting Komentar
olahraga saat puasa

Hai Tems. Ada ga sih yang tetap rajin olahraga saat puasa? Biasanya nih, saat puasa kita jadi malas olahraga. Takut lemes, takut puasanya ga kuat dan banyak kekhawatiran lainnya. Padahal, sebenarnya kita tetap bisa olahraga walaupun dalam kondisi puasa loh. 

Bagi yang sudah terbiasa olahraga, pasti akan terasa dampak jika tidak olahraga. Badan kurang segar, mood jadi ga happy dan bisa jadi ada yang susah tidur. Kok bisa gitu? Karena olahraga itu berperan besar dalam mengatur hormon di otak. Olahraga rutin dapat membuat kita lebih happy dan semangat loh. Saat olahraga badan kita mendapatkan haknya untuk terus bergerak, bukan hanya duduk diam saja. Saat tubuh bergerak, peredaran darah jadi lancar, proses pembakaran lemak dapat berjalan serta hormon kebahagiaan dilepaskan. Makanya banyak orang yang merasa lebih happy dan kecemasan berkurang setelah rutin berolahraga dan MbaKrib salah satunya. Cobain deh kalo ga percaya. 

Saat puasa, jadwal makan kita berubah. Dari yang biasanya makan 3x sehari, saat puasa menjadi 2x sehari. Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin berolahraga saat puasa.

1. Waktu Olahraga

Saat puasa, waktu yang disarankan untuk melakukan olahraga adalah sekitar 1,5 jam sebelum berbuka. Hal ini disarankan karena saat berpuasa kita melakukan olahraga tanpa adanya asupan air dan kondisi perut yang kosong. Lakukan olahraga sekitar 30-45 menit ya Tems, biar ga kelelahan dan dehidrasi. Atau kamu juga bisa menyesuaikan dengan keadaan tubuh. Jika setelah 15 menit berolahraga kamu merasa lelah, sebaiknya berhenti olahraga dan beristirahatlah. Jangan paksa tubuhmu. 

Kamu juga bisa berolahraga setelah berbuka puasa. Tapi pastikan makanan yang dimakan sudah dicerna oleh tubuh. Sebaiknya olahraga lah satu jam setelah berbuka. Jangan mengkonsumsi makanan berat sebelum olahraga agar olahraga kamu lebih efektif. Selesai olahraga, barulah kita bisa makan makanan berat.

2. Jenis Olahraga yang Dilakukan

Selain waktu, jenis olahraga yang dilakukan pun harus diperhatikan. Jangan sembarangan memilih melakukan olahraga jika tidak ingin lemas atau pusing. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan seperti jalan santai, bersepeda, jogging, pilates dan yoga. Hindari olahraga berat. Olahraga ringan dengan intensitas yang rendah bisa menjaga kamu tetap segar dan fit saat berpuasa. Yang terpenting dari olahraga bukan tipe olahraga berat atau ringannya, tapi menjaga tubuh tetap aktif bergerak.

3. Asupan Makanan

Asupan makanan jadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan jika berolahraga ketika puasa. Pastikan kamu mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Kebutuhan protein, karbo, lemak, buah dan sayur harus cukup ya. Selain itu pastikan juga kamu cukup minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.

Itulah 3 hal penting yang harus diketahui jika ingin olahraga saat puasa. Olahraga saat berpuasa adalah hal yang baik untuk dilakukan. Sesuaikan jenis olahraga dengan kondisi tubuhmu ya

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email