CeritaMbaKrib

Kegiatan Seru saat Ramadan Bersama Keluarga

Posting Komentar
ramadan bersama keluarga

Ramadan memang waktu yang spesial. Banyak cerita istimewa terjadi di bulan ini. Bukan hanya banyak melakukan hal baik, kedekatan dengan keluarga juga dipererat di bulan ini. Apa aja sih kegiatan seru yang bisa dilakukan dengan keluarga di Ramadan ini?

1. Tarawih Bersama

Tarawih bersama adalah kegiatan spesial yang dilakukan saat Ramadan. MbaKrib dan keluarga biasanya melaksanakan salat tarawih di masjid dekat rumah yang berjarak sekitar 300 meter. Selesai berbuka dan salat Maghrib kami langsung bersiap-siap dan berangkat ke masjid bersama-sama. Makanya waktu berbuka itu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Ga bisa deh malas-malasan saat buka, karena waktu yang pendek banget. Dalam waktu 1 jam, salat, ngaji dan makan harus kelar. 

2. Memasak Hidangan Berbuka

Sebagai anak kos, MbaKrib jarang banget nih masak di rumah. Kadang pulang ke rumah juga cuma sehari, jadi ga sempat melakukan banyak hal. Makanya Ramadan jadi momen spesial banget untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Ketika Ramadan, biasanya ada libur awal Ramadan dan akhir Ramadan. Waktu libur ini yang dimanfaatkan sebaik-baiknya.

Hidangan buka selalu punya cerita yang berbeda. Saat ramadan, kita punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan yang akan dikonsumsi, ga cuma asal makan. Biasanya, selepas Ashar ibu-ibu udah sibuk di dapur. Nah, waktu ini bisa banget dipake buat sekalian belajar masak. Mempelajari resep masakan Ibu yang enaknya tak tertandingi.

3. Buat Kue Lebaran

Salah satu kegiatan wajib saat menyambut lebaran adalah membuat kue lebaran. Biasanya, MbaKrib dibantuin adik laki-laki saat buat kue. Karena kue lebaran yang dibuat memang dia yang kebanyakan makan. Kalau buat sendiri, lumayan bikin bahu pegel. Buat kue ini yang menjadikan persiapan lebaran jadi momen istimewa. Biasanya kami buat kue di minggu terakhir Ramadan, dari pagi sampe siang hari. Ketika satu persatu kue selesai, rasanya bahagia banget. terlebih lagi kalau hasilnya bagus dan rasa kuenya enak. Berasa pengen jualan kue. Hehehe....

4. Beberes Rumah

Rasanya di setiap rumah, beberes rumah jadi agenda wajib sebelum lebaran. Segala sisi rumah dibersihkan, ga cuma di pel dan sapu doang. karpet dicuci, gorden di ganti, jendela di lap sampe semua perabotan di bersihkan semua. Istilahnya deep cleaning. Bagian-bagian rumah yang biasanya jarang disentuh, saat beberes ini ikut dibersihkan. Bahkan ada juga yang mengecat rumah untuk ganti suasana.

Biasanya beberes rumah dilakukan di minggu-minggu terakhir Ramadan. Dimulai dari pagi hingga siang hari. Semarak banget lah kegiatan beres-beres ini. Semuanya semangat. Apalagi ditambah dengan musik yang bikin semangat. Wuih.. makin heboh suasananya.

Demikianlah kegiatan seru yang MbaKrib lakukan bersama keluarga saat Ramadan. Kalau kamu, apa kegiatan yang paling disukai?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email