CeritaMbaKrib

Bicara tentang Menu Sahur Kesukaan

Posting Komentar
menu sahur kesukaan

Hai Tems. Kamu punya ga sih menu kesukaan saat sahur? Yang kalau menu itu ada kamu bakal semangat buat sahur dan kalau menunya ga ada sahurnya malah jadi kurang semangat? 

Tema challenge Ramadan Blog Challenge-nya Blogger Perempuan kali ini adalah menu kesukaan saat sahur. Temanya bikin MbakRib mikir keras tentang menu sahur andalan. Sebagai tipe yang ga milih-milih makanan, lumayan bingung juga sih ditanya tentang hal ini. Karena selama ini ga pernah tuh mengkhususkan satu menu yag harus ada tiap sahur. Asal ada makanan aja, udah. Bisa sahur dengan bahagia.

Tapi kalau ga ada menu istimewanya, tulisan ini bakal selesai dengan 2 paragraf di atas. Kan ga seru, nulis blog kok cuma 2 paragraf. Setelah memeras otak, akhirnya MbaKrib menemukan beberapa makanan kesukaan saat sahur. Makanan ini ga harus ada tiap hari, tapi kalau ada makanan ini, sahur jadi lebih happy. Berikut menunya.

1. Sayur

Sejak awal 2018, MbaKrib menjadikan makan sayur sebagai salah satu resolusi. Bukan karena susah makan sayur, tapi seringnya malas masak sayur. Padahal kan masak sayur ga ribet. Cukup tumis atau rebus, jadi deh. Ramadan kali ini, MbaKrib dan teman-teman membuat target harus makan sayur setiap buka dan sahur. Biar siang hari ga lemes dan badan ga terasa kering. Sayurnya sih macam-macam seperti bayam, kangkung, sayur sop sampai wortel dan buncis kukus.

Agar resolusi ini terpenuhi, kami harus bangu lebih awal untuk masak sayur. Biar ga ribet, sayurnya udah dipotong-potong sebelum disimpan dalam kulkas. Jadi pas sahur langsung masak ga pake ribet. Dan makan sayur memang berasa banget pengaruhnya. Badan jadi lebih segar dan ga berasa kering saat siang hari.

2. Telor Dadar

Kalau lagi males masak atau bosen dengan masakan sendiri, telur dadar akan selalu jadi solusi. Ga pernah bosen kayaknya makan telur dadar. Kalo lagi malas masak dan malas pergi ke luar buat beli lauk, tinggal masak telur dadar. Saat sahur ga ada lauk, masak telur dadar lagi. Dimakan pake nasi hangat dan sayur rasanya nikmat banget. Telu dadar adalah menu yang ga pernah gagal untuk meningkatkan selera makan. Masaknya pun gampang. Kalau ada cabe giling, tambahkan. Kalau ga ada cabe, campuran telur dan garam pun juga udah bisa bikin telur dadar yang enak.

3. Mie Instan

Mie instan dan puasa itu punya cerita sendiri dan tak terpisahkan. Sewaktu kecil, mie instan adalah andalan mama kalau kami susah bangun atau malas makan. Cukup masak mie instan, aromanya yang menggugah selera langsung membangunkan kami. Sahur jadi lahap deh kalau makan mie instan. Makannya bukan 1 bungkus per orang ya. Tapi 1 bungkus dimakan rame-rame, buat temen makan nasi. Yang penting itu kuahnya.

Makanya, sampe sekarang tiap kali masak indomi langsung ingat dengan saat puasa. Aromanya langsung mengingatkan pada saat sahur sewaktu kecil. Kalau sekarang, udah hampir ga pernah lagi makan mie waktu sahur. Ngeri ama kalorinya. Takut juga bakalan mual kalau makan mie pas sahur.

Itulah 3 menu sahur kesukaan MbaKrib. Sederhana memang, karena MbaKrib juga bukan tipe yang rewel soal makanan. Tapi, jangan pernah ragukan kenikmatannya. Kalau ada menu ini, dijamin bikin sahur makin semangat.

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email