CeritaMbaKrib

Puasa Anti Mager dengan Trik Ini

Posting Komentar
trik puasa anti mager

Hai Tems. Pernahkah kamu merasakan kalau puasa bikin kamu jadi kurang semangat dan cenderung suka rebahan? Mau ngerjain ini itu bawaannya capek dan malas. Apalagi kalau udah sore, bawaannya pengen tiduran terus. Banyak target yang akhirnya tidak tercapai. Dan pas di akhir Ramadan kayak gini malah jadi membatin sendiri, "selama puasa aku ga produktif banget deh"

Nah, kenapa sih kita jadi kurang produktif ketika puasa? Ini beberapa kemungkinan jawabannya

  1. Sudah terlebih dahulu mengasumsikan bahwa puasa akan membuat hari-hari jadi lebih berat. Namanya puasa, otomatis kita menahan haus, lapar dan amarah kan. Biasanya, secara ga sadar kita berpikiran kalau kita bakal kurang tenaga di siang hari karena ga bisa makan dan minum. Bahkan ada juga nih yang pas sahur, makannya rada kalap. Alasannya biar kuat puasa seharian. 
  2. Ga punya target. Tems, biasanya jika kita punya target untuk melakukan sesuatu, kita pasti akan berusaha keras agar target tersebut bisa dicapai. Misalnya nih, pas Ramadan kamu targetnya khatam Al-Quran minimal sekali. Kamu pasti mengusahakan dan sungguh-sungguh untuk ngaji setiap hari biar targetnya tercapai. Kalau kita ga punya target, lantas apa yang kita kejar?
  3. Bingung memanfaatkan waktu luang. Selama Ramadan, jam kerja dan jam sekolah diperpendek. Tujuannya biar kita bisa fokus dan memperbanyak ibadah. Otomatis, kita punya lebih banyak waktu luang. Nah, kalau kamu ga ada kegiatan apapun dan ga tau mau ngapain, biasanya hari-harimu akan habis untuk main hape atau main game.
  4. Lebih suka tidur. Tidur siang memang sangat dianjurkan. Ga cuma pas puasa aja, di hari-hari biasa kita juga dianjurkan tidur siang karena bisa memaksimalkan kinerja otak. Namun, di bulan puasa banyak nih yang lebih doyan tidur. Alasannya, ada hadits yang menyatakan bahwa "tidurnya orang puasa adalah ibadah". Hati-hati Tems, hadits ini dhaif alias palsu. Jadi ga bisa dijadikan rujukan

Lantas, apa yang harus kita lakukan biar jadi lebih produktif dan anti mager saat puasa? Berikut beberapa triknya.

1. Tetapkan Target

Seperti sudah disinggung sebelumnya, target itu penting banget lo. Dengan adanya target kita tau apa yang mau kita kejar dan apa yang harus diperjuangkan. Nah, tetapkan targetmu. Bisa target bulanan, mingguan atau harian. Bikin targetnya ga usah muluk-muluk kayak bisa ngecat rumah dalam sehari. Target yang sederhana aja tapi penting untuk dilakukan. Misalkan besok harus beberes kamar, besok nemenin Ibu belanja, minggu depan selesai bikin kue, dsb. Dengan adaya target, dijamin kamu ga mager lagi deh.

2. Buat Tantangan untuk Diri Sendiri

Selain menetapkan target, cara lain agar ga mager saat puasa adalah menetapkan tantangan untuk diri sendiri. Kalau MbaKrib, selama Ramadan ini mengikuti tantangan 30 Day Writing Challenge dari Blogger Perempuan serta tantangan Ramadan Writing Challenge dari Komunitas ODOP yang diikuti via platform Instagram. Di tantangan ini, MbaKrib harus bisa menulis 1 artikel untuk blog dan 1 postingan di instagram setiap harinya. Dengan mengikuti tantangan, dijamin deh kamu ga punya waktu untuk mageran.

3. Lengkapi Kebutuhan Nutrisi Harian

Udah bikin target, udah ikut tantangan juga tapi kok masih mager ya? Nah, coba kamu cek lagi. Target dan tantangan yang kamu buat itu masuk akal ga? Sudah sesuai kemampuan atau justru berlebihan? Kalau menurutmu target dan tantangannya masih sesuai kapasitas, saatnya cek makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka.

Kok jadi ngomongin makanan sih? Ya iyalah, makanan itu ibarat bahan bakar untuk menghasilkan energi. Kalau kamu ga ada energi, pasti bakal malas seharian. Pastikan konsumsi protein, buah, sayur dan air putihnya terpenuhi. Kamu bisa gunakan konsep Isi Piringku untuk membantu mengatur makanan yang dikonsumsi. Kalau perlu, kamu bisa minum vitamin atau suplemen. 

4. Olahraga

Orang puasa kok disuruh olahraga? Ntar pingsan loh. No no no. Hapus pikiran kalau olahraga akan membuatmu kelelahan dan dehidrasi setengah mati. Olahraga saat puasa itu dianjurkan kok, asal sesuai dengan aturannya. Ga perlu olahraga berat kayak angkat besi atau lari maraton. Cukup lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, jogging atau yoga. Setelah olahraga dijamin deh kamu bakal jadi lebih happy dan semangat.

5. Tidur yang Cukup

Biasanya, saat Ramadan kita tidur lebih larut dan lebih sedikit dibandingkan hari-hari biasa. Salat tarawih dan tadarus di malam hari serta bangun lebih awal untuk sahur. Nah, untuk mensiasati hal ini bisa kamu lakukan dengan tidur siang. Ambil waktu untuk istirahat siang sekitar 1-2 jam, sesuai kebutuhan. Sebenarnya lama waktu tidur tidak terlalu penting. yang paling penting adalah kualitas tidurmu. Jika kamu bisa tidur dengan nyenyak, tidur siang setengah jam sudah cukup untuk membuatmu segar kembali. Hindari begadang ya, apalagi jika begadang cuma untuk main hape atau ngobrol-ngobrol ga jelas.

Itulah beberapa tips puasa anti mager ala MbaKrib. Semoga bermanfaat untukmu :)

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email