Aplikasi Riset Keyword Gratis untuk Blogger Pemula

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai Tems, ada yang sudah pernah menggunakan aplikasi riset keyword gratis untuk menentukan keyword sebelum menulis konten blog? Kalau belum pernah, ga usah bingung. Kali ini MbaKrib akan membagikan beberapa aplikasi riset keyword gratis yang bisa kamu gunakan. Sebelum itu, kamu harus tau dulu nih kenapa riset keyword sebelum menulis konten blog itu penting.

riset keyword gratis

Tujuan Melakukan Riset Keyword

Riset keyword bertujuan untuk mengetahui hal apa yang paling banyak dicari di internet. Biasanya, sebelum menulis kita sudah memiliki ide tentang tulisan yang akan dibuat. Agar tulisan itu bisa sampai ke pembaca, maka kita butuh riset keyword. Saat melakukan riset, kita bisa mengeksplor lagi bagian mana dari ide tersebut yang dibutuhkan oleh pembaca. Hal apa yang paling ingin diketahui oleh pembaca kita. Ga mau kan konten yang telah ditulis dengan susah payah ternyata ga dilirik pembaca. Di Google pun ga keindeks.

Berikut ini adalah 4 aplikasi riset keyword gratis yang bisa kamu gunakan. Sebelum menggunakan aplikasi ini kamu sudah memiliki keyword awal terlebih dahulu. Keyword awal itu yang akan kita olah hingga menemukan keyword yang tepat untuk postinganmu.

SEOQuake

Aplikasi ini berguna untuk mengetahui website lain yang menulis topik serupa dengan kita dan bagaimana peringkat tulisannya. Masuk di Page One pencarian Google pasti menjadi impian banyak penulis blog dan website. Karen aitu kita harus mnegetahui saingan kita.

Untuk menginstal SEOQuake, kamu cukup menambahkan aplikasinya pada extension Chrome atau Firefox. Setelah diinstal, maka setiap kali kamu mencari informasi menggunakan Google, tampilannya akan seperti berikut.

tampilan seoquake

Di bagian bawah kolom pencarian muncul keyword difficulty yang berarti seberapa berat persaingan keyword tersebut untuk masuk masuk Page One. Kategorinya sebagai berikut

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah angka di bagian AS. Jika rata-rata dari 10 web yang tampil di page one memili angka AS yang besar, maka berati saingan untuk kontenmu berat. Solusinya cari lagi keyword lain yang mirip-mirip dengan keyword awalmu

WhatsMySerp

WhatsMySerp adalah tools yang digunakan untuk mengetahui volume pencarian dan CPC dari keyword yang akan digunakan. Volume pencarian ini berguna untuk mengetahui barapa rata-rata pencarian eyword tersebut setiap bulannya dan CPC adalah berapa harga untuk setiap klik di artikel tersebut. Bagi kamu yang ingin memasang Adsense di blog, wajib banget memperhatikan nilai CPC ini. Pemasangan WhatsMySerp dilakukan melalui penambahan extension pada browser.

Nah, bagaimana jika keyword yang akan kita gunakan ternyata punya saingan yang berat atau tidak ada nilai CPC? Caranya adalah dengan mengubah lagi keywordnya. Kunci dari menemukan keyword yang tepat adalah mau mengotak atik keyword-nya sehingga kita bisa menemukan keyword yang tepat dan sesuai dengan kriteria. Satu keyword ditolak, maka masih banyak lagi keyword lain yang menunggu untuk ditemukan. 

Untuk mengutak atik keyword ini, kita bisa menggunakan aplikasi keywordtool.io dan ahrefs. Aplikasi ini berbasis web dan tidak perlu instal extension.

Keywordtool.io

Salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk menemukan keyowrd yang tepat adalah keywrodtool.io. Denga keywordtool.io kita bisa menemukan banyak ide keyword yang dicari oleh para netizen berkaitan dengan topik yang akan kita tulis. Kita juga bisa menemukan alternatif keyword.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Pilih aplikasi yang ingin kamu ketahui keywordnya seprti Google, Youtube dan sebagainya. Setelah itu tulis keyword yang kamu inginkan dan pilih bahasa serta lokasi. Lalu tekan icon Search. Maka, aplikasi ini akan menampilkan rekomendasi keyword yang serupa dengan keyword yang kamu entrikan.

tampilan keywordtool.io

Kenapa tampilan aplikasinya ada yang diblur begitu? Itu karena kita menggunakan aplikasi yang gratisnya sehingga bagian Volume, Trends dan CPC nya tidak ditampilkan. Jika ingin ditampilkan, maka sebaiknya gunakan aplikasi yang Pro. Tapi, menggunakan yang gratis pun tak masalah karena yang kita butuhkan adalah rekomendasi keyword-nya

Ahrefs

Selain keywordtool.io kamu juga bisa menggunakan keyword generator dari ahrefs. Penggunaannya juga ga sulit, mirip-miriplah dengan keyword tool. Keunggulannya adalah Ahrefs menanmpilkan keyword difficulty, volume serta waktu pencaran terakhir tentang suatu keyword. Jadi, lebih mudah untuk kita menentukan apakan suatu keyword ini masih banyak dicari netizen atau tidak. 

tampilan keyword generaotr ahrefs

Untuk menentukan keyword alternatif, MbaKrib lebih suka menggabungkan hasil pencarian kedua keyword geneartor ini. Keyword yang muncul di keywordtool.io dan muncul juga di ahrefs berpotensi besar untuk dijadikan alternatif keyword. Tinggal lihat saingan nya aja di SEOQuake dan CPC di WhatsMySerp.

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara penggunaan aplikasi-aplikasi tersebut, bisa lihat di video berikut.




Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar