Pentingnya Riset Keyword Sebelum Menulis Blog

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai Tems. Kamu tau ga betapa pentingnya riset keyword sebelum menulis blog? Hal ini aku ketahui saat mengikuti kelas Adsense yang diampu oleh Mas Alex Alfand. Di kelas inilah aku mengetahui banyak hal tentang mebuat postingan blog. Banyak hal yang harus diperhatikan agar postingan kita berkualitas dan ga asal posting aja. Terlebih lagi jika blog didaftarkan untuk Adsense. Salah satu hal utama yang harus diperhatikan sebelum menulis di blog adalah riset keyword.

Menentukan Konten Tulisan

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh blogger pemula dalam menulis konten blog adalah menulis apa yang kita inginkan, bukan apa yang audiens butuhkan. Biasanya kita akan menulis postingan tentang hal yang menarik bagi kita atau bercerita mengenai berbagai macam hal. Padahal, blog merupakan wadah untuk berbagi informasi. Karena itu, kita juga harus mempertimbangkan dari sudut pandang audiens atau pembaca blog kita. Apakah mereka membutuhkan info dalam tulisan ini? Apakah info ini bermanfaat? Siapa yang akan membaca postingan ini? 

pentingnya riset keyword

Dasar berpikirnya adalah kenapa blog kita dikunjungi dan dibaca oleh orang lain? Tentu saja karena kita menyediakan informasi yang mereka butuhkan. Bisa jadi saat mencari informasi yang dbutuhkan, para pembaca menemukan blog kita dari hasil pencarian di Google atau dari tautan post yang kita bagikan di sosial media. 

Tujuan Riset Keyword

Riset keyword merupakan cara untuk mengetahui apa yang pembaca butuhkan. Topik apa yang paling banyak dicari? Informasi seperti apa yang sedang dibutuhkan saat ini? Pemikiran inilah yang membantu kita dalam melakukan riset keyword. Saat melakukan riset keyword, kita menentukan kata kunci yang tepat untuk digunakan dalam artikel yang akan ditulis. Pemilihan keyword yang tepat dapat membantu mendongkrak performa blog

Jika kita hanya menulis hal-hal yang kita sukai dan tidak berorientasi pada kebutuhan pembaca, maka jangan heran kalau traffic dan pageviews blog kamu gitu-gitu aja. Karena tidak banyak pembaca yang tertarik dengan topik yang kamu tulis. Ibarat dagang, jika kamu menjual sesuatu dibutuhkan oleh banyak orang maka daganganmu akan laris. Begitu juga dengan tulisan konten blog. Makin banyak yang membutuhkan informasi tersebut, maka makin banyak pula pengunjung yang membaca artikel yang kamu tulis.

Melakukan Riset Keyword

Banyak tools yang bisa digunakan untuk melakukan riset keyword seperti keywordtool.io dan ahrefs. Selain itu Google Trends dan Google Console juga akan sangat membantu dalam menemukan ide untuk konten.

1. Keywordtool

Aplikasi keywordtool bisa kamu akses melalui websitenya. Cara mengggunakan tools ini cukup mudah yaitu tuliskan keyword yang akan kamu tulis (2 hingga 4 kata) lalu pilih negara dan bahasa. Setelah itu klik tombol Search. Dalam beberapa detik, akan muncul keyword-keyword lain yang sesuai dengan keyword yang kamu entrikan. Pilih keyword yang paling tepat untuk tulisanmu.

tampilan keywordtool.io

Karena aku menggunakan fasilitas yang gratis, maka yang terlihat hanya keywords saja, tanpa analisa CPC, Search Volume dan lain sebagainya. Tapi tak apa, setidaknya kita tahu apa saja informasi yang banyak dicari pada keyword yang kita pilih.

2. Ahrefs

Sama seperti keywordtool,io, Ahrefs juga menyediakan fasilitas untuk mencari keyword. Tampilannya juga user friendly sehingga kamu bisa menggunakan aplikasinya dengan mudah.

Selain 2 tools di atas, kita juga bisa memanfaatkan hasil analisis dari Google Console untuk riset keyword. Tapi, sebelum itu kita harus mendaftarkan blog terlebih dahulu pada Google Console. Laporan Google Console akan menampilkan keyword yang dicari oleh pembaca dan sesuai dengan artikel yang kita tulis. Keyword yang telah kamu peroleh tadi, bisa dikembangkan lagi menjadi sebuah artikel baru yang informatif untuk pembaca

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar