Cara Menghemat Uang Gaji 1 Juta

Posting Komentar
Konten [Tampil]
Cara menghemat uang gaji 1 juta

Judul artikelnya udah bombastis ga? Cara menghemat uang gaji 1 juta. Hidup hemat dan rajin menabung memang jadi hal yang agak sulit dijalani. Kita tau pentingnya rajin menabung, tapi tetap aja saat terima gaji menabung jadi hal terakhir yang kita lakukan. Godaan belanja online, diskon payday serta nongkrong di tempat kece terlalu kuat untuk dielakkan.

Ada yang bilang, ketika single dan belum memiliki tanggungan adalah masa-masa emas untuk menabung dan memiliki aset. Terlebih lagi jika memiliki gaji yang besar. Jangan buru-buru untuk upgrade gaya hidup, tapi fokuslah untuk menabung dan memiliki aset. Jangan sampai prinsip hidup YOLO dan bersenang-senang saat muda bikin kamu ga bisa nabung dan menyesal di kemudian hari.

Biar ga tergoda dan bisa hemat, berikut tips cara menghemat uang gaji 1 juta

1. Punya Pemasukan

Yups, cara pertama agar bisa menghemat uang gaji 1 juta sebulan adalah harus punya pendapatan atau pemasukan terlebih dulu. Kalau ga ada pemasukan, ga bisa nabung dong. Berapa pendapatanmu dalam 1 bulan? Hitung semua sumber pemasukan yang ada. Dari gaji, bonus, kerja sampingan, dan lainnya.

2. Pengeluaran Lebih Kecil dari Pemasukan

Setelah mengetahui besaran pemasukan dalam sebulan, kita bisa menghitung berapa pengeluaran. Berapa biaya bayar kewajiban bulanan (biaya sewa, listrik, air, pulsa), biaya cicilan, biaya makan dan sebagainya. 

Untuk bisa nabung, juga harus realistis ya. Jika saat ini gaji yang diterima hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup atau bahkan kurang, jangan memaksakan diri untuk menabung. Tapi, pandai-pandai mengatur uang agar cukup dan tidak berhutang saat akhir bulan. Selain itu, bisa mencari tambahan pendapatan dengan melakukan pekerjaan sampingan. 

Kalo gaji UMR, bisa ga nabung 1 juta? Bisa dong. Jika tinggal dengan orang tua, berangkat kerja pake transportasi umum serta rajin bawa bekal, nabung 1 juta bukan angan-angan kok. Jangan malas bawa bekal tiap hari. Hal ini bener-bener bisa menghemat pengeluaran lo karena pengeluaran paling besar yang kita lakukan adalah untuk makan. Selain lebih hemat, bawa bekal sendiri juga lebih sehat karena kamu bisa makan dengan gizi dan nutrisi yang lengkap.

hitung pengeluaran
pexels.com

3. Tentukan Tujuan

Apa tujuanmu menabung? Apakah untuk membeli rumah, buat umroh sekeluarga, tabungan pendidikan anak atau apa? Adanya tujuan akan memotivasi kita untuk lebih semangat dalam menabung. 

Gimana kalo ga ada tujuan menabung? Ya, ga apa-apa. Tetap lanjutkan kebiasaan menabungnya. Namun, jika kita punya tujuan yang lebih spesifik, kita bisa lebih semangat dan fokus pada tujuan menabung. Sehingga, ga gampang tergoda untuk menggunakan uang tabungannya.

4. Nabung di Awal, Bukan Akhir

Konsep menabung yang harus kamu terapkan adalah, sisihkan budget untuk menabung di awal bukan di akhir bulan. Jadi, saat menerima gaji bayar semua kewajiban bulanan dan langsung transfer uang ke rekening tabungan. Jangan pake mikir dan ragu-ragu ya. Sesuaikan besaran dana tabungan dengan hitung-hitungan yang telah dilakukan di awal tadi.

Uang yang tersisa setelah menabung dan membayar kewajiban itulah yang dipakai untuk memenuhi kebutuhan harian hingga gajian selanjutnya

5. Miliki Rekening Terpisah

Agar bisa konsisten menabung dan uangnya aman (tidak terpakai akibat khilaf) sebaiknya miliki 1 rekening khusus untuk tabungan. Memiliki rekening tabungan yang terpisah dengan rekening harian akan sangat membantu saat menabung. Selain itu, kita juga harus konsisten dan punya keteguhan hati untuk tidak menggunakan uang yang ada dalam rekening hingga mencapai target. 

6. Konsisten

Bak kata pepatah "sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit", maka menabung harus dilakukan secara rutin dan jadikan sebagai kebiasaan. Jangan hanya semangat di awal, lalu lalai di akhir. Menumbuhkan kebiasaan memang berat dan membutuhkan waktu, namun juga bukan hal yang mustahil. Jika kebiasaannya sudah terbentuk, maka kita tidak perlu bingung lagi bagaimana cara menghemat uang gaji 1 juta.

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar