Jus Apel Wortel Tomat, Minuman Enak Kaya Manfaat

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Memenuhi kebutuhan konsumsi sayur dan buah harian terkadang sulit dilakukan. Saat makan, terkadang kita hanya fokus agar bisa kenyang tanpa memperhatikan kecukupan gizi. Sehingga konsumsi sayur dan buah sering terabaikan. Padahal tubuh kita memerlukan vitamin, mineral dan serat dari sayur dan buah-buahan loh.

jus apel wortel tomat
membuat jus apel wortel tomat yang enak harus menggunakan bahan yang segar 

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Hermina dan Prihatini S yang berjudul Gambaran Konsumsi Sayur dan Buah Penduduk Indonesia dalam Konteks Gizi Seimbang rata-rata masyarakat Indonesia mengonsumsi sayur sebanyak 70 gram/orang/hari dan konsumsi buah sebesar 38.8 gram/orang/hari. 

Menurut Pedoman Gizi Seimbang, orang dewasa dianjurkan mengonsmsi buah dan sayur sebanyak 400 gram/orang/hari. Nah, masih jauh banget kan jumlah konsumsi sayur dan buah kita dibandingkan jumlah yang seharusnya.

Pedoman mudah untuk memastikan konsumsi sayur dan buah harian tercukupi adalah dengan menerapkan konsep Isi Piringku setiap kali makan. Bisa dilihat pada gambar di bawah ini, bahwa porsi konsumsi sayur dan buah adalah setengah dari isi piring kita

kampanye isi piringku
Panduan makan dengan gizi seimbang melalui kampanye Isi Piringku

Jus untuk Meningkatkan Konsumsi Buah dan Sayur

Kurangnya konsumsi sayur kita biasanya diakibatkan karena kita memandang sayur bukan sebagai makanan utama tai makanan pendamping. Kita lebih fokus memperbanyak konsumsi nasi dan lauk saat makan agar bisa merasa kenyang.

Begitu juga dengan buah. Pemikiran sepe

Salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur adalah dengan membuat jus dari kombinasi buah dan sayur. Eits, jangan langsung berpikiran kalau jus sayur ga enak. Asal bisa menemukan kombinasi buah dan sayur yang tepat, maka jus ini bisa menjadi minuman favoritmu loh.

Salah satu menu jus buah sayur yang aku suka adalah gabungan dari wortel, apel dan tomat. Jus ini bener-bener enak loh. Selain itu juga kaya manfaat.

Cara Membuat Jus Apel Wortel Tomat

Tahukah kamu bahwa jus apel wortel tomat ini dikenal juga dengan istilah jus 3 diva? Istilah ini dipopulerkan oleh akun instagram @temangngejus. Tapi, aku tau kombinasi jus apel wortel tomat dari channel youtube salah seorang influencer (aku lupa namanya). 

Waktu itu beliau cerita tentang menu makanan sehari-harinya. Karena aku suka dengan segala menu yang enak tapi bikinnya simpel, aku tertarik mencoba kombinasi jus apel wortel tomat. Dan sejak saat itu, setiap kali buat jus, aku akan pilih jus ini.

Cara membuat jus apel wortel tomat ini simpel kok. Potong semua bahan, tambahkan air lalu blender. Tapi, agar lebih enak aku melakukan beberapa penyesuaian pada resepnya seperti berikut

jus apel wortel tomat enak
membuat jus apel wortel tomat yang enak

Merebus wortel dalam air yang mendidih ga perlu lama-lama ya, sebentar aja. Aku biasanya itung sampe 20, lalu masukkan tomat dan itung lagi sampai 10 lalu matikan api. Saat terkena air, maka kulit tomat akan pecah sehingga akan memudahkan kita mengupas kulitnya.  Biarkan sampai agak dingin karena kulit wortel dan tomat akan dikupas. Ga masalah juga kalau kamu ga ingin mengupas kulit wortel atau tomat tersebut, tergantung selera saja. 

Untuk wortelnya aku lebih suka direbus sebentar karena akan menghilangkan bau wortel saat diblender. Waktu dulu nyoba bikin jus dengan wortel mentah, saat diminum ada aroma umbi-umbian khas wortel gitu. Walaupun baunya ga mengganggu, tapi aku kurang happy aja minumnya sehingga aku memutuskan buat rebus wortelnya. Wortel rebus ini juga bikin tekstur jusnya lebih lembut.

Jeniper yang ada di resep itu singkatan dari jeruk nipis peras ya Tems. Atau bisa juga diganti dengan air lemon. Tambahan air lemon ini membuat jusnya jadi makin seger. Setelah diblender, jusnya ga usah disaring. Minum semuanya ya.

Manfaat Jus Apel Wortel Tomat

Jus apel wortel tomat ini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Pasti sudah tau kan manfaat wortel untuk mata? Kandungan vitamin A dalam wortel bisa menjaga kesehatan mata kita. Begitu juga tomat yang memiliki likopen dan vitamin C yang kaya serta berbagai macam vitamin lainnya yang baik untuk tubuh.

jus apel wortel tomat dengan bahan segar
Photo by Sven Scheuermeier on Unsplash

Tems, kamu tau ga kalau merebus wortel dan tomat sebelum dimakan bisa meningkatkan kandungan antioksidannta? Menurut salah seorang pakar nutrisi, Anan Allidina, wortel sebaiknya tidak dimakan mentah. Saat dimasak, wortel menghasilkan lebih banyak zat beta karoten yang berguna sebagai antioksidan. Beta karoten ini nantinya akan diolah tubuh menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk mata serta meningkatkan imun kita.

Sama seperti wortel, memasak tomat juga akan meningkatkan kadar likopen dan kandungan anti oksidan lainnya di dalam tomat. Likopen ini bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker di tubuh kita.

Proses memasak wortel dan tomat yang disarankan adalah dengan mengukusnya agar kandungan nutrisi tetap terjaga. Namun, karena aku ga punya panci kukus wortel dan tomatnya aku rebus selama beberapa detik aja. 

Apel yang sering aku gunakan adalah apel merah. Manfaat apel merah ini banyak banget loh Tems antara lain menjaga kesehatan jantung, kaya anti oksidan serta melindungi tubuh dari kanker. Apel juga membantu menjaga kesehatan pencernaan karena tingginya serat yang dimiliki buah berwarna merah ini.

Banyak banget kan manfaat dari jus apel wortel tomat ini. Yuk biasakan banyak makan buah dan sayur supaya kita lebih sehata dan nutrisi tubuh terpenuhi

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar