Franchise Kopi Janji Jiwa, Syarat dan Perhitungan Modal Awal

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai Tems... Kira-kira, kalau pengen join franchise kopi janji jiwa butuh modal berapa ya? Begitulah salah satu fikiran absurd yang sempat singgah di otakku saat melihat gerai kopi janji jiwa.

bisnis coffe shop
Kopi janji jiwa merupakan salah satu coffee shop yang digemari anak muda.
Photo by Nafinia Putra on Unsplash

Siapa sih yang ga kenal dengan salah satu brand kopi kekinian ini? Kebanyakan anak muda pasti udah pernah nyicip kopi ini serta nyobain menu toastnya. Kopi janji jiwa memang punya banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Makanya, ga heran kalau brand kopi yang satu ini punya banyak penggemar karena memang mudah diakses.

Apakah kamu tertarik untuk ikut bergabung dengan bisnisnya? Kira-kira butuh modal berapa ya?

Mengenal Franchise Kopi Janji Jiwa

Sebelum membahas modal yang dibutuhkan, apakah kamu sudah tau tentang bisnis franchise? Secara sederhana, franchise atau waralaba adalah salah satu bentuk bisnis dimana kita menggunakan merk dagang yang telah populer atau telah dikenal masyarakat.

Karena menggunakan merk dagang yang sudah ada, maka kita wajib membayar royalti kepada pemilik merk secara berkelanjutan. Saat melakukan bisnis franchise, maka pemilik merk akan memberikan pelatihan serta segala atribut bisnis yang dibutuhkan. 

Franchise ini menjadi salah satu jalan tengah dalam pengembangan usaha karena pemilik usaha tidak repot dalam mendirikan cabang baru. Cukup bekerja sama dengan pihak yang ingin menggunakan merk dagang tersebut.

Dari sisi penyewa, usaha franchise bisa meminimalkan resiko gagal. Saat menjalin kerjasama maka  penyewa akan diajarkan segala macam hal terkait bisnis tersebut mulai dari pembuatan dan penyajian produk, strategi marketing hingga branding. Hal ini dilakukan untuk menjamin semua franchise yang ada memiliki standar operasional yang sama.

Memilih Bisnis Franchise yang Tepat

Saat akan menjalankan bisnis, maka riset pasar adalah hal yang mutlak dilakukan. Termasuk dalam menjalankan bisnis franchise. Franchise besar memang sudah memiliki konsumen setianya, namun masih ada kemungkinan tidak berhasil.

Kegagalan ini bukan karena kualitas produk yang buruk. Franchise besar tentu saja memiliki standar jaminan kualitas produk yang ketat. Namun, kegagalan bisa terjadi saat salah memahami kebutuhan atau tren pada masyarakat.

Contohnya, bisnis coffee shop seperti janji jiwa akan berhasil di lokasi yang sering didatangi remaja atau anak muda. Seperti di dekat kampus atau area perkantoran. Namun, jika kamu memilih lokasi di daerah yang sulit dijangkau, maka ada kemungkinan bisnisnya tidak berhasil.

Karena itulah melakukan riset itu wajib. Kamu harus memahami siapa target konsumen, produk mana yang sedang diminati serta apa saja yang mereka butuhkan.Setelah melakukan riset, maka kamu bisa memilih bisnis franchise yang ingin dijalankan. 

Memulai Franchise Kopi Janji Jiwa

Bergabung menjadi bagian dari bisnis kopi janji jiwa menjadi salah satu peluang bisnis yang menggiurkan. Saat ini janji jiwa tidak hanya menjual kopi dan jiwa toast saja, tapi juga sudah memiliki brand untuk minuman teh dengan nama Jiwa Tea.

Dilansir dari laman jiwagroup.com, saat ini Janji Jiwa telah memiliki lebih dari 900 outlet yang tersebar di lebih dari 100 kota di Indonesia. Pada tahun 2019 brand ini mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai coffee shop dengan perkembangan yang paling pesat dalam setahun.

Untuk menjadi mitra Janji Jiwa, terdapat 2 pilihan yaitu Location Partnership dan Kemitraan. Location Partnership adalah kemitraan untuk pemilik atau pengelola lokasi usaha strategis seperti pemilik ruko, gedung atau tanah. Sementara itu Kemitraan merupakan kerjasama waralaba alias franchise.

Berikut persyaratan yang harus dimiliki jika ingin memulai franchise Kopi Janji Jiwa.

  1. Lokasi usaha berada di tempat yang strategis atau berada di area keramaian serta mudah diakses seperti area perkantoran, kampus, mall, bandara, stasiun dan sebagainya.
  2. Memiliki outlet dengan luas ruangan minimal 3x2.5 meter
  3. Outlet memiliki listrik 18A
  4. Memiliki saluran air yang baik, meliputi saluran air bersih dan saluran air kotor (pembuangan)
  5. Bersedia mengikuti konsep desain ruangan yang telah ditetapkan oleh pihak Janji Jiwa

Asumsi Modal Awal

Terdapat 2 paket franchise yang disediakan oleh manajemen Janji Jiwa. Paket pertama adalah paket standar dengan harga 75 juta. Dalam paket ini kamu akan mendapatkan lisensi penggunaan brand, pelatihan, seragam, standard booth desain, perlengkapan pembuatan produk, media promosi, peralatan Hot Menu serta buku SOP.

Paket kedua adalah paket lengkap dengan harga 85juta. Paket ini memiliki fasilitas yang sama dengan paket standar namun dilengkapi dengan fasilitas mesin kasir serta freezer.

Jika dihitung harga pembelian paket franchise serta biaya tempat, perkiraan modal awal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis franchise kopi Janji Jiwa berkisar antara 100 hingga 200 juta. Asumsi ini termasuk biaya konstruksi tempat (yang harus sesuai dengan standar Janji Jiwa) dan biaya sewa tempat.

Ada lagi biaya bulanan yang harus diperhitungkan seperti biaya listrik, air, internet, pembelian bahan baku, serta gaji karyawan.

Setelah melihat perkiraan biaya yang dibutuhkan, apakah kamu siap untuk memulai bisnis franchise kopi Janji Jiwa? Modal yang dibutuhkan memang lumayan besar, namun ini sebanding dengan value tinggi yang dimiliki kopi Janji Jiwa.

desain interior coffee shop
Salah satu gerai kopi janji jiwa. Desain interior yang telah ditetapkan membuat semua gerainya memiliki konsep interior yang sama

Cara Daftar Franchise Kopi Janji Jiwa

Jika kamu tertarik untuk membuka franchise kopi Janji Jiwa, maka kamu bisa menghubungi tim manajemen dan mengajukan proposal kerjasama dengan mendatangi kantor Janji Jiwa. Kantornya berlokasi di Kedoya Raya No.2 , Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11520.

Tim manajemen juga bisa dihubungi secara online melalui email dengan alamat info@jiwagroup.com. Ssetelah proposal dikirim, maka tim manajemen akan melakukan survei lokasi pendirian outlet yag kamu tawarkan.

Setelah proposal disetujui, maka kamu akan melakukan penandatanganan kontrak kerjasama serta pembayaran paket franchise. Dilanjutkan dengan persiapan pembukaan gerai serta pelatihan. Jika persiapan outlet sudah oke, maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu dari persiapan hingga pembukaan gerai.

Setelah mengetahui syarat, proses serta modal yang dibutuhkan, apakah kamu tertarik untuk memulai franchise kopi janji jiwa?

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar