Cara Memilih Laptop untuk Kerja dari Rumah bagi Pemula

18 komentar
Konten [Tampil]

Hai Tems, memilih laptop untuk kerja bisa menjadi salah satu hal membingungkan bagi sebagian orang. Begitu banyak ragam laptop yang ditawarkan dengan berbagai macam harga dan model. Belum lagi istilah-istilah pada laptop yang terasa asing di telinga seperti processor, CPU, RAM, HDMI. Duh, memilih laptop bisa jadi hal yang sangat sulit.

memilih laptop untuk kerja

Supaya ga bingung dalam memilih laptop untuk kerja yang tepat, kamu bisa gunakan beberapa panduan berikut.

Pahami Kebutuhan Kerja

Pertanyaan paling awal yang harus kamu jawab saat ingin membeli laptop adalah laptopnya kan digunakan untuk apa? Jawaban pertanyaan ini nantinya akan membantu kamu memilih spesifikasi laptop yang tepat. Jenis spesifikasi laptop untuk orang yang melakukan pekerjaan dengan aplikasi Office, browsing internet dan nonton film tentu akan berbeda dengan laptop yang dibutuhkan oleh youtuber untuk editing video atau laptop yang dibutuhkan gamer.

Ukuran RAM 2GB atau 4GB akan cukup jika laptop hanya digunakan untuk keperluan sederhana. Namun, jika kamu seorang programmer atau butuh laptop untuk editing video dan banyak menggunakan aplikasi berat maka RAM dengan ukuran 8GB hingga 16GB memang harus kamu miliki. 

Begitu juga dengan processor. Tak harus menggunnakan processor terbaru dan paling mumpuni di kelasnya. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan pemakaianmu. Sehingga kita tidak perlu membeli laptop dengan segala perangkat terbaru jika memang tidak dibutuhkan.

Pertimbangkan Ukuran dan Bobot Laptop

Ukuran dan bobot laptop penting untuk dipertimbangkan. Jika laptop sering dibawa untuk bepergian, tentu saja kita membutuhkan laptop yang ringan dan mudah dibawa-bawa. Saat ini, sudah banyak laptop dengan berat dibawah 2kg. Ringan banget kan dibawa bepergian. Untuk layar, sebaiknya pilih laptop dengan ukuran 14inch. Ukuran ini terbilang pas digunakan untuk bekerja. 

Budget yang Dimiliki

Setelah menentukan spesifikasi atau kriteria laptop, maka kita harus menyesuaikan harga laptop impian dengan dana yang ada. Kemampuan melakukan survei akan sangat membantu untuk mendapatkan laptop incara dengan harga yang sesuai kemampuan. Di tahap ini, merek laptop akan sangat mempengaruhi harga. Laptop dengan spesifikasi sama namun berbeda brand bisa memiliki beda harga yang lumayan jauh. 

budget membeli laptop
Photo by Mufid Majnun on Unsplash

Selain memilih brand, lokasi pembelian juga menentukan harga. Jadi sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu. Jika ingin membeli laptop secara langsung, tidak ada salahnya membandingkan harga yang ditawarkan antara satu toko dengan toko lainnya. Jika ingin membeli laptop secara online, maka lakukan survei di berbagai macam marketplace. Supaya lebih aman, pastikan kamu membeli laptop di official store nya. 

Ketersediaan Service Center Resmi

Ketersediaan layanan service center juga menjadi hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli laptop. Adanya servide center akan memberikan rasa aman dan tenang jika sewaktu-waktu laptopmu bermasalah. Jika ada masalah saat penggunaan, kita ga perlu bingung lagi mau service dimana. 

Baca Ulasan atau Review Laptop

Setelah menentukan merek dan spesifikasi laptop yang akan dibeli, tidak ada salahnya untuk membaca ulasan atau menonton review laptop pilihanmu. Kita bisa mengetahui bagaimana pendapat orang-orang yang sudah menggunakan laptop tersebut. Apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Saat ini, sudah banyak blogger dan youtuber yang melakukan review laptop. Tinggal cari ulasannya dengan bantuan Google. 

Memang banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih laptop untuk kerja. Ga apa-apa repot di awal, asal membeli yang tepat kemudian. Semoga kamu segera menemukan laptop untuk kerja yang cocok yah :)

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

18 komentar

  1. Iya, nih, dulu waktu beli laptop aja suami yang ngerti tentang laptop. Beberapa hari sebelumnya kita memang sudah berselancar di internet buat cari referensi laptop. Cari laptop kayak cari jodoh juga ternyata. Susah-susah gampang :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus banyak-banyak cari referensi supaya ketemu laptop yang pas di hati mba

      Hapus
  2. Laptop yang saya pakai sekarang sebenarnya kemaren bgt. Sudah touch screen dan memorinya juga besar. Cuma sayang berat banget, jadi males bawa kemana-mana.

    gak bisa milih karena lungsuran suami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo lungsuran suami harus diterima dengan senang hati bun

      Hapus
  3. Dulu banget pas mau beli laptop si adek wanti-wanti agar sesuaikan dengan kebutuhan dan bugget. Kalau pak suami lebih parah lagi, yang seken tapi masih bagus dan murah. Lha kerjanya full di kantor. Nggak ada cerita bawa kerjaan ke rumah meski WFH tetep ke kantor juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyari laptop bekas harus pinter-pinter supaya dapat laptop yang kondisinya beneran oke

      Hapus
  4. Laptopku baru under service nih, meskipun tua, tapi sangat membantu buat berkarya. Btw mbak, makasih tulisannya ya

    BalasHapus
  5. Saya sangat gaptek dengan hal-hal semacam processor, CPU, RAM, HDMI. Walhasil beli laptop asal bisa buat nulis dan internet aja, eh pas ada trouble, ga paham juga bagian apanya yang bermasalah.

    Terima kasih Mbak Febri sudah memberikan gambaran tentang laptop. Lain waktu ketika beli lagi, harus belajar memperhatikan spesifikasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisannya membantu pak Yonal..

      Hapus
  6. Waah aku lagi pengen beli laptop baru karena rebutan sama ibu nih. Jujur aku suka bingung jadi kalau beli laptop pasti ngajak om-ku yang paham soal ginian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli laptop sebaiknya memang dengan orang yang paham mba, supaya bisa dapat laptop yang sesuai kebutuhan

      Hapus
  7. Pengen yg RAM nya tinggi, tapi budget-nya tak cukup, jadi aku sebagai pembeli yg tahu diri yaa lebih memilih sesuai budget aja dah, wkwkwk sama kapasitas RAM nya juga disesuaikan dgn isi kantong hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dana adalah kunci ya mba Pida.. Jadi spek laptop menyesuaikan budget yang ada

      Hapus
  8. laptop terbaru usianya sdh menginjak setahun lbh sebulan, sekitar juli 2020 saat membeli, ssngaja beli yg kuat utk editing video krn sblmnya selalu eror jika sdng editing, terlebih klo zoom eh tiba2 mati wkwk kezel kaaan, makanya maksain ganti yg lbh baik, semoga tetep awet aamiin

    BalasHapus
  9. Aku mah kalau laptop pasrah aja sama suami. Tinggal makai doang pokoknya. Cuma bilang aja aku butuhnya yang bisa buat ini, itu.. trus kalau lemot bilang lagi, akhirnya ditambahin RAM dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serahkan pada Pak Martin yang lebih ahli ya mba. Tinggal bilang dan laptop idaman sudah tersedia

      Hapus

Posting Komentar