CeritaMbaKrib

5 Alasan Kenapa Harus Punya Blog

Posting Komentar

Hai Tems. Kali ini MbaKrib ingin menulis tentang kenapa kita membuat blog. Kalo teman-teman semua kenapa sih dulu punya blog? Awalnya iseng-iseng atau memang udah serius pengen jadi blogger?

Mungkin, banyak yang bertanya-tanya "hari gini ngapain sih buat blog. Udah ada facebook dan instagram yang juga bisa dijadikan sarana menulis". Nah, MbaKrib akan memaparkan kenapa sih kita harus punya blog.

1. Meningkatkan Kemampuan Menulis

blog meningkatkan kemampuan menulis

Hal pertama yang jadi keuntungan saat memiliki blog adalah meningkatkan kemampuan menulis. Kalau biasanya kamu sering nulis status di facebook ata bikin caption di instagram, saat menulis di blog kamu akan merasakan hal yang berbeda. Blog menyediakan fasilitas menulis lebih panjang (ribuan kata) serta kamu bisa menambahkan banyak gambar atau foto yang bisa mendukung tulisanmu. 

Selain itu, blogmu juga membantumu menulis secara runtut dan jelas. Kalo biasanya nulis di caption cuma beberapa baris atau menyimpan kode-kode terselubung, nah kalau di blog kamu nulisnya harus runtut. Pemilihan diksi (kosakata) juga diperlukan. Artikel yang panjang di blog menuntut kamu untuk terus konsisten dalam menulis dan tidak melenceng dari isi artikel yang telah direncanakan.

Kedengarannya berat ya? Tapi ga sesulit itu kok. MbaKrib dulu waktu awal-awal ngeblog juga  nulis dikit kok cuma sekitar 300-400 kata. Tapi lama kelamaan kemampuan menulisnya jadi nambah terus karena ada banyak tantangan menulis yang bisa kita ikuti. Tantangan dan kemauan untuk terus belajar akan membuat tulisanmu semakin baik.

Jika ga tau mau nulis apa, kamu bisa tulis hal-hal yang menarik atau berkesan di sekitarmu. Ga ada ketentuan kok tema yang harus ditulis. Ini kan blogmu, maka kamu yang menentukan isinya.

2. Wadah Menulis yang Lebih Private

Dulu, ketika banyak yang menulis di Facebook Page, MbaKrib juga ingin nulis di sana. Tapi malu. Alasannya karena tulisan kita akan dibaca oleh orang-orang yang kita kenal. Dan itu bikin MbaKrib minder dan keinginannya ga jadi diwujudkan karena minder dengan tulisan sendiri.

Sampe akhirnya, MbaKrib nemu blog. Blog ini benar-benar bisa menjadi catatan pribadi kamu. Bahkan jika kamu ga ingin siapapun membaca tulisanmu, kamu tetap bisa nulis di blog. Jadi kayak semacam diary gitu. Kamu ga perlu membagikan tautan tulisanmu. Selama tautannya ga dibagikan, orang lain ga bakal bisa baca tulisanmu.

Blog juga berbeda dengan sosial media. Kamu ga perlu saling follow siapapun. Jadi, blog cocok banget untuk kamu yang ga mau dikenal orang. Biarlah tulisannya aja yang menjelajah kesana kemari, tapi kamu ga perlu dketahui oleh orang lain. Inilah yang membuat MbaKrib nyaman nulis di blog. 

Dan MbaKrib mulai pede bagikan link tulisan adalah saat bergabung dengan komonitas blogger. Dan setelah pede dengan kualitas tulisan sendiri, barulah mulai membagikan tautannya di media sosial.

3. Kamu Jadi Tahu Banyak Hal

blogger tahu banyak hal

Hal yang paling seru dari menulis adalah kita bisa tahu banyak hal, bahkan hal-hal yang ga pernah diminati sebelumnya. Ada yang bilang "Kalau kamu ingin bisa menulis, maka kamu harus mau membaca". Quote-nya emang bener sih. Kalau kita ga suka baca, ga mau mendengarkan orang lain, lantas apa yang akan kita tulis?

Bahkan, ketika menulis sebuah artikel pun kita harus melakukan riset terlebih dahulu. Tujuannya agar apa yang kamu tulis adalah hal yang benar dan bukan merupakan berita bohong atau hoax. Riset juga berguna untuk menambahkan informasi baru dalam tulisan. Sehebat apapun kita menguasai suatu hal, pasti tetap ada hal-hal baru yang tidak kita tahu sebelumnya.

4. Bisa Ikutan Lomba

Tems, kamu tau ga sih ada banyak banget lomba yang bisa diikuti oleh blogger setiap bulannya. Lomba ini memiliki berbagai macam tema, mulai dari review produk, isu lingkungan, tema keuangan dan finansial dan berbagai macam lainnya. Kamu bisa pilih untuk mengikuti lomba yang kamu suka.

Saat mengikuti lomba, tentu saja kita ingin jadi pemenang. Tapi jangan jadikan keinginan untk menang sebagai satu-satunya motivasi saat mengikuti lomba. Nanti, kalau kamu ga menang malah jadi males untuk nulis lagi. Jadikan lomba sebagai ajang untuk kamu belajar hal baru dan membuka wawasan tentang berbagai macam hal. Kalau menang Alhamdulillah, tapi kalau ga menang ga apa-apa. Toh kamu kan belajar banyak selama proses menulis artikel lombanya.

Bagi MbaKrib ikut lomba adalah salah satu alternatif menyenangkan jika lagi ga punya ide nulis. Minimal, ada artikel baru yang muncul di blog. Daripada dianggurin terus jadi sarang laba-laba, kan?

Selain lomba, ada juga tantangan menulis seperti 30 Days Writing Challenge bagi para blogger. Dalam tantangan ini, kamu diminta untuk menulis artikel baru setiap hari selama sebulan. Temanya bisa ditentukan oleh penyelenggara dan bisa juga bebas.  Kayak sekarang ini, MbaKrib lagi ikut tantangan 30 Days Ramadan Challenge yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan. Kamu bisa lihat tulisan yang diikutkan dalam tantangan pada kategori Ramadan Bersama BPN 

Dan blogger yang lulus adalah blogger yang mampu menulis secara konsisten selama sebulan. Menantang banget kan?

5. Membuka Peluang untuk Pekerjaan Lainnya

alasan harus punya blog

Tems, kamu tau ga kalau punya blog bisa menjadi salah satu pintu dalam mendatangkan rezeki? Jika kamu mengelola blog secara serius, blog bisa jadi ladang cuan kamu lo. Tau Raditya Dika kan? Doi mengawali karirnya di bidang entertainment dari menulis blog. Karena tulisannya banyak diminati, akhirnya Raditya Dika menerbitkan buku, lalu lanjut dengan beberapa buku yang dijadikan film hingga dramam series. Seru kan? 

Selain menulis buku, pendapatan juga bisa didapat dari iklan yang dipasang di blogmu atau dari kerjasama penulisan artikel dengan agensi. Bisa juga melalui endorse produk. Ga cuma selebgram aja yang bisa endors, blogger juga bisa loh. Kamu juga bisa jadi salah satu penulis di website-website besar seperti Hipwee serta menjadi content writer. Perkembangan dunia digital yang pesat membuat kebutuhan akan content writer meningkat. Kalau udah punya blog, kamu jadi lebih pede saat melamar posisi sebagai content writer. Blog kamu akan menjadi portfolio yang sangat membantu.

Demikianlah ulasan MbaKrib tentang kenapa kita harus punya blog. Kalau kamu memang menyukai dunia tulis menulis, kamu harus banget punya blog. Yang belum bisa nulis juga bisa buat blog, agar kemampuan menulismu meningkat. 

Setelah baca artikel ini, apakah kamu jadi pengen punya blog?

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email