CeritaMbaKrib

Cerita Ramadan 1442 H

Posting Komentar

Hai Tems. Kali ini MbaKrib mau bikin resume (atau catatan ya?) tentang cerita Ramadan 1442 H. Tulisan ini disertakan dalam Tema Hari ke-29 dalam 30 Day Ramadan Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan.

ramadan 1442H
Photo by the dancing rain on Unsplash


Tems, Ramadan kali ini rasanya waktu berlalu sangat cepat. Dalam sekejap, kita udah sampai di hari ke-30 Ramadan. Rasanya masih ingin berlama-lama bertemu Ramadan. Tapi apa daya, waktu terus berputar tak peduli apapun. Ramadan kali ini cukup istimewa, karena dilaksanakan selama 30 hari. Seringnya kan Ramadan dilaksanakan 29 hari. Nah, apakah Ramadan ini telah dimanfaatkan dengan baik? Apa saja yang dilakukan selama Ramadan ini?

Ikut Tantangan Menulis

Ramadan 1442H dimulai dengan mengikuti tantangan menulis. Niatnya agar makin terbiasa menulis sekaligus ngisi blog dan rajin update instagram. Ada 2 tantangan menulis yang MbaKrib ikuti yaitu 30 Day Ramadan Blog Challenge yang diadakan oleh Blogger Perempuan serta Ramadan Writing Challenge yang diadakan oleh Komunitas ODOP. Tantangan RWC ini diadakan di instagram. 

Semua tantangan menulis mengharuskan pesertanya untuk menulis setiap hari sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Kalau ketinggalan satu tema, maka kita harus tetap nulis tema tersebut di kemudian hari. Istilahnya bayar utang. Awalnya sempat ragu untuk mengikuti 2 tantangan ini. Takut ga sanggup dan berhenti di tengah jalan. Tapi, berkat yakin akhirnya sampe juga di hari terakhir. Meskipun ada beberapa tema Blog Challenge yang belum ditulis.

Ikut tantangan menulis ini ternyata menyenangkan. Menulis bisa jadi sarana melepas lelah dan stres setelah beraktivitas seharian. Tema menulisnya juga ga berat. Yang paling seru adalah ketika desain grafis untuk posting Instagram dan blog. Bisa sampe lupa waktu saking asyiknya ngulik-ngulik Canva.

NgabubuRead

Selain ikut tantangan nulis, MbaKrib awalnya berencana ikut tantangan baca buku NgabubuRead yang diselenggarakan Gramedia. Niatnya biar mood baca yang lagi terjun bebas ini bisa balik lagi. Namun, apa daya, dari hari pertama udah gagal baca buku dan memutuskan untuk ga ikut NgabubuRead. 

Di minggu terakhir Ramadan, mood baca mendadak balik karena MbaKrib install aplikas iPusnas. It lo, aplikasi peminjaman buku milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ada satu buku yang udah selesai di baca, yaitu Cincin Lama Belum Kembali karya Achi TM. Dan sekarang lagi baca buku Hate U Give karya Angie Thomas.

Makan Buah dan Sayur

Selama 3 minggu Ramadan, MbaKrib habiskan di kos karena kerja di kota yang berbeda dengan rumah orang tua. Awalnya sempat khawatir puasa di kos karena udah lama banget ga ngekos. Terakhir saat kuliah dulu.

makan buah sayur
Photo by Alex Hudson on Unsplash

Ternyata, puasa di kos memberikan kesempatan untuk mengatur hidup lebih baik. MbaKrib jadi rutin makan buah dan sayur tiap hari. Kalau di rumah kan kita jadi lebih malas ya karena dimasakin Mama. Tapi kala ngekos harus masak sendiri. Tapi, kebiasaan baik ini jadi ambyar saat pulang ke rumah. Malasnya kumat lagi.

Canva Challenge

Ketika kita melakukan suatu hal, kita tak tau kemana sesuatu itu akan membawa kita

Itulah yang MbaKrib rasakan saat mengikuti tantangan menulis. Tantangan yang awalnya dimaksudkan agar selalu produktif saat lebaran, ternyata membawa MbaKrib menyukai hal lain, yaitu desain. Setiap kali posting di Instagram untuk tantangan RWC, otomatis kita harus punya foto atau gambar yang bagus kan. Karena MbaKrib ga jago motret, maka diputuskanlah konten untuk RWC dibuat menggunakan Canva. 

Suatu hari, Blogger Perempuan mengadakan acara Bincang Canva dengan narasumber mba Tuty Queen dan Mas Ono Sembunglango yang merupakan Founder dan Co-Founder dari Tripel C. Tripel C ini tempat untuk belajar ngulik-nglik Canva. Jadi kamu bisa bikin desain keren pake Canva. Setelah acara ini, ada tantangan Idul Fitri dari Blogger Perempuan dan Tripel C untuk membuat desain Canva dengan tema silaturrahmi. Dan MbaKrib ikut tantangan ini. Moga-moga aja jadi salh satu pemenang. Pengen banget dapet hampers dari Blogger Perempuan. Pengen tau gimana desain Idul Fitri ala MbaKrib? Lihat di sini ya :)

Demikianlah cerita Ramadan 1442H MbaKrib. Walaupun masih ditemani Corona, banyak hal positif yang bisa tetap dilakukan dari rumah. Tetap sehat dan stay positive ya Tems :)

Febrina
Seorang guru yang lagi belajar menjadi seorang blogger

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email