Tips Membeli Laptop Baru Agar Tidak Tertipu Penjual Online

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Saat ini, laptop sudah menjadi kebutuhan utama untuk sekolah dan kuliah. Terlebih lagi sejak diberlakukannya belajar dari rumah dan bekerja dari rumah. Berbagai macam laptop ditawarkan dengan segala macam spesifikasi dan keunggulannya. Cukup gunakan internet untuk mencari laptop baru yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhanmu. 

Membeli laptop baru secara online menjadi pilihan favorit bagi banyak orang. Kemudahan yang ditawarkan untuk memilih barang tanpa pegal akibat berkeliling toko menjadikan belanja online makin diminati. Kita juga bebas berkeliling toko online  alias marketplace untuk melihat semua produk tanpa harus merasa risih akan diikuti oleh karyawan toko. 

tips membeli laptop baru agar tidak tertipu

Namun, masih banyak orang yang ragu saat akan membeli laptop baru secara online. Terlebih lagi bagi orang yang pertama kali membeli laptop. Memilih laptop yang tepat bisa menjadi hal yang sulit. Ditambah lagi dengan banyaknya penipuan saat belanja online membuat kita merasa waswas. Apakah laptop yang kita beli akan sampai ditangan dalam keadaan baik dan tanpa ada cacat? Apakah pengirimannya aman? Apakah laptop yang kita terima adalah laptop asli dan bukan mainan anak-anak? 

Banyak pertanyaan bermunculan di kepala tentang membeli laptop baru secara online ini. Berhubung aku sudah beberapa kali membeli laptop secara online maka aku akan bagikan tips membeli laptop baru agar tidak tertipu penjual online. 

1. Manfaatkan Marketplace Terpercaya

Untuk meminimalisir potensi tertipu saat membeli laptop baru, maka sebaiknya kamu berbelanja di marketplace terpercaya seperti Blibli, JD.id, Tokopedia, Shopee dan Lazada. Berbelanja di marketplace memberikan kita proteksi ekstra dibanding belanja melalui akun-akun jualan di sosial media. Bukan berarti akun-akun di sosmed itu tukang tipu ya, tapi jika kamu belum pernah membeli laptop baru secara online sebelumnya akan lebih baik belanja di marketplace  yang ada.

Keuntungannya adalah, dana yang kamu transfer akan diterima oleh pihak marketplace dan akan diserahkan kepada penjual setelah barang sampai dan kamu menekan tombol konfirmasi penerimaan pesanan. Jadi, makin kecil peluang kamu ditipu saat membeli laptop.

2. Beli dari Official Store atau Toko Berpredikat Baik

Saat akan membeli laptop baru, belilah dari Official Store atau toko resmi brand. Misalkan ingin membeli laptop Lenovo, carilah toko resmi Lenovo di marketplace tersebut. Ga mungkin kan official store nipu konsumennya. Mereka akan memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli dan memastikan laptop baru yang kamu beli sampai di tanganmu dengan selamat.

belanja di official store

Jika tidak ada toko resminya, maka carilah toko dengan predikat baik di marketplace tersebut. Bisa dilihat dari tanda bintang di tokonya atau predikat toko seperti Star Seller atau Penjual Terpercaya. Jangan lupa untuk membaca ulasan yang diberikan oleh para pembeli untuk mengetahui kualitas layanan toko tersebut

3. Hindari Transaksi Diluar Marketplace

Saat akan berbelanja, biasanya kita akan bertanya banyak tentang produk yang akan dibeli. Ingat, toko yang jujur dan amanah tidak akan memintamu untuk melakukan transaksi di luar marketplace. Jangan berikan nomor ponsel atau mengirimkan uang di luar ketentuan marketplace ya. Jika ada penjual yang seperti ini, hati-hati. Itu adalah salah satu tanda ada yang tidak beres dengan tokonya.

4. Gunakan Packing Kayu

Untuk keamanan saat pengiriman laptop baru, sebaiknya kamu menggunakan packing kayu. Terlebih lagi jika laptopmu akan dikirimkan ke luar kota bahkan luar pulau. Goncangan dalam perjalanan bisa menimbulkan bahaya pada laptop. Memang ada biaya tambahan untuk packing kayu, namun itu setara dengan perlindungan yang diberikan saat pengiriman. Ga mau kan gegara ga bayar packing kayu sekitar 200 ribu, laptopmu yang seharga 8juta rusak saat diterima karena mengalami banyak goncangan diperjalanan.

packing kayu membeli laptop baru

5. Video Unboxing Barang

Saat laptop baru sudah diterima, jangan lupa untuk merekam proses unboxing atau membuka paketnya. Rekam video dari awal paket sampai hingga paket dibuka. Video ini bertujuan agar kamu bisa melakukan klaim pengembalian barang jika ada hal yang tidak diinginkan terjadi. Misal, barang yang kamu terima tidak lengkap, paket sudah rusak saat diterima, dan sebagainya. Saat ini video unboxing sudah menjadi suatu keharusan jika ingin mengembalikan barangnya

6. Cek Spesifikasi Laptop

Selesai unboxing kamu harus memeriksa spesifikasi laptop yang diterima. Apakah sudah sesuai dengan informasi barang atau tidak. Cara adalah dengan menekan tombol CTRL+R saat laprop sudah hidup, lalu ketik dxdiag dan tekan enter. Cocokkan informasi yang tampil di layar dengan informasi saat pembelian barang

Demikianlah tips membeli laptop baru agar tidak tertipu penjual online. Semoga kamu ga waswas lagi ya saat mau beli laptop online

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar