Usaha Makanan Ringan Serba 5000, Intip Idenya Di Sini

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Hai Tems. Pernahkah kamu mendengar tentang usaha makanan ringan serba 5000? Atau, barangkali kamu sering melihat para penjual makanan ringan ini?

Makanan ringan seringkali menemani aktivitas keseharian kita. Nonton, ngerjain tugas, main game bahkan saat belajar kita seringkali ditemani dengan cemilan. Rasanya ga lengkap kalau menjalani hari-hari tanpa ngemil. Ibarat sayur kurang garam, rasanya ada yang kurang.

ide jualan makanan ringan
Buka usaha di bidang makanan ga pernah ada matinya. Terlebih lagi untuk usaha makanan ringan.
Photo by Jun Liang on Unsplash

Kegemaran ngemil ini menjadikan usaha makanan ringan memiliki peluang yang menjanjikan. Pangsa pasar konsumennya juga sangat luas, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selagi orang-orang masih suka ngemil, maka selama itu juga peluang mendatangkan cuan terus terbuka dari bisnis ini.

Ide Usaha Makanan Ringan Serba 5000

Hal yang paling penting saat memulai usaha makanan ringan adalah jenis makanan yang akan dijual serta kualitas makanan itu sendiri. Sebenarnya, apapun jenis makanan yang kamu jual bakalan laku selama makanannya enak. Siapa sih yang bakalan nolak makanan enak?

Ada banyak sekali ide usaha makanan ringan yang bisa dicoba. Berikut beberapa ide usahanya

1. Keripik Pedas

Jika ditanya apa cemilan favorit orang Indonesia, maka bisa dipastikan keripik ada di peringkat teratas. Cemilan satu ini memang cocok di segala situasi. Apalagi jika dikombinasikan dengan rasa pedas. 

Ada banyak olahan keripik bercita rasa pedas yang bisa dicoba antara lain keripik singkong, keripik talas, keripik tempe, keripik tahu, makaroni dan sebagainya. Kamu bisa berkreasi dengan bentuk keripik serta kombinasi rasa pedasnya. Bisa menggunakan rasa pedas dengan berbagai macam level, menggunakan cabe bubuk hingga berbagai macam jenis cabe.

2. Kue Bolu dan Brownies

Pernah ga sih lagi pengen makan brownies atau kue bolu tapi ga jadi beli karena kamu merasa ga mampu menghabiskan sekotak brownies? Nah, menjual brownies atau kue bolu dalam ukuran kecil bisa menjadi solusi. Selain harganya terjangkau, ukurannya juga sesuai untuk porsi sekali makan. Jadi, ga buang-buang makanan

Ide ini tidak terbatas hanya pada brownies saja tapi bisa juga dicoba untuk aneka kue bolu seperti bolu pisang, cake tapai, bolu pandan dan sebagainya.

3. Aneka Bubur dan Kolak

Tems, kamu sadar ga sih kalo Indonesia punya banyak banget jenis bubur? Mulai dari bubur kacang ijo, bubur sumsum, bubur mutiara, bubur kampiun, bubur ayam dan sebagainya. 

Belum lagi aneka kolaknya. Kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak, kolak labu kuning. Hmmmm.... bikin ngiler ya. 

Aneka bubur dan kolak ini juga bisa jadi ide untuk usaha makanan ringan serba 5000. Tinggal menyesuaikan porsinya saja. Agar pembeli lebih mudah saat memakannya, maka sebaiknya dikemas dalam wadah plastik berupa gelas atau mangkok.

4. Martabak Mini

Siapa sih yang ga suka martabak? Makanan manis ini bisa dibilang salah satu makanan favoritnya orang Indonesia. Martabak juga bisa dimakan kapan pun. Pagi, siang atau malam.

Martabak mini bisa menjadi ide jualan makanan ringan. Kamu bisa titip jual makanannya di kantin sekolah atau warung-warung sekitar.

5. Donat

donat makanan favorit
Donat disukai oleh semua orang dari berbagai macam kalangan.
Photo by Annie Spratt on Unsplash

Donat, makanan kesukaan sejuta umat ini bisa menjadi ide usaha makananmu. Kamu bisa menyesuaikan ukuran donat sesuai dengan keinginan serta memberikan berbagai macam toping.

6. Pisang Coklat Krispi

Kombinasi pisang dan coklat ga akan pernah gagal dalam menciptakan cemilan yang enak. Makanan ini disajikan dalam bentuk pisang yang diiris tipis (lebih enak menggunakan pisang batu), lalu digoreng dalam baluran tepung roti. Setelah matang, pisang krispi lalu dibalut dengan coklat leleh. 

Udah terbayang kan gimana serunya ngemil makanan yang satu ini.

7. Jajanan Tradisional

Jajanan tradisional perlahan mulai sulit ditemukan. Terlebih lagi jika makanan tersebut membutuhkan waktu yang lama dalam mengolahnya. Padahal, banyak lo peminat jajanan tradisional ini. Hanya saja, sudah tidak banyak penjual makanan ini. Tergerus oleh inovasi kuliner masa kini dengan tampilan yang menarik serta tren kekinian.

Kalau kamu jago membuat olahan jajanan tradisional, kamu bisa menjual makanan tersebut. Agar menarik perhatian, kamu bisa memberikan inovasi dalam pengemasannya. Jajanan tradisional itu enak-enak.Tapi, terkadang memiliki pengemasan yang kurang menarik. 

Sebenarnya masih banyak banget makanan yang bisa menjadi ide untuk usaha makanan ringan serba 5000. Tergantung seberapa jeli melihat peluang. Dan yang terpenting adalah konsisten menjaga kualitas makanan yang dijual. Bahan yang berkualitas dan rasa yang enak adalah hal yang membuat konsumen selalu balik lagi

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar