Pinjaman Online Cepat Cair, Amankah?

36 komentar
Konten [Tampil]
pinjaman online cepat cair

Hai Tems. Kamu pasti pernah mendapat spam pesan tentang pinjaman online cepat cair kan? Mendapat pesan spam seperti ini tentu saja meresahkan. Hampir tiap hari selalu ada pesan dari pinjol atau undian berhadiah yang datang. 

Kebanyakan dari kita mungkin mengabaikan pesan tersebut. Tapi, banyak juga orang-orang yang membutuhkan pinjaman lalu memutuskan untuk menggunakan pinjol. Terlebih lagi bagi orang-orang yang membutuhkan uang secara cepat (seperti untuk biaya pengobatan) namun tidak bisa meminjam kepada keluarga dan teman maupun bank. Pinjol menjadi satu-satunya jalan bagi mereka.

Terkadang, orang yang terjerat pinjaman online cepat cair bukan hanya mereka yang bener-bener terdesak dan butuh uang. Namun, banyak juga orang yang menggunakan pinjaman online untuk memenuhi gaya hidupnya. Orang yang punya banyak keinginan namun kondisi keuangan tidak memadai. Jadilah pinjaman online dijadikan sebagai jalan keluar.

Bisnis Pinjaman Online

Tems, kamu merasa ga sih kalau bisnis pinjaman online ini makin marak? Dari sisi pemilik usaha atau investor, bisnis pinjol ini menjadi salah satu bisnis yang gurih dan menghasilkan banyak cuan. Makanya ga heran banyak perusahaan pinjaman online yang mendapat suntikan dana dari banyak pihak.

Secara sederhana, bisnis ini memberikan pinjaman kepada orang-orang dengan syarat yang sederhana dan tidak rumit. Bahkan ada pinjol yang hanya memerlukan data KTP saja untuk menyetujui pengajuan kredit.  Berbeda dengan bank dimana kita harus memberikan banyak berkas ketika akan melakukan pinjaman seperti dokumen data diri, slip gaji dan jaminan . 

Kemudahan mendapatkan uang cash dengan modal foto KTP ini tentu saja sangat menggiurkan dan menjadi jalan keluar untuk orang-orang yang tidak memiliki persyarata untuk melakukan peminjaman ke bank alias unbankable. Contohnya seperti pedagang kaki lima. Mereka ga punya slip gaji, juga tidak punya aset untuk jaminan. Keadaan seperti inilah yang membuat banyak orang menggunakan pinjaman online. 

Selain itu, hal yang disukai dari pinjaman online adalah uang yang dipinjam bisa diterima dalam waktu singkat, bahkan dalam hitungan jam. Makanya, pinjol menjadi salah satu alternatif pinjaman yang banyak diminati.

Banyaknya kemudahan ini seharusnya menjadikan kita lebih hati-hati jika ingin menggunakan jasa pinjaman online. Dalam transaksi keuangan, berlaku istilah "tidak ada makan siang gratis". Artinya ada harga yang harus kamu bayar terhadap semua kemudahan yang didapat dari pinjaman online cepat cair tadi.

Memberikan kemudahan dalam pencairan dana dan tanpa jaminan berarti perusahaan pinjol harus siap dengan resiko gagal bayar alias kredit macet dari nasabah. Jika meminjam di bank, ketika tidak mampu membayar pinjaman maka barang jaminan kita akan disita oleh bank. Namun, perusahaan pinjaman online tidak memiliki jaminan untuk ditarik sehingga bunga yang tinggi menjadi resiko yang harus kamu tanggung saat menggunakan jasa pinjaman online

Kemudahan yang didapat dari pinjol harus dibayar dengan bunga pinjaman yang tinggi hingga puluhan persen dalam setahunnya. Terlambat membayar artinya bunga pinjaman kamu akan semakin membengkak dan menyebabkan kesulitan membayar. Hal inilah yang harus sangat diwaspadai dan disadari sebelum menggunakan jasa pinjaman online cepat cair.

Keluh Kesah Pengguna Pinjol

Di sosial media kita sering membaca cerita pengguna pinjaman online yang kesulitan membayar akibat bunga pinjaman yang semakin membengkak. Tak jarang, kehidupan mereka juga terganggu akibat perusahaan pinjol yang meminta pelunasan hutang dengan cara-cara yang sangat mengganggu. Dari mulai kerap kali ditelpon, menyebarkan data diri bahwa kita sedang berhutang di pinjol ke orang-orang hingga di datangi debt collector yang tidak berakhlak. Bahkan orang yang tidak dikenal pun bisa menjadikan nomor ponsel kita sebagai jaminan. Masih ingat kan cerita Nafa Urbach yang sering ditagih pinjol padahal dia tidak kenal orang yang berhutang?

melunasi pinjaman online

Sebelum menggunakan pinjol, kita harus paham dulu apa sih sebenarnya pinjol itu. Apa mereka ngasih uang cuma-cuma? Apakah kita mampu membayar hutang? Yang harus kita pahami adalah saat kita melakukan pinjaman pada pinjol, berarti kita memiliki hutang yang harus dibayar. Uang yang kita dapat itu bukanlah tambahan pemasukan tapi hutang yang harus dibayar di kemudian hari.

Ketika Pinjol Menagih Hutang

Nah, karena pinjol mendapatkan keuntungan dari bunga pinjaman, maka pinjol ini akan berusaha keras agar para peminjam bisa membayar hutang pinjamannya. Kan pinjol juga ga pengen rugi. Terlebih lagi dengan tingginya resiko gagal bayar para peminjam. 

Karena itu, sebelum berhutang pada pinjol pahami semua konsekuensi dan resiko yang mungkin akan kamu alami. Hitung juga kemampuan kita untuk membayar hutang beserta bunganya. Ingat, sebagai orang yang berhutang, kamu ga boleh berniat untuk tidak membayar hutang alias ngemplang. Itu namanya kriminal. Sebagai orang dewasa, kita harus bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan.

Apakah pinjol itu ilegal atau resmi itu adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum mengajukan pinjaman. Sebaiknya kamu mengajukan kredit ke pinjol yang resmi dan terdaftar di OJK.

Sebelum Menggunakan Pinjol, Penuhi Syarat Ini

Meminjam uang di pinjol bukan sesuatu yang terlarang kok. Karena memang banyak orang yang  membutuhkan fasilitas peminjaman pinjol. Namun, agar kamu bisa nyaman saat melakukan peminjaman, maka ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu:

1. Siap dengan kemungkinan terburuk. 

Kita udah banyak mendengar kisah orang-orang yang berhutang di pinjol. Jika suatu hari kamu memutuskan untuk menggunakan jasa pinjol, maka kamu harus sudah memahami resikonya hingga bersiap menghadapi kemungkinan terburuk seperti didatangi debt collector dan adanya kemungkinan data kita disebar saat pinjol menuntut pembayaran pinjaman. Pertimbangakan dengan baik untung ruginya sebelum melakukan pinjaman.

2. Analisis uang yang akan dibayar. 

Saat mengajukan pinjaman kamu harus menghitung besaran pokok pinjaman dan bunga yang harus dibayar setiap bulannya. Apakah kamu sanggup membayar cicilan sebanyak itu setiap bulan. Bagaimana kamu akan membayar cicilannya?  Jangan sampai saat meminjam kamu menerapkan prinsip "untuk bayarnya dipikirin besok aja". Itu akan menjadi masalah besar di kemudian hari. Lakukan perhitungan dengan cermat dan analisa kemampuanmu dalam membayar cicilan pinjol agar kamu bisa merasa aman di kemudian hari.

3. Tepat waktu melakukan pembayaran. 

Membayar cicilan tepat waktu akan sangat membantu kamu dalam melunasi hutang pinjol. Ingat, pinjol menerapkan denda untuk setiap keterlambatan pembayaran. Jika kamu terlambat bayar, maka bunga pinjaman kamu akan jadi beranak pinak dan makin banyak. Makanya, analisis kesanggupan membayar cicilan menjadi hal yang wajib dilakukan sebelum berhutang.

Jangan pernah meremehkan dan menggampangkan hutang sekecil apapun. Jika sudah berhutang maka bertanggungjawablah untuk melunasinya. Artikel pinjaman online cepat cair ini merupakan resume dari tayangan channel Youtube Diskartes tentang pinjol yang bisa kamu lihat di bawah ini.

Semoga membantu. Ingat, jangan bermudah0mudah dalam berhutang

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

36 komentar

  1. Aku pernah baca kisah orang yang tiba-tiba ditransfer sama pinjol padahal nggak ngajuin pinjaman. Serem banget si kalau gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... serem kan. Padahal ga minjem tapi bisa ada transferan di rekening

      Hapus
  2. Ngeri sedap memang soal pinjol. Bunga gede dan hArus disiplin bayar ya. Semoga tidak menjadi salah satu didalamnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin mba... Semoga kita dijauhkan dari hutang ya..

      Hapus
  3. Mudah-mudahan kita menjadi orang-orang yang terbebas dari jerat utang, termasuk utang ke pinjol.

    Bisa-bisa direkrut main Squad game gegara banyak utang.... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adduh, jangan sampe deh pak. Ngeri banget harus taruhan nyawa buat bayar utang

      Hapus
  4. Ngeri bangey denger kasus yg terjerat pinjol. Apalagi yang pinjol ilegal nggak diawasi OJK. Na'udzubillah nggak ada bedanya sama rentenir.

    Semoga kita semua diberi rizki yang halal, banyak, dan berkah shg dijauhi dari yg haram & hutang :'( aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba.. Yang diawasi OJK aja udah bikin keder, apalagi yang ilegal

      Hapus
  5. hmm Aku pernah tahu cara pinjol menagih uangnya mba,Atagfirullah sekampung diteror pinjol wkwk
    kasian banget si nasabah,padahal hutangnya ga seberapa sih,kalo bisa jangan pinjol deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malunya itu loh mba, semua orang tau kalo kita minjem dan nunggak. Semoga kita dijauhkan dari godaan pinjol

      Hapus
  6. Mau online mau offline aku nggak berani ngutang. Bismillah semoga dijauhkan dr hutang, dicukupkan rizki kita ya mbaak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga kita selalu diberikan rasa cukup dan diberikan rezeki yang berkah

      Hapus
  7. Wah terima kasih Kak Febrina udah sharing ini, jadi tahu mekanisme pinjol :'), semoga kita semua juga dihindarkan dari kaum-kaum yang meneror dari pinjol ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aammin, semoga kita selalu dijauhkan dari utang mba

      Hapus
  8. Pinjaman online menyeramkan ya, apalagi saat pandemi, ketika banyak kebutuhan, bisnis pinjol banyak menyisir orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, banyak orang kepepet dan butuh uang. Yang paling sedih mereka minjem ke pinjol tapi ga tau mekanismenya. Jadinya terjebak pinjol

      Hapus
  9. sejujurnya bab hutang ini emang ngeri kok, kalo bisa dan tidak beenr2 dadurat diupayakan tidak hutang aplagi pinjol. sebab pinjol meski tampak mudah mendaftarnya yang katanya hanay ktp saja syaratnya perlu kita pagami bahw aktp itu karti ajaib kita sebeb e ktp itu terhubung kemana saja hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga ada kemudahan yang diberikan cuma-cuma. Pasti ada harga yang harus dibayar untuk kemudahan yang kita terima

      Hapus
  10. Ngeri eh, kadang suka takut dan kepikiran harus hati-hati ngasih data diri yang dapat diakses orang lain. Takut disalahgunakan buat pinjaman online kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bun. Bahkan data KTP kita aja bisa bocor ke pihak yang ga bertanggung jawab

      Hapus
  11. Aku juga was2 banget deh mbaa.. apalagi sekarang teknologi makin canggih banget kan.. khawatir pas belanja online data2 kita bocor.. huhhiihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, harus hati-hati banget waktu belanja online. Karena data kita mungkin banget untuk dicuri

      Hapus
  12. Pinjol itu seperti rentenir, tapi yang sudah kekinian, menggunakan sarana online dan teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, sama aja dengan rentenir tapi casingnya yang beda karena menggunakan teknologi

      Hapus
  13. Aku sering berharap nggak salah klik kalo ada iklan2 kayak gitu sih mbak, serem juga kalo nggak sengaja tp buntutnya panjangnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milih tombol untuk diklik pas ada iklan berasa kayak pilih kabel untuk diputus saat ada bom ya mba. Bikin deg-degan. Salah klik, data kita jadi taruhan

      Hapus
  14. Iya,,sering banget dapat sms pinjol...hiks ngeri ya,,

    Semoga kita dicukupkan dengan rezeki yang halal dan berkah, dijauhkan dari harta yang haram dan hutang, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rajin banget mah pinjol ngirim pesan segala macem. Sampe sebel tiap kali dapet pesan dari pinjol

      Hapus
  15. Semoga selalu dijauhkan dari pinjol deh ya.. Ngeri banget kalau sampai gak bisa atau bahkan lupa buat lunasinnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga selalu dilindungi dari pinjol dan bermacam bentuk utang ya mba

      Hapus
  16. Lg marak banget pinjol ya mbak, beritanya pun dimana². Smoga kita semua bisa lbih bijak dan hati². Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, sikap hati-hatid dan waspada emang penting banget mba

      Hapus
  17. Masalah pinjol, hutang-piutang dan riba, memang harus hati-hati. Semoga kita dijauhkan dari hal-hal terkait hutang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hutang piutang memang berat banget masalahnya dok. Ga cuma di dunia tapi kebawa sampe akhirat

      Hapus
  18. Ngeri emang kalau udah kena pinjol, apalagi kalau pinjolnya nggak tercatat di OJK. Nerornya ngeri banget. Adik sepupuku habis kena tuh, dikejar2 pinjol. Gampang emang syaratnya, cairnya juga cepet, tapi jangka waktunya pendek, yang lebih ngeri bunganya itu lo mencekik sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunganya emang gila-gilaan mba. Sadis malah. Pokok utang ga seberapa tapi bunganya bisa berkali lipat dari pokok pinjaman

      Hapus

Posting Komentar