Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Posting Komentar
Konten [Tampil]
cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil

Bagaimana cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil? Pertanyaan ini seringkali muncul di kepala kita. Terlebih lagi yang memiliki penghasilan pas-pasan atau setara dengan UMR. Gaji yang diterima seringkali numpang lewat untuk membayar seluruh tagihan dan sisanya digunakan untuk bertahan hidup hingga gajian berikutnya.

Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Nah, apa yang harus diatur? Gajinya aja pas-pasan gitu kok. Tems, jumlah gaji yang kita terima, baik besar maupun kecil harus bisa kita atur dengan cermat. Jika mengelola uang yang sedikit saja bisa dilakukan dengan baik, maka kita tidak akan kaget dan mengalami euforia berlebihan saat menerima uang dalam julmah besar. Mengatur keuangan sama saja dengan menumbuhkan kebiasaan dalam mengelola uang yang kamu punya sehingga bisa hidup dengan nyaman.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil.

Pahami Kebutuhan dan Keinginan

Hal pertama yang harus dipahami sebelum mengatur keuangan adalah kita harus memahami mana kebutuhan dan mana yang keinginan. Mengetahui perbedaan kedua hal ini akan sangat membantu kamu dalam mengelola gaji yang dimiliki.

Kebutuhan adalah hal-hal penting bagi kelangsungan hidup kamu seperti bahan makanan pokok, bayar sewa kontrakan, pulsa, biaya transportasi dan sebagainya. Sementara keinginan adalah hal-hal yang kamu ingin dapatkan namun jika hal itu tidak terpenuhi tidak akan mengganggu kehidupan kamu. Misal, kamu ingin membeli sepatu yang muncul di eksplorer instagram. Jika pada saat itu kamu masih memiliki sepatu yang layak dan sesuai, maka sepatu baru menjadi keinginan untukmu. Namun, jika sepatu yang kamu miliki sudah rusak dan tidak bisa digunakan, maka sepatu itu menjadi kebutuhan untukmu dan harus segera dibeli.

Tentukan Pos-Pos Pengeluaran

Sebelum menerima gaji ada baiknya kita menyusun rencana pengeluaran untuk satu bulan ke depan. Jadi, kamu sudah punya gambaran akan dikemanakan uang gaji ini. Bayar tagihan, cicilan, uang belanja untuk sebulan, beli pulsa dan sebagainya bisa kamu tentukan di awal. Lalu, patuhi budget yang telah ditetapkan dalam pos-pos tersebut.

Bayar Semua Tagihan dan Cicilan

Setelah menerima gaji, langsung kelompokkan gaji tersebut berdasarkan pos-pos pengeluaran yang telah dilakukan. Jika ada tagihan dan cicilan yang harus dibayar setiap bulan, maka saat menerima gaji langsung bayar semua tagihan dan cicilan yang kamu miliki. Jangan ditunda-tunda agar kamu nyaman.

Terlebih lagi jika kamu memiliki hutang di pinjol, paylater atau kartu kredit. Tagihannya harus dibayar tepat waktu. Menunda pembayaran berarti kamu harus membayar jumlah tagihan yang lebih besar di kemudian hari karena bunga pinjamannya akan terus beranak pinak. 

Jangan Lupa Menabung

Walaupun memiliki gaji kecil, tapi kita harus memiliki uang tabungan. Gunanya adalah membantu kita saat dalam kondisi kepepet atau butuh uang. Kita ga pernah tau apa yang bakal terjadi kemudian hari kan? Jadi lebih baik berjaga-jaga. 

Agar bisa menabung, sisihkan uang gaji yang kamu terima untuk ditabung. Menabung ini dilakukan di awal ya, setelah membayar semua tagihan. Jangan menyisihkan budget untuk menabung di akhir bulan karena biasanya semua gaji yang kamu miliki sudah habis. Ketika gaji diterima, langsung sisihkan sebagian untuk ditabung. Nah, sisa uang gaji itu yang digunakan untuk bertahan hidup.

menabung

Berhemat 

Berhemat akan sangat membantu dalam mengelola uang gaji yang kecil. Tapi, jangan sampai pelit keterlaluan dengan diri sendiri ya. Tetap sayangi dirimu karena kalau jatuh sakit akan butuh lebiih banyak dana. Kamu bisa melakukan penghematan dengan memasak sendiri serta membawa bekal dari rumah. Selain karena memasak sendiri jauh lebih murah, kita juga bisa menjaga asupan nutrisi harian tubuh. Jadi, ga asal makan.

Lakukan juga penghematan pada pengeluaran yang dirasa memungkinkan. Misalkan, menghemat transportasi. Jika di sekitar tempat kerjamu ada transportasi umum, maka gunakan transportasi umum dibandingkan kendaraan online. Biayanya akan jauh lebih murah.

Catat Semua Pengeluaran

Mencatat semua pengeluaran akan sangat membantu untuk mengetahui digunakan untuk apa saja uang yang kita miliki. Apakah penggunaannya uang tersebut sudah benar atau masih ada kebocoran di pengeluaran yang tidak kamu sadari. Dengan mencatat pengeluaran kita jadi lebih sadar arus uang masuk dan keluar.

Jangan sedih jika saat ini gajimu masih kecil. Selalu berikan yang terbaik dalam bekerja dan rajin untuk menambah ilmu dan kemampuan. Kamu bisa juga mulai melakukan pekerjaan sampingan agar pemasukan bertambah.

Setiap orang punya kondisi keuangan serta kondisi hidup yang berbeda. Untuk itu, kita perlu fleksibel dalam menentukan cara mengatur keuangan pribadi dengan gaji kecil. Suatu formula pengaturan keuangan yang cocok untuk orang lain, belum tentu cocok untukmu. Yang paling penting adalah pahami kemampuan keuanganmu serta kebutuhan bulananmu. 

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar