Apakah Ichiban Sushi Halal dan Kehalalan Makanan Jepang

Posting Komentar
Konten [Tampil]
ichiban sushi halal
Photo by Riccardo Bergamini on Unsplash

Salah satu pertanyaan yang paling sering dilontarkan oleh penyuka sushi dan makanan Jepang adalah apakah Ichiban Sushi halal? Sebagai muslim, kita tentu saja harus berhati-hati dengan makanan yang kita makan. Jangan sampai kita mengonsumsi makanan yang haram. Dan kehati-hatian ini diwujudkan dengan memastikan restoran yang dikunjungi serta makanan dan minuman yang kita beli halal untuk dikonsumsi.

Sebelum membahas apakah Ichiban Sushi halal atau tidak, kita perlu tau dulu apa aja sih titik kritis bahan dalam makanan Jepang.

Titik Kritis Kehalalan Makanan

Titik kritis kehalan makanan atau bahan pangan adalah suatu titik pada saat pengolahan atau pemrosesan bahan pangan yang bisa menjadikan bahan yang awalnya halal menjadi haram. Titik kritis ini juga berhubungan dengan zat tambahan saat pengolahan makanan atau bahan pangan. Misalkan kuning telur itu halal, namun jika saat mengoles kuning telur di atas adonan roti menggunakan kuas dari bulu babi, maka roti itu menjadi haram. Karena pada saat pemrosesan bersentuhan dengan zat yang haram.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk memastikan kehalalan bahan pangan, yaitu:

1. Halal zatnya. 

Semua bahan pangan yang kita gunakan harus berasal dari bahan pangan yang halal. Untuk hewan pun harus dipastikan kehalalan binatangnya serta bagi hewan yang disembelih, proses penyembelihan harus sesuai syariat. Jika menggunakan bahan oangan olahan seperti tepung dan gula, maka pastikan bahan tersebut telah memiliki sertifikasi halal.

2. Halal prosesnya. 

Semua bahan makanan halal tadi, harus diproses dengan cara yang halal juga. Tidak boleh menambahkan bahan pangan non halal seperti rhum, mirin, sake dan bahan non halal lainnya.

3. Halal penyimpanan dan penyajiannya. 

Kehalalan tempat penyimpanan dan penyajian juga harus diperhatikan. Alat masak, peralatan makan dan tempat penyimpanan harus benar-benar terpisah antara produk halal dan non halal. Contohnya tidak menggunakan kuas dari bulu babi. Jika tidak tahu apakah bulu kuas yang kita gunakan berasal dari bulu babi atau tidak, sebaiknya ganti saja dengan kuas silicon.

Bumbu Haram Dalam Masakan Jepang

Saat mengonsumsi makanan jepang, kita harus berhati-hati. Pasalnya Jepang bukanlah negara muslim sehingga sebagian besar bahan makanannya menggunakan mirin dan sake. Selain itu ada juga bahan lainnya yang kebanyak mengandung alkohol. Berikut beberapa bumbu haram dalam masakan jepang

1. Sake. Sake terbuat dari fermentasi beras dengan kadar alkohol 20%. Biasanya, sake digunakan untuk menghilangkan bau amis pada daging, melembutkan tekstur makanan dan meningkatkan cita rasa masakan.

2. Mirin. Mirin merupakan bahan pangan dari fermentasi beras dengan kandungan alkohol sekitar 15%. Mirin digunakan hampir di semua masakan Jepang seperti  udon, ramen, donburi, karage, marinasi ayam dan saus tempura.

3. Miso. Miso merupakan fermentasi rebusan kedelai dan menggunakan tambahan alkohol yang berasal dari khamar. Namun, di Indonesia sudah ada Miso halal yang bisa kita gunakan. 

4. Shoyu. Shoyu adalah kecap asin Jepang. Shoyu ini mengandung alkohol yang berasal dari khamar sehingga haram untuk kita konsumsi.

Setelah mengetahui daftar bahan pangan haram dalam masakan Jepang, otomatis kita jadi waswas dong. Apakah makanan Jepang yang kita konsumsi selama ini halal atau tidak. Jangan-jangan ada mirinnya. Untuk itu, pastikan kamu bertanya langsung pada pegawai restonya ya atau kamu bisa mengecek kehalalan makanan di resto tersebut. 

Apakah Ichiban Sushi Halal

Ichiban Sushi merupakan salah satu restoran Jepang yang terkenal. Outletnya tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Menu yang dimiliki oleh Ichiban Sushi tidak hanya sushi saja, tapi juga banyak menawarkan menu makanan Jepang lainmya seperti ramen, sashimi, chicken katsu dan banyak lagi.

Untuk komitmen kehalalan produknya, dapat dilihat pada Highlight di akun instagram Ichiban Sushi. Highlight ini aku akses di tanggal 30 September 2021.

apakah ichiban sushi halal

Berdasarkan info dari pihak resto, saat ini Ichiban Sushi sedang dalam proses mendapatkan sertifikasi halal. Dan resto ini berkomitmen untuk memproduksi makanan sesuai dengan standar makanan halal. 

Nah, pertanyaanmu tentang apakah Ichiban Sushi halal sekarang sudah terjawab ya. Ga ada salahnya mencoba berbagai jenis makanan yang ada. Tapi, kita tetap harus berhati-hati ya. Jangan sampai mengonsumsi makanan yang haram.

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar