Cara Belajar yang Efektif Menurut Para Ahli

Posting Komentar
Konten [Tampil]
cara belajar yang efektif menurut para ahli

Sebagian dari kita mungkin ingin tahu bagaimana cara belajar yang efektif menurut para ahli. Bagaimana sih sebenarnya cara belajar yang benar agar hasil belajar kita bisa maksimal. Hasil belajar yang maksimal ini tidak sebatas mendapat nilai yang baik ya. Terlalu sederhana banget rasanya kalo kamu belajar hanya demi mendapat nilai yang baik.

Belajar bertujuan agar kita bisa memahami suatu hal dengan baik lalu mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Ilmu ini akan membantu kita menjadi sosok yang lebih baik serta bermanfaat bagi orang-orang di sekeliling kita. Ilmu yang didapatkan bukan hanya terbatas tentang pelajaran di sekolah saja, tapi tentang banyak hal yang bisa kita temui dalam hidup. Seperti kata Ki Hajar Dewantara

Jadikan setiap tempat sebagai sekolah, dan jadikan setiap orang sebagai guru

Agar hasil belajar maksimal, berikut beberapa cara belajar yang efektif menurut para ahli yang bisa kamu coba

Fokus

Sebelum mulai belajar, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan diri untuk mulai belajar.  Persiapan ini sangat penting agar kamu bisa fokus dan nyaman selama belajar. Pastikan lingkungan belajarmu nyaman dan tidak banyak gangguan. Hindari juga hal-hal yang akan mengganggu konsentrasimu selama belajar seperti ponsel atau novel kesukaanmu.

Sedikit-Sedikit, Lama-Lama Jadi Bukit

Pepatah ini tidak hanya berlaku untuk menabung atau mengumpulkan uang saja. Dalam belajar, cara belajar dengan mempelajari materi sedikit demi sedikit namun rutin dan berulang membuat otak lebih mudah memahami dan menyerap materi yang dipelajari. Setiap kali kita mengulang materi, maka otak akan mengingat kembali materi tersebut.

Memaksa otak untuk mempelajari semua materi sekaligus dalam satu waktu hanya akan membuat kita stres dan tidak bisa menikmati proses belajar itu sendiri. Yang pada akhirnya setelah selesai belajar kita tidak memahami satupun materi yang dipelajari. 

Dilansir dari website University of British Colombia, Profesor Psikologi UBS, Todd Handy menyatakan bahwa otak melakukan sebuah proses yang disebut konsolidasi informasi. Dalam proses ini, otak mengolah kembali informasi yang diterima pada saat kita tidak memikirkannya. Karena itulah, lebih baik mempelajari materi sedikit demi sedikit agar hasil belajar lebih efektif. Belajar 3 kali sesi belajar selama 1 jam jauh lebih baik dibandingkan langsung belajar selama 3 jam tanpa rehat.

Lakukan Simulasi Ujian

Dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian atau tes, sebaiknya kita melakukan simulasi berupa mengerjakan soal-soal ujian. Saat melaksanakan ujian, sebenarnya kita mengingat kembali hal-hal yang telah kita pelajari. Dengan berlatih, kita telah terbiasa mengerjakan bermacam-macam soal serta mengulang materi sehingga kita bisa mengantisipasi pertanyaan ketika ujian. Untuk itu, banyak melakukan latihan soal akan sangat membantu kita bersiap menghadapi ujian yang sesungguhnya. 

Jauhkan Perangkat Elektronik

Saat belajar, lebih baik jauhkan segala perangkat elektronik agar kita bisa fokus. Keberadaan perangkat elektronik bisa mendistraksi kita yang membutuhkan konsentrasi saat belajar. Jika belajar menggunakan ponsel, kita lebih sering terdistraksi untuk membalas chat atau membuka sosial media sehingga belajar menjadi tidak efektif.

Jika kamu memiliki catatan di ponsel, lebih baik pindahkan catatan tersebut ke dalam buku. Mencatat ulang materi juga akan membuat kita mengingat materi dengan lebih baik.

Makan, Tidur dan Olahraga

Mengonsumsi makanan sehat dan bernutrisi, tidur yang cukup serta olahraga dengan teratur akan sangat membantu untuk mengoptimalkan kinerja otak kita. Tubuh yang sehat serta istirahat yang cukup membuat tubuh dan otak kita berada dalam kondisi yang prima untuk belajar. Sementara itu, olahraga membuat tubuh kita aktif bergerak sehingga otak dipenuhi oleh hormon yang baik bagi otak.

Penelitian menunjukkan bahwa proses belajar menjadi lebih efektif jika dilakukan setelah berolahraga. Jadi, jangan mager dan rebahan terus ya Tems. Yuk, olahraga.

Temukan Cara Belajar yang Cocok

Setiap manusia terlahir unik dan berbeda dengan yang lain. Karena itu kita juga memiliki cara belajar yang berbeda. Suatu cara belajar mungkin berlaku bagi sebagian orang dan tidak efektif untuk yang lainnya. Ada yang lebih mudah belajar melalui membaca buku dan melihat infografis, ada yang belajar lebih baik dengan mendengarkan audio ada juga yang lebih nyaman belajar dengan melakukan praktikum dan latihan.

Dengan segala keunikan tersebut, temukanlah gaya belajar yang paling cocok dan nyaman untukmu. Cara belajar yang sesuai akan membuat kegiatan belajar lebih efektif dan menyenangkan.

Itulah cara belajar yang efektif menurut ahli dari University of British Columbia. Semoga tips dari profesor Todd Handy bisa membantumu dalam belajar ya.

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

Posting Komentar