Penghasilan Blogger Pemula dan Tips Menulis Konten Berkualitas

8 komentar
Konten [Tampil]

Ngomongin cuan emang ga ada habisnya. Salah satunya tentang penghasilan blogger pemula. Emang kalo baru jadi blogger bisa dapet duit ya? Darimana aja sumber penghasilan blogger? Dua hal ini yang paling sering bikin blogger pemula penasaran.

Penghasilan Blogger Pemula

Banyak sumber penghasilan untuk seorang blogger. Sumber penghasilan idaman tentu saja dari Adsense. Tinggal nulis, posting, beres deh. Tapi, tentu saja Adsense ini tidak didapatkan dengan mudah. Sama seperti Youtuber yang penghasilannya makin besar jika makin banyak yang nonton videonya. Bagi blogger penghasilan akan semakin bertambah jika makin banyak pengunjung yang membaca artikel di blognya.

penghasilan blogger pemula
Photo by Sharon McCutcheon on Unsplash

Tapi, bagaimana untuk pemula yang blognya belum banyak dikenal? Jangan sedih, masih banyak kok sumber cuan untuk blogger pemula. Ga cuma dari Adsense aja kok. Berikut sumber penghasilan untuk blogger pemula:

1. Ikut Lomba Blog. Sering mengikuti lomba blog adalah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Hadiah lomba blog juga lumayan lo, berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Syarat mengikuti lomba pun tidak terlalu sulit seperti blog harus aktif dalam 6 bulan terakhir dan memiliki beberapa artikel. Bahkan ada lo blogger yang jadi spesialis lomba blog.

2. Kerjasama dengan Brand. Jika kamu konsisten menulis tentang suatu topik dalam blog misalkan buku, travelling, skincare dan lain sebagainya maka blogmu bisa saja mendapatkan tawaran kerjasama dengan brand untuk mengulas maupun mempromosikan sebuah produk. Ini seru banget lo, bisa dapat produk gratis dan dibayar pula.

3. Kontributor Tulisan. Blogger juga bisa lo jadi penulis artikel di web lain. Biasanya, untuk setiap artikel yang dimuat selain medapatkan fee kita juga akan mendapatkan backlink dari situs tersebut ke blog kita.  Lumayan banget kan dapat backlink dari website lain, apalgi jika web nya memiliki kredibilitas yang bagus

Menulis Konten Berkualitas Adalah Kunci

Sebagai blogger senjata utama kita adalah tulisan atau konten yang berkualitas. Template blog yang bagus, nama blog yang unik serta domain yang oke bisa menjadi sia-sia jika kita tidak memiliki konten berkualitas. Apalagi jika kebanyakan konten hasil nyomot sana nyomot sini (alias plagiat) dari berbagai macam situs. Hmm... siap-siap deh dicuekin Google. 

menulis konten berkualitas
Photo by Firmbee.com on Unsplash

Pahami Apa yang Ditulis

Hal paling penting untuk menulis konten berkualitas adalah memahami topik yang kita tulis. Jangan asal tulis apalagi hingga salah menyampaikan informasi. Sebelum menulis, blogger wajib melakukan riset terlebih dahulu. Dengan riset yang tepat kita bisa memahami informasi seperti apa yang dibutuhkan oleh pembaca, mengecek kebenaran informasi hingga mendapatkan pengetahuan baru untuk ditambahkan ke dalam tulisan.

Percantik Tulisan dengan Grafis

Tulisan yang panjang tanpa jeda seringkali membuat pengunjung bosan dan kehilangan minat untuk membaca sampai akhir. Untuk mensiasati keadaan ini, kita perlu menambahkan grafis di antara tulisan. Menambahkan gambar yang sesuai dengan tema tulisan, hingga infografis yang akurat tentu membuat pengunjung lebih nyaman saat membaca dan memudahkan dalam memahami infomasi yang disampaikan.

Konsisten dalam Menulis

Konsisten dalam menulis sangat diperlukan. Jangan sampai pas di awal-awal semangat banget nulis, namun makin lama blognya malah makin jarang di update. Tidak perlu menulis banyak konten sekaligus, tapi tulislah sesuai kemampuan yang penting konsisten. Misalkan satu tulisan baru setiap minggu atau 2 tulisan dalam seminggu. Tidak apa-apa sedikit asalkan kontennya berkualitas dan konsisten. Agar tidak kehilangan ide, ada baiknya juga membuat content plan agar konsistensi menulis tetap terjaga

Febrina
Hai, aku Febrina. Selamat menjelajah di ruang ceritaku

Related Posts

8 komentar

  1. Intinya, kualitas tulisan harus menarik untuk dibaca, baru bisa dapat cuan. 🤭 Perlu banyak latihan ini mah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Tulisan yang berkualitas adalah kunci

      Hapus
  2. Konsisten nulis, rajin riset sebelum nulis, ningkatin mutu tulisan ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Konsisten bikin tulisan yang berkualitas bikin pengunjung seneng berkunjung ke blog kita

      Hapus
  3. Sekarang saya masih di kelas konsisten menulis nih. jadi belum kepikiran yang lain-lain seperti kerjasama dengan brand dll. Tapi saya suka membayangkan kalau saya bekerjasama dengan brand, saya mau artikelnya bentuk seperti a, seperti b. Jadi kalau nanti ada yang mau kerjasama, udah ada contohnya hahaha. pede aja duluuu kaaan yaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting yakin Mba :) Nanti kalo kerjasaman dengan brand udah ga bingung lagi

      Hapus
  4. pokoknya utamakan kualitas dulu ya mbak, kalau tulisan kita menarik tentu banyak yang mau kerjasama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, konsisten dulu di kualitas konten. Kal kontennta berkualitas pasti banyak tawaran kerjasama yang datang

      Hapus

Posting Komentar